Denny Siregar: Saya Jadi Ingin Bertanya, Benarkah Anda Dulu Mantan Menteri Pendidikan?


CeriaNews.com - Pidato politik Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang menyinggung soal 'Pribumi harus menjadi tuan rumah di negeri sendiri' mendapat kritik pedas dari penulis yang juga penggiat media sosial Denny Siregar.

Menurutnya, pidato Anies soal pribumi adalah rasis dan tak pantas diucapkan oleh seorang gubernur yang harusnya menjadi pemimpin bagi semua suku, ras, dan agama.

Selain itu, Denny juga memposting arti kata non-pribumi di Wikipedia. Hal ini dilakukan karena ia mengaku penasaran dengan pernyataan Anies soal pribumi.

Dalam Wikipedia dijelaskan '"Penduduk Indonesia keturunan Cina, India, Arab (semuanya dimasukkan dalam satu kelompok, Vreemde Oosterlingen), Eropa, maupun campuran sering dikelompokkan sebagai non-pribumi meski telah beberapa generasi dilahirkan di Indonesia."

Atas penjelasan itu, Denny kembali mempertegas jika keturunan Arab juga bukan pribumi. Hal ini disinggungnya untuk mengingatkan soal asal-usul Anies.

Berikut tanggapan Denny soal pidato Anies yang menyinggung soal pribumi, dikutip dari akun Facebooknya, Selasa (17/10/2017).


Kalimat rasis seperti ini yang menjadi masalah ketika seseorang menjabat kepala daerah yang seharusnya berdiri di atas suku, ras dan agama..

Betewe, keturunan arab itu termasuk pribumi juga bukan sih ?



ANDA PRIBUMI, PAK GUBERNUR ?

Saya penasaran dengan kata " Pribumi" gara-gara seorang Gubernur yang baru dilantik menyinggung kata-kata "Saatnya Pribumi jadi tuan rumah di negeri sendiri"..

Wahai Mr Baswedan yang terhormat, setelah saya baca di Wikipedia, ternyata keturunan arab pun tidak dikelompokkan dalam wilayah Pribumi, sebuah sebutan yang dulu sangat menghina di zaman penjajahan..

Saya jadi ingin bertanya, benarkah anda dulu mantan Menteri Pendidikan ?



Sebelumnya diberitakan, Anies Baswedan saat menyampaikan pidato politik pertamanya dihadapan ribuan warga di Balai Kota Jakarta, usai dilantik dan serah terima jabatan (sertijab) sebagai Gubernur DKI, Senin (16/10/2017) malam, sempat menyinggung soal rakyat pribumi yang tertindas pada jaman kolonialisme.

"Dalam kehidupan sehari-hari selama berabad-abad lamanya, rakyat pribumi ditindas dan dikalahkan. Kini telah merdeka, kini saatnya kita menjadi tuan rumah di negeri sendiri," kata Anies.

"Jangan sampai Jakarta ini seperti apa yang dituliskan dalam pepatah Madura, Itik se atellor, ayam se ngeremi. Itik yang bertelur, ayam yang mengerami. Kita yang bekerja keras merebut kemerdekaan, kita yang bekerja keras mengusir kolonialisme, kita semua harus merasakan manfaat kemerdekaan di ibukota ini," tandasnya.

Sumber : Netralnews

0 Response to "Denny Siregar: Saya Jadi Ingin Bertanya, Benarkah Anda Dulu Mantan Menteri Pendidikan?"

Posting Komentar