Rabu, 12 Juli 2017

28 Tempat Wisata di Tulungagung yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Tulungagung - Tulungagung merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang terkenal sebagai penghasil industri marmer terbesar di Indonesia. Namun siapa sangka , selain sebagai penghasil marmer , Tulungagung juga menyimpan banyak sekali tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Kondisi geografinya yang berada di pesisir pantai selatan Pulau Jawa menjadikan Tulungagung memiliki banyak tempat wisata pantai.

Tulungagung ialah nama dari salah satu kabupaten yang masuk dalam wilayah Provinsi Jawa Timur. Kabupaten ini terdiri dari wilayah dataran rendah hingga dengan pegunungan. Maka dari itu selain punya pantai-pantai yang sangat bagus , Tulungagung juga punya pesona pemandangan pegunungan serta jeram yang juga tidak kalah indah.

Tulungagung merupakan sebuah daerah yang mempunyai banyak tempat wisata yang sangat bagus dan menarik diantaranya mirip wisata alam serta wisata sejarah semua ada di Tulungagung , kalau anda ingin berlibur disinilah tempat yang cocok , dijamin anda tidak akan kecewa apalagi kalau anda berkunjung dengan keluarga ataupun sahabat dijamin pasti liburan anda akan lebih mengasikan.

Baca ini : Tempat Wisata di Lamongan yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Tulungagung yang Wajib Dikunjungi
Tulungagung memiliki beberapa tempat wisata yang menarik , maka dari itu kalau anda berkunjung ke Tulungagung sempatkanlah untuk mampir dan menikmati banyak sekali obyek wisata Tulungagung yang menarik ini.

1. Tempat Wisata Pantai Sine Tulungagung

Pantai Sine
Panorama sunrise di Pantai Sine ini merupakan salah satu panorama sunrise pantai terbaik di Tulungagung. Bukan tanpa alasan , alasannya di Tulungagung memang tidak banyak pantai yang menghadap timur. Berjarak sekitar 35 kilometer di sebelah selatan Kota Tulungagung , Pantai Sine merupakan sebuah pantai berpasir putih kecoklatan dengan ombak yang terbilang cukup besar.

Tempat wisata di Tulungagung ini berlokasi di Desa Kalibatur , Kec. Kalidawir , Kabupaten Tulungagung. Selain mampu bermain air dan menikmati pesona alam pantainya , Anda juga mampu menyaksikan acara nelayan setempat yang akan berangkat ke laut. Pantai Sine Tulungagung ini juga dikenal dengan nama Pantai Matahari Terbit.

2. Tempat Wisata Pantai Popoh Tulungagung
Pantai Popoh
Pantai Popoh merupakan salah satu pantai favorit di Kabupaten Tulungagung. Objek wisata ini berada di selatan kota berjarak sekitar 30 km yakni tepatnya di Kecamatan Besuki. Letaknya yang berada di tempat teluk , membuat ombak di tepi pantai ini tidak begitu besar.

Pemandangan alam pantainya sangat eksotis dimana akan terdapat tebing-tebing karang yang terjal di sekitar pantai. Selain mampu bersantai atau bermain air , Anda juga mampu menyewa perahu nelayan untuk berkeliling di sekitar tempat teluk. Tempat wisata di Tulungagung ini merupakan salah satu tempat yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga tercinta.

3. Tempat Wisata Gunung Budheg Tulungagung
Gunung Budheg
Gunung Budheg atau biasa dikenal dengan nama Gunung Cikrak ini ialah salah satu gunung atau bukit yang mempunyai ketinggian sekitar 585 mdpl dan terletak di Desa Boyolangu , Kecamatan Boyolangu , Kabupaten Tulungagung.

Gunung Budheg mampu menjadi lokasi atau tempat untuk latihan bagi para pendaki pemula untuk melaksanakan pemanasan. Jalur yang harus dilalui untuk hingga ke puncak Gunung Budheg ialah jalanan yang menanjak melewati semak berduri diselingi dengan merayap dipinggiran tebing yang cukup curam.

Namun perjalanan melelahkan tersebut akan terbayarkan dengan pemandangan bagus yang mampu kita dapatkan dari puncak Gunung Budheg mirip sunrise pada pagi hari maupun pemandangan hijau pepohonan yang ada disekitar Gunung Budheg. Selain itu kalau kita menginap di puncak Gunung Budheg kita mampu melihat pemandangan kerlap kerlip lampu pada malam hari.

