Rabu, 12 Juli 2017

15 Tempat Wisata di Lamongan yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Lamongan - Lamongan merupakan sebuah kabupaten yang berada di daerah provinsi Jawa Timur. Kabupaten Lamongan terkenal dengan soto dan juga wingkonya ini berbatasan eksklusif dengan laut Jawa , Kabupaten Gresik , Kabupaten Mojokerto dan juga Kabupaten Bojonegoro.

Bukan hanya dari segi masakan saja , karena di kabupaten Lamongan ini pun juga memiliki potensi wisata baik alam maupun buatan insan yang juga sangat diminati oleh para wisatawan.

Baca ini : 18 Tempat Wisata di Madiun yang Paling Diminati Pengunjung

Selain itu , Sebagian besar pasti anda sudah tahu tentunya wacana wisata yang ada di Lamongan. Terlebih semenjak adanya Wisata Bahari Lamongan yang memang keberadaannya menyita banyak perhatian. Sejak munculnya wisata ini , banyak orang yang kemudian ingin berkunjung ke Lamongan dan efeknya beberapa tempat wisata lain pun juga ikut dikunjungi.

Tempat Wisata di Lamongan yang Wajib Dikunjungi
Nah Adapun beberapa tempat wisata di Lamongan yang sudah cukup terkenal dan dapat menjadi tujuan anda untuk berlibur diantaranya.

1. Tempat Wisata Pantai Brondong Lamongan

Pantai Brondong Lamongan
Nah tempat wisata pertama yaitu Pantai Brondong , Pantai Brondong mampu menjadi destinasi wisata lain yang ada di Kota Lamongan. Pantai yang satu ini berada di pelabuhan Paciran , Lamongan. Di Pantai ini anda dapat menikmati pemandangan yang sangat bagus dan mempesona. Selain itu , wisatawan tidak hanya dapat menikmati pesona alam pantai yang dihiasi dengan aneka kapal tradisional.

Di sini Anda juga berkesempatan untuk membeli ikan dengan harga yang lebih murah , karena di Pantai Brondong terdapat Tempat Pelelangan Ikan. Obyek wisata di Lamongan ini berada di Desa Brondong , Kecamatan Brondong , Lamongan. Jika dari sentra Kota Lamongan , pantai ini berjarak sekitar 50 km.

2. Tempat Wisata Goa Maharani Lamongan
Goa Maharani Lamongan
Mungkin anda ingin berwisata alam di lamongan goa maharani merupakan Tempat Wisata yang mampu anda jadikan pilihan. Tempat wisata di lamongan yang satu ini menyuguhkan keindahan gua dengan stalakmit dan stalaktit yang memancarkan warna yang memukau.

Gua maharani merupakan gua kapur yang bagus sehingga anda akan merasa nyaman dan tenang. Apalagi bila anda merasa jenuh dan bosan dengan keramaian kota , menepi untuk berwisata ke gua mampu anda jadikan pilihan. Untuk tempat wisata ini terletak di kecamatan Paciran , di tepi jalur utama Pantura , Lamongan.

3. Tempat Wisata Pemandian Air Panas Brumbung Lamongan
Pemandian air panas brumbun
Pemandian air panas brumbung merupakan pemandian air panas yang berada di desa terpanas kecamatan paciran. Suasana di pemandian air panas ini masih sangat alami. Lokasi tempat pemandian air panas ini berada di tengah hutan. Ukuran kolam air panas ini tidak terlalu besar hanya 5×10 meter yang terbagi menjadi dua kolam.

Jika anda ingin menyegarkan badan serta pikiran bertandang kesini ialah pilihan yang mampu anda lakukan. Tempat wisata di lamongan ini memang jauh dari keramaian kota. Konon pemandian air panas ini merupakan pemandian air panas yang dipakai oleh sunan drajat untuk bertapa.

4. Tempat Wisata Makam Sunan Drajat Lamongan
Makam sunan drajat
Makam sunan drajat merupakan salah satu tempat wisata di lamongan khususnya untuk wisata religi bagi kaum muslimin. Sunan drajat merupakan salah satu wali atau ulama penyebar anutan islam di daerah jawa khususnya di kerajaan majapahit.

Makam sunan drajat sangat kental dengan arsitektur jawa yang banyak dipengaruhi oleh kerajaan majapahit. Makam ini selalu ramai dikunjungi oleh para peziarah baik siang atau malam. Para peziarah yang mengunjungi makam sunan drajat ternyata tak hanya berasal dari dalam negeri. Disana juga menjadi salah satu destianasi ziarah bagi wisatawan asing.

5. Tempat Wisata Wisata Bahari Lamongan 
Tempat Wisata bahari lamongan
Tempat Wisata bahari lamongan merupakan salah satu tempat wisata di lamongan yang paling terkenal. Wahana rekreasi maritim ini telah menjadi ikon bagi kota lamongan. Wahana wisata bahari di lamongan ini merupakan tempat rekreasi yang cocok untuk dijadikan tempat berlibur sekeluarga.

