Begini Tanggapan Ketua KPU DKI Sumarno Soal Habisnya Kertas Suara di TPS! Share!


CeriaNews.com - Pencoblosan Pilkada DKI Jakarta diwarnai keluhan surat suara yang habis di sejumlah TPS. KPU DKI mengatakan banyak pemilih tak terdata baru muncul saat pencoblosan dan jumlahnya membeludak.

"Memang ada beberapa TPS yang surat suaranya kurang. Hal itu karena tingkat partisipasi masyarakat di pilkada kali ini meningkat sehingga angka kehadiran juga naik signifikan di TPS," kata Ketua KPU DKI Sumarno di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Rabu (15/2/2017).

Sumarno mengatakan cukup banyak pemilih yang tidak terdaftar. Alasannya, warga tidak ada saat hendak didata.

"Faktornya banyak, salah satunya adalah petugas KPU tidak mendapatkan akses yang memadai untuk mendata mereka," ucapnya.

Tetapi warga yang tidak terdata ini ternyata antusias untuk mencoblos. Akhirnya surat suara tidak cukup untuk mengakomodasi mereka semua.

"Tadi saat pencoblosan warga membeludak. Itu karena banyak warga berasumsi bahwa, meskipun tidak terdaftar, bisa tetap memilih," ujar Sumarno.

Jumlah surat suara sendiri sebenarnya sudah ditambah 2,5%. Atas kondisi ini, KPU DKI melakukan beberapa evaluasi. Dia berharap warga Jakarta juga memiliki pemahaman soal administrasi memilih.

"Ini evaluasi bagi semuanya, bahwa pemilu itu ada administrasinya, ada tahapan-tahapan yang harus diikuti, jadi harus memastikan diri untuk terdaftar di daftar pemilih. Karena, kalau tidak terdaftar, ada kemungkinan tidak kebagian surat suara. Ya evaluasinya ada pemahaman yang harus disamakan, termasuk ada beberapa pemahaman berbeda tentang kapan bisa menggunakan hak pilih dan bagaimana proses mendapatkan C6. Jadi ini pemahaman yang perlu ditingkatkan lagi," paparnya.

Sumber: Detik.com

1 Response to "Begini Tanggapan Ketua KPU DKI Sumarno Soal Habisnya Kertas Suara di TPS! Share!"

bluesy mengatakan...

makanya semuanya hrs komplit sebelumnya !! ini kesalahan panitia nya !! cetaklah sebanyak banyak kertas suara

Posting Komentar