Presiden Jokowi Akhirnya Bicara Panjang Lebar Soal Vonis 2 Tahun & Upaya Banding Ahok


CeriaNews.com - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) divonis 2 tahun penjara dan langsung ditahan di Rutan Cipinang. Presiden Jokowi meminta semua pihak menghormati proses hukum ini.

"Saya meminta semua pihak menghormati proses hukum yang ada serta putusan yang telah dibacakan majelis hakim," kata Jokowi usai meninjau groundbreaking pembangkit listrik di Jayapura, Papua, Selasa (9/5/2017).

Jokowi meminta agar langkah Ahok mengajukan banding juga dihormati.

"Kami harus menghormati langkah yang akan dilakukan Basuki Tjahaja Purnama untuk banding dan yang paling penting ini, yang paling penting, kita semua percaya terhadap mekanisme hukum yang ada untuk menyelesaikan setiap masalah yang ada," kata Jokowi.

Jokowi menegaskan bahwa semua masalah bisa diselesaikan secara hukum.

Untuk itu, masyarakat harus percaya.

"Sekali lagi pemerintah tidak bisa mengintervensi proses proses hukum yang ada," ungkap Jokowi.

Ahok divonis 2 tahun penjara oleh mejelis hakim yang dipimpin oleh Dwiarso Budi.

Majelis hakim menyatakan Ahok terbukti bersalah melakukan penodaan agama karena pernyataan soal Surat Al-Maidah 51 saat berkunjung ke Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu.

Mejelis hakim juga memerintahkan Ahok ditahan.

Jokowi Sudah Dapat Laporan Mendagri Soal Penonaktifan Ahok

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) langsung ditahan setelah divonis 2 tahun penjara atas kasus penodaan agama. Mendagri Tjahjo Kumolo langsung memproses penonaktifan Ahok terkait kasus tersebut.

"Saya akan, meskipun mendapatkan laporan dari Mendagri, saya akan mendetailkan lagi di Jakarta meskipun sudah mendapatkan laporan dari Mendagri," kata Jokowi usai meninjau groundbreaking pembangkit listrik di Jayapura, Papua, Selasa (9/5/2017).

Jokowi meminta semua pihak menghormati proses hukum yang telah dilakukan di pengadilan, termasuk harus dihormati pula langkah hukum Ahok untuk banding.

"Sekali lagi pemerintah tidak bisa mengintervensi proses hukum yang ada," ujar Jokowi.

Kini Ahok sudah ditahan di LP Cipinang. Berkaca dari kasus ini, Jokowi meminta semua pihak untuk percaya bahwa semua masalah bisa diselesaikan lewat meja hijau.

sumber: detik.com

0 Response to "Presiden Jokowi Akhirnya Bicara Panjang Lebar Soal Vonis 2 Tahun & Upaya Banding Ahok"

Posting Komentar