4. Tempat Wisata Pantai Coro Tulungagung
Pantai Coro
Pantai Coro juga merupakan tempat wisata di Tulungagung yang wajib untuk dikunjungi. Pantai Coro lokasinya berada di kecamatan Besuki , Kabupaten Tulungagung. Pantai Coro merupakan salah satu pantai di Tulungagung yang memiliki pasir putih dan air laut yang berwarna biru.

Untuk rute menuju ke Pantai Coro ini anda ikuti saja menuju ke arah Pantai Popoh kemudian ambil jalur menuju ke Retjo Sewu , setelah itu anda berjalan kaki sekitar 2 km melewati ladang dan perbukitan untuk mencapai lokasi Pantai Coro.

5. Tempat Wisata Pantai Molang Tulungagung
Pantai Molang
Pantai molang merupakan salah satu pantai yang memiliki pemandangan bagus serta menjadi salah satu pantai favorite di kabupaten tulungagung dan Jawa timur. Pantai Molang lokasinya berada di Kecamatan Pucanglabang , Tulungagung , terletak di perbatasan antara kabupaten Tulungagung dan Kabupaten Blitar.

Pantai ini memiliki pasir berwarna putih dan ciri khas ombak laut selatan yang besar. Untuk mencapai lokasi Pantai molang ini anda mampu menuju ke arah ngunut kemudian menuju pasar puser dan menuju ke arah pantai Molang atau hingga area tambak udang kemudian bertanya ke warga.

6. Tempat Wisata Pantai Lumbung Tulungagung
Pantai Lumbung Tulungagung
Nah setelah puas menikmati Pantai Molang anda mampu melanjutkan perjalanan anda menuju ke Pantai Lumbung yang masih berada di Kecamatan Pucanglabang dan berada tidak jauh dari Pantai Molang. Menurut informasi pantai molang ini hanya dikenal oleh warga sekitar dan kalangan memancing dan untuk turun ke lokasi juga sangat berbahaya.

Pantai Lumbung berlokasi di Desa Pucanglaban , Kec. Pucanglaban , Tulungagung. Lokasi pantai ini tidak jauh dari Pantai Molang , sehingga untuk menuju ke Pantai ini anda cukup mengikuti jalur ke Pantai Molang kemudian setibanya di tempat pabrik atau tambak udang , Anda mampu bertanya ke warga sekitar untuk jalur ke Pantai Lumbung.

7. Tempat Wisata Pantai Sanggar Tulungagung
Pantai Sanggar
Pantai Sanggar memiliki pesona yang membuat kita terasa nyaman berada di sana. Dengan pasir putih serta air lautnya yang terlihat sangat bersih , panti ini menjadi salah satu pantai paling cantik di Tulungagung. Meski memang , untuk mampu hingga ke pantai ini membutuhkan sedikit usaha karna lokasinya yang tidak cukup mudah diakses.

Pantai Sanggar berada di desa Jengglungharjo , kecamatan Tanggunggunung. Tidak banyak pengunjung yang datang ke pantai ini sehingga kita mampu merasakan suasana yang benar-benar natural. Untuk yang gemar menjelajah , Pantai Sanggar mampu menjadi tujuan yang sangat pas untuk melaksanakan hobby tersebut.

8. Tempat Wisata Pantai Pathok Gebang Tulungagung
Pantai Pathok Gebang
Pantai Pathok Gebang masih berada satu jalur dengan Pantai Sanggar namun untuk menuju ke Pantai Pathok Gebang anda masih harus berjalan kaki lagi ke arah barat dari Pantai Sanggar menaiki bukit hingga hingga ke Pantai Pathok Gebang. Ciri khas pantai Pathok Gebang ini ialah terdapat tebing yang apabila berbenturan dengan ombak maka akan menjadikan muncratan air yang menjulang tinggi ke atas.

9. Tempat Wisata Pantai Ngalur Tulungagung
Pantai Ngalur
Pantai Ngalur merupakan tetangga erat dari Pantai Sanggar sehingga keduanya memiliki suasana dan pemandangan yang tidak jauh berbeda. Kedua pantai ini sama-sama berada di desa Jengglungharjo , kecamatan Tanggunggunung.

Pasir putih serta air laut yang masih sangat bersih akan menyambut kedatangan kita di Pantai Ngalur dan juga Sanggar. Pantai Ngalur dan Sanggar ini akan sangat sempurna untuk dijadikan lokasi camping karna suasananya yang masih cukup natural.

