Jonru Ditahan, Kini Malah ILC Karni Ilyas yang Dipermasalahkan & Dikirimi Surat Terbuka Ini


CeriaNews.com - Surat terbuka utuk Karni Ilyas

Bang Karni Ilyas, tak elok jika ILC tvOne berakhir dengan dipidanakannya narsum karena dinamika diskusi. Mohon perhatian abang untuk Jonru Ginting.Saya menghormati kejujuran isi tulisan-tulisan Jonru di Medsos. Adapun soal gayanya itu lain urusan, orang boleh suka/tidak suka dengan caranya mengekspresikan pemikirannya. Tetapi yang jelas, pemidanaan dirinya sebagai Narsumber hanya karena dinamika dalam forum diskusi Indonesia Lawyers Club (ILC) adalah kemunduran.

Saya sepakat dengan penilaian Dewan Pers bahwa ILC merupakan sebuah produk jurnalistik yang dilindungi oleh undang-undang. Para narasumber yang diundang untuk hadir dan bicara dalam acara tersebut pun dipilih dan diketahui oleh pemimpin redaksi. Apabila seorang narasumber dilaporkan karena opininya, hal tersebut merupakan ancaman bagi kebebasan pers. Karena selain data dan fakta, wartawan sangat mengandalkan narasumber dan kerap berpendapat dengan meminjam mulut narasumber. Apabila para narasumber yang berpendapat dalam suatu kegiatan jurnalistik itu dipidanakan, maka ke depannya tak hanya kebebasan pers yang terancam, tetapi juga para wartawan akan semakin kesulitan dalam mencari narasumber, baik itu ahli, pengamat, pakar, dan lain-lain. Ini juga akan mengekang demokrasi atau keterbatasan menyampaikan pendapat. Ketika ada pihak yang merasa dirugikan mengenai kegiatan jurnalistik, tidak langsung melaporkan sebagai tindakan kriminal ke aparat. Tetapi ada mekanisme yang harus dilalui, salah satunya melalui Dewan Pers.

Hal ini seharusnya sudah dipahami oleh Polisi sehingga tidak begitu saja memproses laporan, melainkan seharusnya diarahkan ke Dewan Pers terlebih dahulu. Jangan lekas menangkap jika terlapor pengkritik rezim, tetapi cenderung dibiarkan jika terlapor pendukung rezim.



Komentar netizen yang ribut:









Padahal sebelumnya Jonru tidak hendak menghadiri acara ILC, Namun kemudian keputusannya berubah lagi.



Jadi apakah salah ILC kalau Jonru kemudian harus berakhir dipenjara? Bukankah itu salah ucapannya sendiri? Selain daripada garis nasib yang sudah ditetapkan Allah SWT.

Bahkan sebelumnya akun gosip politik Mak Lambe Turah sudah meramalkan kejatuhan Jonru jauh sebelum ada gembar gembor acara ILC.



Kalau sudah begini, jangan saling menyalahkan tapi sebaiknya saling koreksi. Tidak ada asap kalau tidak ada api. Bagaimana menurut anda?

Sumber: Infoteratas.com/Cirpstory.com

7 Responses to "Jonru Ditahan, Kini Malah ILC Karni Ilyas yang Dipermasalahkan & Dikirimi Surat Terbuka Ini"

Jabricks mengatakan...

Siapa menanam dia menuai.... sederhana saja.

victor kakambong mengatakan...

Bukan karena tampil di ilc hingga Jonru di tahan tetapi karena ada laporan masyarakat. Itu saja sih. Trus jgn ditanya lagi masyarakat yang mana ya? Itu tipikal bumi sebelah

Nyono Dhebleng mengatakan...

Liat aja gambar si jontor diatas, itu muka kayaknya bau tengik deh. Sampah masyarakat. Harusnya orang kayak dia nih yg lebih pantas dicemplungin ke lubang buaya.

sigit afriyadi mengatakan...

Jonru bukan di tangkap karena dia sebagai narasumber,tapi dia di tangkap karena ujaran kebencian

Gundala mengatakan...

Gak ada urusannya sama Dewan Pers, sebab status dan cuitan Jonru bukan produk jurnalistik. Yang dijadikan dasar aduan adalah statusnya di fesbuk, bukan omongannya di ILC.
Begitu gamblang dan sederhana.

Anando Wendro mengatakan...

Udah jalannya ...

Joko Add mengatakan...

Gak ada narasumber lain kah?? Sampai2 orang aneh di jadikan narasumber..

Posting Komentar