Sungguh Salut! Cuitan Putri Gus Dur Ini Bikin Merah Telinga FPI & GNPF MUI - CeriaNews.com

Sungguh Salut! Cuitan Putri Gus Dur Ini Bikin Merah Telinga FPI & GNPF MUI


CeriaNews.com -Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 56 Tahun 2016 tentang Hukum Menggunakan Atribut Keagamaan Nonmuslim ramai dibahas, terutama setelah Ormas Front Pembela Islam (FPI) mendatangi mal-mal dan perusahaan meminta pejabatnya menandatangani surat pernyataan di atas materai untuk menaati fatwa MUI itu.

Koordinator Nasional Jaringan Gusdurian Indonesia Alissa Wahid ikut angkat bicara soal fatwa MUI Nomor 56 Tahun 2016 ini. Menurut dia, MUI mengeluarkan fatwa itu adalah hal yang biasa dan boleh-boleh saja dilakukan.

"Yang harus diingat, MUI itu organisasi nonpemerintah sebagaimana NU (Nahdlatul Ulama), Muhammadiyah, LDII (Lembaga Dakwah Islam Indonesia) dan lain-lain, bukan lembaga pemerintah. Jadi fatwanya tidak menjadi hukum positif," kata Alissa saat dihubungi detikcom, Senin (19/12/2016).

Putri sulung Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid ini mengatakan, fatwa MUI tidak mengikat semua umat alias bukan untuk seluruh muslim di Indonesia. Fatwa MUI menurutnya sama saja seperti fatwa NU atau fatwa Muhammadiyah dan lain sebagainya.

"Saya pernah membaca KH Sahal Mahfud menyampaikan fatwa MUI tidak mengikat seluruh umat Islam di Indonesia. Boleh diikuti oleh yang ingin mengikuti," ujar Alissa.



Alissa mengatakan, sangat boleh berpendapat tidak boleh memakai atribut nonmuslim. Tapi yang tidak boleh itu adalah main hakim sendiri terhadap yang berbeda pendapat.

"Tindakan FPI mendatangi perusahaan dan mal-mal itu tindakan yang kurang bijaksana. Wong fatwa MUI bukan hukum positif, ya tidak bisa memaksakan kehendak kepada pihak yang berpendapat berbeda," ujarnya.

"Aparat penegak hukum dalam hal ini polisi, perlu tegas. Saya menyayangkan tindakan polisi Surabaya yang mengawal aksi FPI. Dan saya sangat mengapresiasi sikap Kapolri (Jenderal Tito Karnavian-red) yang tegas menyatakan fatwa MUI bukan hukum positif. Ini kemajuan besar dibandingkan sikap kepolisian sebelum-sebelumnya," sambungnya.

Sumber: Detik.com

9 Responses to "Sungguh Salut! Cuitan Putri Gus Dur Ini Bikin Merah Telinga FPI & GNPF MUI"

Allany CR7 mengatakan...

Bagus bu.. Terus koreksi, jk ada yg dianggap keliru.. Biar tdk dianggap pembenaran alias MUI tdk salah kaprah.

ldd indo mengatakan...

Siiplah, saya percaya bangsa indo akan lebih di hormati ama bangsa laen.

ldd indo mengatakan...

Siiplah, saya percaya bangsa indo akan lebih di hormati ama bangsa laen.

Samsuar Nurdin mengatakan...

Saya setuju dengan Anda @Alissawahid, TAPI pemaksaan atribut non-muslim kepada karyawan/karyawati Muslim itu juga pemaksaan kehendak pimpinan kepada bawahan, mungkin itulah yang sedang dan akan di lawan agar tidak semena-mena. Seharusnya hal itu yang Anda himbau kepada pengusaha, bukan justru Anda mempersalahkan pihak lain. Semua itu terjadi kan ada hubungan sebab-akibat. Coba renungkan...!!

zulkarnaini junet mengatakan...

memang"selama ini banyak terjadi pada tiap karyawan di suruh pake pakaian/akrbut non muslim sama bosnya,saya kira wajar MUI menegur,nggak salah kan?

wishnu soesanto mengatakan...

Artinya Boleh dianggap boleh juga diabaikan makanya jangan memaksakan kehendak!

The Diary of Survivor mengatakan...

Eeeh, Samsuar....memangnya kamu punya bukti kalau perusahaan memaksa karyawannya memakai atribut natal?? Ada gaaak?? Itu kan mulut comberannya si brisieq aja....coba kasi saya contoh dan bukti kalo ada perusahaan yg memaksa karyawannya pake atribut natal....lhaa di kantor saya malah teman2 muslim seneng banget tuh pake topi santa, pake bando malaikat...eeeh, lagian kalo kamu belajar sejarah, atribut natal itu gak ada hubungannya sama Tuhan Yesus...itu cuma tradisi....kayak opor sama ketupat, apa hubungannya sama nabi lo muhamad? Ada gak?? Goblok banget sih loh!!

The Diary of Survivor mengatakan...

Eeeh...zul...kasi saya bukti kalo ada perusahaan yg makasa karyawannya pakai atribut natal....manaaa buktinya?? Jangan asal ngomong kayak comberan sama kayak si brizieq....pemimpin sama pengikut sama aja sudzon dan sirik hatinya!!

Bob Sardjono mengatakan...

manusia ngga berhak..kalau pendapat pribadi silahkan..

Poskan Komentar