10. Tempat Wisata Pantai Klatak Tulungagung
Pantai Klatak
Mungkin bagi Anda yang lebih senang dengan pantai yang memiliki pasir gelap , Pantai Klatak mampu menjadi pilihan bagus. Obyek wisata pantai di Tulungagung ini beralamat di Desa Keboireng , Kecamatan Besuki. Di pantai ini.

Anda akan menyaksikan batu-batu kali yang menghiasi sekeliling pantai Klatak. Bila Anda berangkat dari Kota Tulungagung menggunakan kendaraan bermotor waktu tempuh perjalanan sekitar 1 setengah jam untuk mampu hingga di lokasi pantai ini. Kegiatan favorit di tempat wisata pantai ini ialah berenang , memancing dan bersantai.

11. Tempat Wisata Goa Selomangleng Tulungagung
Goa Selomagleng
Goa Selomangleng Tulungagung terletak di dusun Sanggrahan Kidul , desa Sanggrahan , kecamatan Boyolangu. Dari pemukiman warga berjarak sekitar 500 meter , berada di tepi dusun. Jalur menuju lokasi cukup mudah. Setelah melewati jalan setapak , kebun , dan ladang dusun , pengunjung akan segera tiba di lokasi berpemandangan asri klasik.

Goa Selomangleng sebenarnya goa atau lobang buatan yang berada di sebuah batu andesit hitam besar. Lobang bangunan goa berjumlah dua. Dua lobang bini erada di dua sisi batu andesit hitam besar. Dibuat dengan memahat sebuah batu besar sehingga terbentuk ceruk horizontal. Selo artinya batu. Mangleng berarti miring. Di Goa Selomangleng terdapat dua ceruk. Ceruk utama menghadap ke Barat. Ceruk lainnya menghadap ke Selatan.

12. Tempat Wisata Pantai Sidem Tulungagung
Pantai Sidem Tulungagung
Pantai Sidem ialah salah satu pantai yang berada di Tulungagung , atau lebih tepatnya merupakan salah satu pantai di Kecamatan Besuki , Kabupaten Tulungagung Jawa Timur. Keberadaan Pantai ini sungguh menawan dengan suguhan keindahan hamparan alam yang menarik.

Begitu mempesona dan penuh kalimat tanya di benak kita ketika kita melihat jajaran pemandangan alam yang indah. Ada aneka macam spot yang mampu anda nikmati sembari anda meneruskan perjalanan ke Pantai Sidem.

13. Tempat Wisata Pantai Brumbun Tulungagung
Pantai Brumbun
Pantai Brumbun merupakan sebuah pantai berpasir abu-abu cenderung hitam yang berada di desa Ngrejo , kecamatan Tanggunggunung. Sepintas , pantai ini memang biasa saja dan tidak terlalu istimewa. Namun , bukan berarti pantai ini tak menarik untuk dikunjungi.

Area yang ada di Pantai Brumbun ini cukup luas dan merupakan tempat yang asik untuk bermain. Ombak di pantai juga cukup santai sehingga kita mampu bermain di sana dengan lebih leluasa. Dari sentra kota Tulungagung pantai ini berjarak sekitar 22.5 km dan harus melewati medan yang cukup sulit.

14. Tempat Wisata Kedung Tumpang Tulungagung
Pantai Kedung Tumpang
Nah pantai yang sedang banyak dibicarakan , Kedung Tumpang. Kecantikan pantai ini bukan terletak pada pasir putihnya yang menawan. Malahan , di pantai ini kita tidak akan menjumpai pasir sama sekali. Pantai Kedung Tumpang merupakan pantai tebing karang.

Yang membuat pantai ini menarik ialah banyaknya lubang-lubang alami pada karang yang membentuk laguna yang benar-benar cantik Air di laguna-laguna tersebut terlihat begitu biru dan jernih sehingga siapapun yang datang ke pantai ini pasti tak tahan untuk segera berenang di dalamnya

15. Tempat Wisata Goa Gembyang Tulungagung
Goa Gembyang
Goa Gembyang merupakan goa alam yang ditemukan di sisi timur sebuah bukit. Lingkungan sekitarnya asri dan teduh. Mulut dan bagian dalam goa cukup lebar dan luas. Kesan Mistis makin terasa dikala masuk goa yang gelap. Ada bau kemenyan dan dupa sesekali lewat di depan indera penciuma. Di tengah ada lembaran kain putih semacam tirai penutup.