Selain itu , Para pengunjung akan menikmati aneka macam macam wahana yang tersedia di wisata bahari lamongan. Berbagai anjungan serta kemudahan tersedia di wisata bahari lamongan.

Anda atau anak-anak anda akan puas bermain di aneka macam macam wahana yang tersedia disana. Selain bermain anda juga mampu menyantap masakan khas laut di resto yang ada di WBL.

6. Tempat Wisata Gunung Pegat Lamongan
Gunung Pegat Lamongan
Tempat wisata selanjutnya yaitu Gunung Pegat , Lamongan terkenal dengan tempat yang penuh dengan bukit kapur memanjang. Kawasan perbukitan ini disebut dengan Gunung Pegat lantaran terdapat bukit yang dipisahkan oleh sebuah jalan raya yang menghubungkan antara Lamongan dan Jombang.

Nama pegat sendiri berasal dari bahasa Jawa yang memiliki arti cerai atau terpisah. Bukit kapur yang dibelah membentuk penampakan yang bagus namun terselip sebuah mitos tidak dekat bagi sepasang kekasih.

Konon bila ada pasangan yang melintasi gunung ini maka kekerabatan tersebut tidak akan langgeng atau tidak akan berakhir hingga jenjang ijab kabul , percaya atau tidak , tergantung Anda. Meski demikian karena pesonanya yang unik maka tak jarang sekelompok muda-mudi tetap datang untuk berfoto-foto.

7. Tempat Wisata Mazola Lamongan
Mazola lamongan
Mazola memang masih berada di bawah Investor yang sama dengan WBL , perkembangan Mazola pun tak kalah pesat. Berada tak jauh dengan lokasi WBL , Mazola pun tak ayal menjadi destinasi wajib para wisatawan yang berkunjung ke Lamongan.

Mazola sendiri merupakan kepanjangan dari Maharani Zoo & Goa Lamongan. Di Mazola Anda dapat menyaksikan ratusan hewan unik dan menarik. Dan bersiaplah untuk menyaksikan sejumlah wahana baru mirip taman satwa , galeri satwa , serta galeri bebatuan.

8. Tempat Wisata Museum Sunan Drajat lamongan
Museum Sunan Drajat
Museum Sunan Drajat merupakan sebuah museum yang terdapat di Lamongan , museum ini dibangun pada tahun 1991 , dan difungsikan sebagai museum pada tanggal 30 Maret tahun 1992. Luas tempat wisata ini ialah sekitar 4 hektar.

Berbagai koleksi yang terdapat di Museum Sunan Drajat antara lain buku , lontar , batik Drajat , gamelan , bedug , keramik , bambu , kulit , batu besi , perunggu , dan sebagainya. Bagi wisatawan yang menyukai obyek wisata sejarah , sempatkanlah untuk berkunjung ke Museum Sunan Drajat.

9. Tempat Wisata Monumen Van Der Wijck Lamongan
Monumen Van Der Wijk
Monumen Van Der Wijk merupakan monumen yang didirikan oleh pemerintah Belanda dahulu kala untuk mengenang tragedi tenggelamnya kapal Van Der Wijk. Kapal ini termasuk kapal megah di zaman kolonial yang juga mengalami nasib nahas karam di perairan Brondong , Pulau Jawa pada tanggal 28 Oktober 1936.

Karena kisahnya yang juga terkenal , Monumen ini lantas menjadi salah satu pandangan baru dalam pembuatan film laris Indonesia yang berjudul ‘ Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck’. Film yang dibintangi oleh artis kawakan Pervita Pears. Para pelancong yang masih galau letak secara tepatnya , monumen ini tidaklah jauh dari Kantor Pelabuhan Brondong dan biaya masuk hanya Rp 5 ribu pada hari biasa dan Rp 6 ribu pada hari libur.

10. Tempat Wisata Waduk Gondang Lamongan
Waduk Gondang Lamongan
Waduk Gondang lamongan merupakan salah satu obyek wisata yang dibanggakan oleh penduduk Lamongan dan dikala liburan tiba , jangan lupa untuk bertandang ke Waduk Gondang yang terletak di sebelah barat dari Lamongan ini.

Untuk piknik ke waduk ini tidak sulit karena lokasi mudah dijangkau hanya dengan naik kendaraan umum maupun pribadi dan dari Lamongan hanya perlu menempuh jarak 19 kilometer saja. Perlu diketahui juga bahwa waduk ini begitu besar dengan luas 6 ,6 hektar dengan 29 meter sebagai kedalaman airnya.

11. Tempat Wisata Makam Dewi Sekardadu Lamongan
 Makam dari Dewi Sekardadu
Nah Makam dari Dewi Sekardadu ini juga layak untuk masuk ke dalam daftar destinasi liburan di Lamongan loh. Karena lokasinya termasuk dekat dengan Waduk Gondang , maka wisatawan mampu sekalian mampir ke tempat ini untuk berziarah dan mengetahui bagaimana sejarah makam dewi sekardadu yang ada di daerah klaten jawa tengah ini.

