Bikin Heboh Soal Postingan 100 WNA Asal China, Ifan Seventeen Klarifikasi. Fakta Ini Mengejutkan!


CeriaNews.com - Vokalis grup musik Seventeen, Riefian Fajarsyah atau yang dikenal dengan nama Ifan Seventeen, menjumpai pemandangan tak biasa saat bertolak ke Kendari, Sulawesi Tenggara.

Ia menumpang sebuah pesawat dari Jakarta pada Jumat (19/10/2017).
Di dalam kabin pesawat, ia berjumpa lebih dari 100 penumpang lainnya.

Yang membuat ia terkejut, ratusan penumpang itu sebanyak 70-80 persen didominasi oleh tenaga kerja asli Cina.

Ifan juga menyebutkan bahwa seluruh WNA asal Cina itu tidak bisa berbahasa Inggris maupun Indonesia.
Sang pramugari pesawat bahkan menyebut jika hal ini sudah biasa terjadi saat penerbangan ke Kendari.

Hal yang sangat disayangkan Ifan adalah soal lapangan kerja yang seharusnya bisa menjadi kesempatan untuk WNI namun justru diberikan kepada WNA.

"Pada saat Indonesia masih berlebihan SDM nya, masih banyak pengangguran, bahkan kita masih banyak mengirimkan sodara-sodara kita buat kerja bertaruh nyawa di negeri orang, kenapa kita harus memasukkan tenaga kerja dari negeri lain?!" tulis Ifan pada tautan yang diunggahnya.



Komentar netizen:


Bui Kiong: uiiii fan ....saudarah kita yg kerja di luar negeri jauh lbh byk....ngapain jg kau sewot gt. klu tak mau satu pesawat ama mereka kau bisa turun tau terbang pakai sapu nenek sihir aja..

Mitha Santoso: Makanya pada sekolah yg pinter.. karena semakin hari persaingan semakin ketat... lha nggene dewe podo saingan KIDS JAMAN NOW... GROUP2AN SEPEDA MOTOR dll... orang luar negeri mana ada begituan... dari kecil les sembarang kalir..sekolah sampek sore... ya bagaimana ya... jaman modern.. kalah pinter yo kalah.... 😄😄😄😄... Cathay Pacific hari2 juga hampir penuh orang indonesia yg tujuan surabaya dan Jakarta....

Trida Wijoyo: Irafan sy tau kamu artis mudah cari rejeki gak spt kami yg hidup susah, sy tau kamu jg membela negara dgn rasa geram karna bnyk pekerja asing dtg, tp kamu jg harus tau banyak sodara kita yg jd TKW/TKI, baik Legal atau Ilegal dinegara org, jgn jd api sehinga berita membesar sampai kenegara lain, kami2 jg tumpang cari rejeki di negeri org, kl mereka org China mau kerja di negeri kita mungkin mereka ada #Reason sendiri mau digaji murah, atau mmg bawaan investor.
#dont bully and peace.... salam limajari ^_^

Alfian Kurniansyah: ya udah warga kita juga banyak yg jadi tki
di Malaysia, Taiwan, cina, hongkong, Singapore, Brunei, Arab, khatar, tapi negara" tersebut warganya sewot gituuu riski kita udah di atur di mana tempat dan sumbernya mas gk usah kawatir Indonesia miskin karna kedatangan etnis cina


ADA YANG SALAH DENGAN NEGERI INI


Itu kata-kata yang pertama kali terlintas di kepala gw!
Mungkin udah kelima kalinya gw terbang ke daerah Sulawesi, 70-80% penumpangnya adalah tenaga kerja asli Cina, yang gak bisa Bahasa Inggris apalagi Bahasa Indonesia.
Terakhir hari ini pesawat ke Kendari sekitar 70-80 orang isinya mereka semua.


Sempet bikin merinding waktu Seventeen harus manggung di Morowali, 95% isi pesawatnya adalah tenaga kerja asli Cina, let's say sekitar 130 orangan kali ya.
GILA SIH, LO BISA BAYANGIN, SERASA ADA DI NEGERI LAIN.
Dan menurut info pramugarinya, "IT HAPPENS EVERYDAY" GILA!!
Seventeen manggung di Morowali 6 bulanan yang lalu, kalo itu terjadi tiap hari??! SEKARANG UDAH RUAMEEE BANGET BERARTI!!


Dari info yang gw tau ini juga terjadi di Bogor, Solok Selatan (Sumbar), Manokwari (Papua) dan entah mana lagi.
Men, gw sih gak akan ngomong soal politik karna bukan kapasitas gw.


TAPI SATU HAL YANG ADA DI KEPALA GW ADALAH,

Pada saat Indonesia masih berlebihan SDM nya, masih banyak pengangguran, bahkan kita masih banyak mengirimkan sodara-sodara kita buat kerja bertaruh nyawa di negeri orang, kenapa kita harus memasukkan tenaga kerja dari negeri lain?!

