Ketua MUI Ma'ruf Amin Akhirnya Akui Ada Desakan Dari Ormas Utk Nyatakan Sikap Soal Pidato Ahok


CeriaNews.com - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ma'ruf Amin menjadi saksi yang pertama menyampaikan keterangannya dalam sidang kasus dugaan penodaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, Selasa (31/1/2017).

Kepada Ma'ruf, Ketua Majelis Hakim Dwiarso Budi Santiarto bertanya dari mana ia mengetahui perkembangan kasus dugaan penodaan agama.

"Dari pemberitaan media cetak dan televisi," kata Ma'ruf, dalam sidang yang berlangsung di Kementerian Pertanian, Ragunan, Jakarta Selatan.

Selain itu, Ma'ruf mengaku ada permintaan lisan dan tertulis, serta desakan kepada MUI dari berbagai forum untuk menyatakan sikap terkait kasus itu.

Setelah didesak, MUI membentuk tim yang terdiri dari empat komisi, yaitu komisi fatwa, komisi pengkajian, komisi hukum dan perundang-undangan, serta komisi informasi dan komunikasi. Tim itu kemudian melakukan pembahasan dan penelitian.

"Hasilnya dilaporkan kepada pengurus harian. Laporannya intinya bagaimana hasil bahasan dengan melakukan penelitian investigasi pembahasan dan menyimpulkan bahwa pernyataan Pak Basuki mengandung penghinaan terhadap Al-Quran dan ulama," kata Ma'ruf.

Hingga pukul 09.37, majelis hakim masih mencecar Ma'ruf. Selain Ma'ruf, ada empat saksi yang akan menyampaikan keterangan.

Dua di antaranya adalah warga Kepulauan Seribu. Saksi lainnya yaitu Komisioner KPU DKI Jakarta Dahliah Umar dan saksi pelapor, Ibnu Baskoro.

Adapun Ahok didakwa melakukan penodaan agama karena mengutip surat Al-Maidah ayat 51 saat kunjungan kerja ke Kepulauan Seribu.

JPU mendakwa Ahok dengan dakwaan alternatif antara Pasal 156 huruf a KUHP atau Pasal 156 KUHP.

sumber: kompas.com

4 Responses to "Ketua MUI Ma'ruf Amin Akhirnya Akui Ada Desakan Dari Ormas Utk Nyatakan Sikap Soal Pidato Ahok"

FREDFLIX mengatakan...

Artinya pemimpin Islam di negara ini bukan Majelis Ulama Indonesia dong? Tp massa... hmmm konspirasi bobrok pasti akan terbongkar...di jamin!!

Dadang Suhendar mengatakan...

Berarti klo begitu ketua MUI sebenarnya tdk mau ikut campur dlm hal ini. Tp krn ada desakan (harap maklum mungkin jg diancam keluarganya dsb) maka ia hrs melakukan ini. Ada kemungkinan sebenarnya ia kasihan jg sama Ahok.

Maxy Morata - Taulu mengatakan...

NGGA MUNGKIN ADA ANCAMAN , INI DI BAYAR SEMUA, MUI DAPAT UANG BESAR.

Unknown mengatakan...

betul sekali kata maxy ini zmn apa bro yg penting apapun les go ha ha

Posting Komentar