Wuoww.. Ini Alasan Fadli Zon Desak Pemerintah Naikkan Dana Parpol Sampai 50 Kali Lipat


CeriaNews.com - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon menyatakan seharusnya kenaikan dana bantuan partai politik bisa naik signifikan.

Menurutnya kondisi keuangan negara saat ini bisa menaikan hingga Rp 5.000 dari yang sekarang Rp 108 atau naik 50 kali lipat.

"Ya saya sih setuju, saya yang termasuk setuju sejak awal dana parpol ini harus ada kenaikan dan kenaikannya dan harusnya itu harusnya signifikan. Saya sih mendorong harusnya bisa Rp 5.000 per suara bukan Rp 1.000," ujar Fadli di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (5/7/2017).

Parpol di Indonesia sudah pernah mengalami dana parpol sebesar Rp 1.000. Oleh sebab itu, Fadli menyebut wacana kali ini bukan kenaikan.

"Kalau sekarang kembali lagi ke Rp 1.000 itu tidak kenaikan. Sebaiknya Rp 5.000 kalau bisa Rp 10.000. Karena itu kan bagian untuk pendidikan demokrasi kita," kata dia.

Menurut Fadli kondisi keuangan Indonesia saat ini masih bisa menaikan dana parpol hingga Rp 5.000. Hal tersebut pernah disampaikannya ke Presiden Joko Widodo.

"Mungkin (kondisi keuangan menaikan lebih dari Rp 1.000). Saya pernah sampaikan ini tahun lalu ke presiden itu Rp 5-6 triliun dari total Rp 2.100 trilun. Saya rasa itu sangat wajar karena parpol juga bagian dari demokrasi politik kita. Masih banyak juga anggaran lain yang mungkin perlu diefisiensikan," tuturnya.


Ia bahkan membandingkan Indonesia dengan Meksiko. Di Meksiko, dana bantuan partai politik bisa sampai 200 juta dolar.

"Sudah pasti tidak akan korupsi dong dana itu kan dipakai untuk partai politik untuk membiayai kegiatan sehari-hari dan ini bukan hanya di Indonesia tapi juga di negara lain. Di Meksiko saja pengaturannya 200 juta dolar pertahun. 100 juta dolar untuk kampanye," kata Fadli.

"200 juta dolar itu dibagi 30 % dibagi rata sama semua partai yang terwakili di parlemen, baru 70%-nya proporsional. Jadi biaya listrik, sekretariat kan butuh biaya sehingga ini harus dipikirkan jangan hal stategis ini tidak dimasukan termasuk pendidikan kader," tutupnya.

Sumber: detik.com

0 Response to "Wuoww.. Ini Alasan Fadli Zon Desak Pemerintah Naikkan Dana Parpol Sampai 50 Kali Lipat"

Posting Komentar