ADA YANG SALAH DENGAN NEGERI INI • • Itu kata-kata yang pertama kali terlintas di kepala gw! Mungkin udah kelima kalinya gw terbang ke daerah Sulawesi, 70-80% penumpangnya adalah tenaga kerja asli Cina, yang gak bisa Bahasa Inggris apalagi Bahasa Indonesia. Terakhir hari ini pesawat ke Kendari sekitar 70-80 orang isinya mereka semua. • • Sempet bikin merinding waktu Seventeen harus manggung di Morowali, 95% isi pesawatnya adalah tenaga kerja asli Cina, let's say sekitar 130 orangan kali ya. GILA SIH, LO BISA BAYANGIN, SERASA ADA DI NEGERI LAIN. Dan menurut info pramugarinya, "IT HAPPENS EVERYDAY" GILA!! Seventeen manggung di Morowali 6 bulanan yang lalu, kalo itu terjadi tiap hari??! SEKARANG UDAH RUAMEEE BANGET BERARTI!! • • Dari info yang gw tau ini juga terjadi di Bogor, Solok Selatan (Sumbar), Manokwari (Papua) dan entah mana lagi. Men, gw sih gak akan ngomong soal politik karna bukan kapasitas gw. • • TAPI SATU HAL YANG ADA DI KEPALA GW ADALAH, Pada saat Indonesia masih berlebihan SDM nya, masih banyak pengangguran, bahkan kita masih banyak mengirimkan sodara-sodara kita buat kerja bertaruh nyawa di negeri orang, kenapa kita harus memasukkan tenaga kerja dari negeri lain?!
A post shared by Riefian Fajarsyah (@ifanseventeen) on


Postingan ini sudah dikomentari lebih dari 5ribu netizen. Bagaimana menurut anda?

Dan karena netizen ramai memborbardir akhirnya akhirnya Ifan membuat klarifikasi namun tetap saja kena bully sebagian netizen. berikut klarifikasinya:

Assalamualaikum Wr. Wb.
Salam sejahtera buat semua..


Cuma pengen sedikit menyampaikan, karna emang postingan terakhir gw kok kayanya rusuh banget 😂


Coba dibaca baik2, yang pasti dari awal, gw sedikitpun tidak ada maksud untuk menjatuhkan ataupun membela pihak manapun.
Cuman rasa concern aja kok rame ya Tenaga Kerja Asing berdatangan ke Indonesia, yang kebetulan kali ini dari RRC / Tiongkok.
Jadi sebenernya ini bukan masalah ras, apalagi soal agama.


Tapi ternyata keadaan negara kita emang bener2 memprihatinkan, berkenaan masalah penyampaian suara.
Sedikit kritis aja kok ya jadi salah banget, jadi dikaitkan kemana-mana, jadi diburu kesana-kemari.
Penyampaian suara prihatin dikesankan sebagai kritisi yang berbau politik.


Sebenernya sekarang gw lebih pengen untuk mengajak temen-temen dari kedua kubu untuk tidak lagi mempermasalahkan masalah pribumi atau bukan, WNI atau keturunan.
Yuk sama-sama kita bantu pemerintah untuk selalu berani melaporkan hal-hal yang menurut kita janggal yang ada di depan mata kita.
Sama-sama kita berbenah untuk menjadi bangsa yang lebih kuat dan lebih baik lagi.


"Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, tapi perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri." ~ Dr. Ir. Soekarno

Assalamualaikum Wr. Wb. Salam sejahtera buat semua.. • • Cuma pengen sedikit menyampaikan, karna emang postingan terakhir gw kok kayanya rusuh banget 😂 • • Coba dibaca baik2, yang pasti dari awal, gw sedikitpun tidak ada maksud untuk menjatuhkan ataupun membela pihak manapun. Cuman rasa concern aja kok rame ya Tenaga Kerja Asing berdatangan ke Indonesia, yang kebetulan kali ini dari RRC / Tiongkok. Jadi sebenernya ini bukan masalah ras, apalagi soal agama. • • Tapi ternyata keadaan negara kita emang bener2 memprihatinkan, berkenaan masalah penyampaian suara. Sedikit kritis aja kok ya jadi salah banget, jadi dikaitkan kemana-mana, jadi diburu kesana-kemari. Penyampaian suara prihatin dikesankan sebagai kritisi yang berbau politik. • • Sebenernya sekarang gw lebih pengen untuk mengajak temen-temen dari kedua kubu untuk tidak lagi mempermasalahkan masalah pribumi atau bukan, WNI atau keturunan. Yuk sama-sama kita bantu pemerintah untuk selalu berani melaporkan hal-hal yang menurut kita janggal yang ada di depan mata kita. Sama-sama kita berbenah untuk menjadi bangsa yang lebih kuat dan lebih baik lagi. • • "Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, tapi perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri." ~ Dr. Ir. Soekarno
A post shared by Riefian Fajarsyah (@ifanseventeen) on


FAKTANYA:

Menurut laporan dari web BNP2TKI data TKI yang keluar negeri tahun 2016 dan 2017 saja ada 357.185 dimana tahun 2016 sebanyak 175.445 dan tahun 2017 sebanyak 181.740

http://www.bnp2tki.go.id/uploads/data/data_11-10-2017_102658_Laporan_Pengolahan_Data_BNP2TKI_2017_(s.d_September_)_1.pdf

Sementara data tenaga asing ke Indonesia  hingga tahun 2016 tercatat sebanyak 74.183 orang TKA bekerja di Indonesia. Sementara 21.271 ribu di antaranya berasal dari China. Dari Januari hingga Juli 2017, perusahaan yang mengajukan rencana penggunaan tenaga kerja asing (RPTKA) paling banyak dari sektor konstruksi, pembangunan smelter, dan PLTU.

https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/3562880/ada-74000-tenaga-kerja-asing-di-ri-paling-banyak-dari-china

Sumber: Tribunnews.com  via infoteratas.com

0 Response to "Bikin Heboh Soal Postingan 100 WNA Asal China, Ifan Seventeen Klarifikasi. Fakta Ini Mengejutkan!"

Posting Komentar