Disitu tersembunyi semacam petilasan , tempat penganut kepercayaan tertentu melaksanakan ritual. Di pojok kanan goa , ada ceruk komplemen yang disebut Goa Putri. Sedang di sebelah kiri ada goa kecil yang disebut Goa Maling. Konon , Goa Maling ini tembus hingga di Sumur Upas , Trowulan Mojokerto.

Goa Gembyang Goa Gembyang terletak di Desa Kuripansari , Kecamatan Pacet , Mojokerto. Tepat di pinggir jalan menuju Rumah Sakit Kusta Sumber Glagah. Goa Gembyang ini dipercaya sebagai tempat pertapaan Raden Wijaya sebelum menjadi raja majapahit.

16. Tempat Wisata Candi Dadi Tulungagung
Candi Dadi Tulungagung
Candi dadi merupakan salah salah satu objek wisata budaya yang mampu Anda temukan di daerah Tulungagung. Di candi tersebut , Anda mampu melihat sisa-sisa bangunan kuno sehingga sangat sempurna bagi yang suka sejarah. Candi dadi ialah candi tunggal yang bangunannya dibuat dari bahan batuan andesit yang terdiri dari batur dan kaki candi.

Atas Candi Dadi berbentuk segi delapan dengan lubang sumuran ditengah. Ukuran lubang ini 3 ,5 meter dengan kedalaman sekitar 3 meter. Candi dadi ialah satu-satunya candi di Indonesia yang memiliki lubang sumur di atasnya serta semenjak awal berdirinya belum pernah mengalami pemugaran jadi candi dadi ini masih sama dengan zaman dulu.

Memang kalau ditelisik masuk nalar sekali belum pernah di pugar karena lokasi yang ada di atas puncak gunung selain itu kalau ingin dipugar prosesnya akan memakan banyak tenaga. Sulit medan dan air ialah faktor utamanya.

17. Tempat Wisata Air Terjun Pandanwangi Tulungagung
Pandanwangi
Tempat wisata di Tulungagung yang tidak kalah menarik dengan yang lainnya yaitu Air Terjun Pandanwangi. Air terjun ini merupakan salah satu wisata di Tulungagung yang wajib dikunjungi oleh para pecinta alam. Lokasi Air Terjun Pandanwangi dengan ketinggian jeram sekitar 30 m.

berada satu wilayah dengan Perkebunan Teh Sumber Pandan di Desa Ngelurup , Kecamatan Sendang , dengan kanal yang cukup menantang. Dengan berjalan kaki jeram ini dapat di tempuh sekitar kurang lebih 2 hingga 3 jam perjalanan tergantung seberapa cepat anda berjalan. Air Terjun Pandanwangi sangat cocok untuk dikunjungi karena pemandangan jeram yang bagus dan sangat sejuk iklimnya.

18. Tempat Wisata Goa Tan Tek Sue Tulungagung
Goa Tan Tek Sue
Goa Tan Tek Sue merupakan Wisata Tulungagung yang banyak dikunjungi oleh umat Khonghucu pada setiap hari besar agama Khonghucu. Banyak pohon durian yang tumbuh di area goa ini , sehingga wisatawan tidak merasa lengkap apabila belum merasakan kenikmatan dari buah durian tersebut.

Buah duarian tersebut lebih dikenal dengan Durian Bajul. Wisatawan yang lelah setelah melaksanakan perjalanan , maka wisatawan dapat istirahat di penginapan Argo Wilis “Genceng”. Disini wisatawan dapat menikmati kesegaran dan pemandangan disekitar yang membuat siapapun akan betah berlama-lama di penginapan Genceng tersebut.

19. Tempat Wisata Goa Pasir Tulungagung
Goa Pasir Tulungagung
Goa pasir ini berbeda dengan goa pada umunya. Jika anda berfikir ini goa yang terdapat banyak pasirnya , bukan itu. Gua pasir ini terbentuk dari Lubang Ceruk Besar yang di pahat di lereng batu besar yang terletak di tengah hutan. Jika pengunjung ingin menemukan goa pasir harus mendaki dulu sekitar 90 m dia atas permukaan bukit karst.

Gua pasir sudah lama terkenal di Tulungagung dan biasanya dikunjungi para muda muda mudi. Di sekitar lokasi Goa Pasir terdapat makam kuno , warga sekitar menyebutnya dengan makam Mbah Bodho. Di sekitar makamnya terdapat peninggalan batuan kuno mirip Arca , Umpak , Miniatur Bangunan , Padma dan batu-batuan kuno yang bentuknya tidak teratur karena selain tidak pernah dirawat juga tergoda oleh cuaca.