Sebagai tokoh sejarah Lamongan , tentu para wisatawan yang suka berwisata sejarah wajib datang dan pastinya tempat ini akan menjadi favorit di mana ada tumbuhan-tumbuhan hijau yang mengelilingi lokasi makam dengan asrinya sehingga akan nyaman bagi para pengunjung bila mendatangi makam dewi sekardadu ini.

12. Tempat Wisata Makam Sunan Sendang Duwur Lamongan
Makam Sunan Sendang Duwur
Makam Sunan Sendang Duwur merupakan sebuah Tempat wisata yang wajib anda kunjungi. Bangunan makam Sunan Sendang Duwur terletak di atas bukit Amitunon di Desa Sendang Duwur , Kecamatan Paciran Lamongan. Makam ini merupakan banguna berarsitektur tinggi menggambarkan perpaduan antara kebudayaan Islam dan Hindu.

Di bangunan ini terdapat gapura di bagian luar berbentuk mirip tugu Bentar di Bali dan gapura bagian dalam berbentuk paduraksa. Sedangkan di dinding penyangga cungkup makam dihiasi gesekan kayu jati yang bernilai seni tinggi dan sangat indah..

Sunan Sendang Duwur sendiri ialah seorang ulama keturunan Baghdad , Irak , alasannya ialah memang ayahnya ialah Abdul Kohar Bin Malik Bin Sultan Abu Yazid yang asalnya dari negara tersebut. Masyarakat mengenal Sunan Sendang Duwur sebagai seseorang yang pernah membuat sebuah masjid berpindah hanya dalam waktu satu malam. Masjid tersebut pun kesudahannya lebih populer dengan nama Masjid Sendang Duwur.

13. Tempat Wisata Alun-alun Kota Lamongan
Alun Alun Lamongan
Di Alun-alun Lamongan ini anda dapat menikmati pemandangan panorama alam pegunungan yang melingkupi Lamongan. Disini setiap sore banyak warga berkumpul sekadar melepas lelah dan menikmati keadaan sekeliling. Mulai dari anak-anak , kaum muda hingga orang tua dan nenek kakek. Ada banyak tempat duduk tempat bersantai bersama keluarga.

Juga ada area merokok bagi yang ga mampu melepaskan diri dari kebiasaan buruk itu. Alun-alun Lamongan juga menjadi surga bagi pencinta seni. Banyak grup seni atau kelompok band indie memamerkan kepiawaian mereka dalam berolah musik dan tarik bunyi di sore bahkan hingga malam. Berbagai jenis musik mampu mereka mainkan , mulai dari seni tradisional hingga musik modern.

14. Tempat Wisata Stadion Surajaya Lamongan
Stadion Surajaya Lamongan
Mungkin anda pecinta sepak bola pasti tahu dong? Stadion sepak bola sendiri yang dikenal dengan sebutan Stadion Surajaya Lamongan. Di stadion inilah para pemain Persela berlatih untuk menjadi yang lebih baik. Saat ini , stadion pun menjadi salah satu tempat wisata di Lamongan yang banyak diminati.

Khususnya bagi mereka penggemar sepak bola atau mungkin para supporter setia Persela. Apabila anda datang ke Kota Lamongan , ada baiknya anda singgah sebentar ke tempat yang satu ini untuk melihat bagaimana kemegahan stadion kelas dunia.

15. Tempat Wisata Masjid Sendang Duwur Lamongan
Masjid Sendang Duwur Lamongan
Masjid Sendang Duwur merupakan sebuah bangunan masjid yang pernah dipindah oleh Sunan Sendang Duwur hanya dalam semalam mirip yang sudah dijelaskan. Masjid yang mampu ditemukan di Kecamatan Paciran ini termasuk salah satu obyek wisata Lamongan yang lokasi tepatnya ada di desa dengan nama Sendang Duwur.

Proses pemindahan masjid yang dilakukan oleh Sunan Sendang Duwur diketahui dari Mantingan hingga ke Bukit Amitunon yang tidak pakai lama. Alasan mengapa masjid ini menjadi yang terekomendasi untuk dijelajahi karena memang wisata religi akan lebih seru bila wisatawan dapat melihat sendiri betapa uniknya arsitektur gedung masjid ini. Dengan kombinasi antara Hindu dan Islam , bangunan ini berdiri megah di mana ada juga gapura yang mampu kita temukan di areanya.

Baca juga : 24 Tempat Wisata di Nganjuk yang Wajib Dikunjungi

Demikian mengenai 15 Tempat Wisata di Lamongan yang Wajib Dikunjungi nah agar ini mampu bermanfaat untuk kalian semua , bila anda ingin bertanya wacana artikel ini , anda mampu berkomentar melalui kolom komentar dibawah ini.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 15 Tempat Wisata di Lamongan yang Wajib Dikunjungi

0 komentar:

Posting Komentar