20. Tempat Wisata Air Terjun Lawean Tulungagung
Air Terjun Lawean
Air Terjun Lawean merupakan sebuah jeram yang terletak di Desa Geger , Kecamatan Sendang. Air Terjun Lawean terletak di lereng Gunung Wilis yang memiliki ketinggian 1200 mdpl dan ketinggian dari jeram ialah 100 meter berteras dan bercabang. Untuk mampu menikmati Wisata Tulungagung ini , maka wisatawan harus berjalan kaki sejauh 3 kilometer.

Memang cukup jauh , namun semua tidak akan terasa karena wisatawan akan melewati keindahan alam perbukitan dan menyeberangi sembilan hutan yang terdapat di areal Air Terjun Lawean. Menurut penduduk setempat , barang siapa yang mandi di Wisata Tulungagung ini diyakini penyakit yang diderita akan sembuh.

21. Tempat Wisata Bukit Cemenung Tulungagung
Bukit Cemenung
Bukit Cemenung terletak di Kecamatan Rejotangan yang merupakan perbatasan eksklusif antara Kabupaten Tulungagung dengan Kabupaten Blitar. Bukit ini dikenal sebagai tempat tersimpannya bijih besi dan juga emas.

Belum banyak yang mengetahui mengenai Bukit Cemenung , tapi bagi Anda tidak ada salahnya mencoba karena bangunan ini sangat menarik. Menariknya disana kita mampu menemukan bangunan-bangunan raksasa semacam bangunan kincir angin Belanda.

22. Tempat Wisata Candi Penampihan Tulungagung
Candi Penampihan Tulungagung
Candi Penampihan merupakan Wisata Tulungagung yang bercorak Hindu dan sebagai peninggalan Kerajaan Mataram Kuno di Lereng Gunung Wilis tepatnya di Dusun Turi Desa Geger Kecamatan Sendang. Candi Penampihan berarti behwa merupakan penolakan bersyarat. Candi ini terdiri dari tiga tahapan yang dipersembahkan untuk memuja Dewa Sewa.

Di dalam Candi Penampihan terdapat Arca Siwa dan Dwarapala. Akan tetapi karena ulah tangan insan , maka beberapa arca telah hilang dan rusak.Untuk mengamankan arca yang tersisa atau Arca Siwa sekarang ditelakkan di Museum Situs Purbakala Majapahit Trowulan Jawa Timur. Selain arca , di dalam candi juga terdapat prasasti kuno yang ditulis dengan menggunakan abjad Pallawa dengan stempel berbentuk bulat di bagian atas prasasti.

23. Tempat Wisata Jambooland Waterpark Tulungagung
Jambooland Waterpark
Waterpark ialah salah satu wahana wisata yang sangat digemari banyak sekali kalangan , terutama untuk sarana rekreasi keluarga. Jambooland di design ulang dan rancang sedemikian rupa sehingga dibutuhkan mampu menjadi salah satu wisata air terbaik di Tulungagung Jawa Timur dengan menunjukkan banyak sekali macam wahana permainan mirip body slide atau seluncur , kolam bak tumpah , kolam balita , kolam anak-anak.


Selain itu juga disediakan kemudahan penunjang untuk keamanan dan kenyamanan pengunjung seperti: Toilet , Food Court , Musholla , Loker ,dll. lokasi yang strategis dan mudah dijangkau , Jambooland mematok harga tiket yang tidak memberatkan masyarakat. Hal ini ditujukan supaya semua kalangan mampu menikmati wisata air ini , khususnya masyarakat Tulungagung dan sekitarnya.

24. Tempat Wisata Candi Boyolangu Tulungagung
Candi Boyolangu Tulungagung
Candi Boyolangu merupakan sebuah candi yang berada di tengah pemukiman penduduk di wilayah Dusun Boyolangu , Desa Boyolangu , Kecamatan Boyolangu , Kabupaten Tulungagung , provinsi Jawa Timur , Indonesia. Untuk memasuki percandian ini , harus melalui sebuah lorong selebar 2 ,5 m yang dibatasi tembok setinggi 75 cm dengan panjang sekitar 50 m.

Candi berbahan bata ini berdenah segi empat dengan tangga masuk di bagian barat. Candi yang tersisa baturnya saja itu berukuran 11 ,40 m x 11 ,40 m , dan ukuran penampil/ tangga masuknya ialah 2 ,68 m x 2 ,08 m. Secara horisontal , sisa bangunan itu terdiri atas sebuah candi induk dan dua candi perwara yang masing-masing berada di kiri-kanannya (utara dan selatan).

Candi ini diketemukan kembali pada tahun 1914 dalam timbunan tanah. Candi tampak berpusat pada tokoh utama berupa arca wanita berukuran besar yang diletakkan pada candi induk. Arca terebut berukuran tinggi 120 cm dengan lebar 168 cm dan tebal 140 cm. Saat ini arca tersebut ditempatkan di bawah naungan sebuah cungkup tanpa dinding.

25. Tempat Wisata Tebing Banyu Mulok Tulungagung
Tebing Banyu Mulok
Tebing Banyu Mulok terletak di samping kiri Pantai Coro tepatnya di Kecamatan Besuki. Untuk mampu hingga di Wisata Tulungagung ini cukup mudah dan hanya memerlukan waktu kurang lebih 20 menit. Banyu Mulok ini merupakan padang rumput yang tingginya kurang lebih satu meter. Di Tebing Banyu Mulok kita dapat menikmati indahnya hamparan rumput yang menghijau dan tumbuh cukup tinggi.

Selain itu , dari tempat tersebut wisatawan dapat melihat hamparan laut yang begitu luas berwarna biru. Deburan ombak yang mengenai tebing menambang bagus suasana di Tebing Banyu Mulok. Tebing Banyu Mulok eksklusif menghadap ke Samudera Hindia atau laut lepas.

Sehingga wisatawan harus berhati-hati apabila ingin berfoto di pinggir tebing dan sebaiknya tidak melewati tanda batas yang telah disediakan. Apabila wisatawan beruntung , maka wisatawan dapat menikmati pemandangan pelangi dari hempasan ombak Samudera Hindia yang menghantam Tebing Banyu Mulok.

26. Tempat Wisata Agrowisata Belimbing Tulungagung
Agrowisata Belimbing Tulungagung
Agrowisata Belimbing ini terletak di Desa Moyoketen , Kecamatan Boyolangu. Salah satu destinasti Wisata Tulungagung ini tempatnya dikelilingi lahan belimbing yang luas , alami dan tertata rapi. Agrowisata ini lebih dikenal dengan Pondok Lesehan Agro Belimbing dengan dikelola oleh Bapak Mulyono.

Dengan kerindangan pohon belimbing yang sedang berbuah , wisatawan akan dimanjakan dengan buah belimbing yang siap dipetik dan untuk dimakan.

Untuk memetik buah belimbing , wisatawan akan didampingi oleh seorang pemandu yang bertugas memilihkan kita buah belimbing yang masak dan siap makan. Untuk memastikan wiatawan menerima buah belimbing yang sudah masak , maka sebaiknya wisatawan memberitahukan 2 ahad sebelum kedatangan kepada pengelola agrowisata ini.

27. Tempat Wisata Kuliner Nasi Lodho Tulungagung
Nasi Lodho Tulungagung
Nasi Lodho ini merupakan menu yang sajiannya hampir sama dengan opor ayam. Namun , yang membedakannya ialah sebelum di sajikan ayamnya di panggang terlebih dahulu sehingga aromanya enak dan juga lezat. menu ini biasanya di sajikan dengan di temani lontong , ketupat atau pun nasi putih. Lokasi yang jadi rekomendasi ialah yang ada di jl. semeru.

28. Tempat Wisata Kuliner Kepiting Sambal Ijo
Kepiting Sambal Ijo
Menu makanan yang terakhir yang dapat menggoyang pengecap dan juga dapat membuat ketagihan ialah kepiting sambal ijo ini. ketpitting ini di masak dendan menggunakan bumbu rahasia yang menjadikan rasanya tidak ada tandingannya.

Kepiting yang di gunakan pun merupakan kepiting yang segar dan juga berukuran besar sehingga dapat memuaskan dan juga mengenyangkan perut anda yang sedang lapar. Lokasi yang sempurna untuk menikmati kepiting sambal ijo yang enak dan maknyus ini ialah yang ada di jl. MT Haryono no. 77B kabupaten Tulungagung.

Baca juga : Tempat Wisata di Nganjuk yang Paling Diminati Pengunjung

Demikian mengenai 28 Tempat Wisata di Tulungagung yang Wajib Dikunjungi nah biar ini mampu bermanfaat untuk kalian semua , kalau anda ingin bertanya perihal artikel ini , anda mampu berkomentar melalui kolom komentar dibawah ini.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 28 Tempat Wisata di Tulungagung yang Wajib Dikunjungi

0 komentar:

Posting Komentar