Saran Mahasiswa Al Azhar Mesir Ke Umat Kristiani Bandung Yg Diganggu Ormas PAS


CeriaNews.com - Kalau kejadian di Bandung saya tidak tahu persis kronologinya. Sebagai orang jauh saya hanya bisa menerima informasi dari teman yang terpercaya.

Cuma kalau benar itu sebuah pelanggaran, dan pelanggaran tersebut membuat Anda terganggu, ya maklumi aja. Saya kan sudah bilang Muslim SMP memang begitu

Saran saya, bagi teman-teman Kristiani, kalaupun nanti di lain waktu Anda menerima gangguan dari Muslim-muslim SMP itu, atau kitab suci Anda "dihina", misalnya, tidak usah amuk-amukan dan demo berjilid-jilid.

Tidak perlu minta diproses secara hukum, apalagi minta agar para pelaku dipenjara. Tidak perlu. Kasih saja mereka senyuman manis dan kata-kata sayang.

Tunjukan saja kepada mereka bahwa Agama Anda adalah Agama pemaaf dan penuh cinta. Bukan Agama yang senang liat orang dipenjara.

Juga bukan Agama yang penuh dendam dan suka menebar kata-kata nista. Tunjukanlah kepada ulama-ulama yang saleh itu bahwa "kami semua bisa lebih dewasa menyikapi orang-orang mengganggu kami.

Tunjukanlah kepada ulama-ulama pembela al-Quran itu bahwa kami ( umat kristiani ) semua merindukan ajaran Nabi Muhammad seperti yang diajarkan oleh Isa Almasih As.

Tunjukanlah kepada para Mujahid pembela Islam itu bahwa kami tak akan rela jika saudara-saudara Muslim kami dituntut apalagi dipenjara hanya karena mengganggu kami atau "melecehkan" kitab suci kami.

Tunjukanlah kepada ustaz-ustaz yang saleh dan ganteng itu bahwa kami ingin memeluk umat Islam yang mengganggu kami dan kami tidak ingin melukai hati mereka dengan menebar kata-kata benci.

Buatlah spanduk segede karpet--dan kalau perlu pajang di depan kantor MUI--bahwa "kami memaafkan umat Islam yang mengganggu kami karena al-Masih dan Nabi Muhammad adalah dua utusan Tuhan yang penuh cinta, pemaaf dan selalu mengasihani.

Penuhilah tembok-tembok media sosial dengan sabda-sabda Isa Almasih yang Anda imani. Tunjukanlah kepada dunia bahwa sekalipun dipandang "sesat", Agama Anda bisa memberi kedamaian untuk negeri yang kita cintai.

Barangkali dengan cara seperti itu mereka akan tersadar. Barangkali dengan cara seperti itu mereka akan malu. Barangkali dengan cara seperti itu hati mereka akan terketuk.

Dan barangkali dengan cara seperti itu mereka akan sadar dengan ajaran Nabi Muhammad Saw yang gagal mereka pahami itu.

Itu tips dari Saya kalau kelak Anda mendapatkan gangguan atau kitab suci Anda "dihina". Siapa tahu dengan cara seperti ini anak-anak SMP yang taat itu bisa naik kelas dan dapat ranking. Siapa tahu

Penulis: Muhammad Nuruddin, Mahasiswa Pascasarjana Fak. Ushuluddin, Dept. Akidah-Filsafat, Unv. Al-Azhar, Kairo, Mesir. Koordinator Hiwar. Penikmat buku-buku Tasawuf dan Filsafat

LIKE And SHARE

3 Responses to "Saran Mahasiswa Al Azhar Mesir Ke Umat Kristiani Bandung Yg Diganggu Ormas PAS"

rocky sibarani mengatakan...

Trm kasih atas saran yg sgt bijak ini. Agama kami memang mengajarkan demikian. Semoga umat di bandung dpt melaksanakan saran ini. Tp bukan dgn maksud apapun, hy utk melaks ajaran kami.

Jonathan Meliala mengatakan...

Sebenarnya sama saja dgn umat kami Kristiani yg sering melontarkankan kata-kata hinaan thdp umat Islam, itu juga Kristen SMP, jadi ga usah diambil pusing. Mari kita do'akan teman-teman kita yg masih SMP biar masuk SMA.

Adrianus sitanggang mengatakan...

Kami tak pernah mendapat ajaran dri agama yg kami anut.tk memajangkan di dinding atau tembak,sgla macam y itu.dengan spanduk2 tk membuktikan agama kami itu pemaaf.Tpi kami memang di ajarkan untuk menyebarkan nasihat2 dari kitab suci kami,ke smua umat di dunia ,dengan perbuatan,yaitu sikap,baik di kehidupan sehari2.tsk seperti yg Kalina saran kan.tpi terimakasih sudah meberikan saran Anda.berarti Anda semua juga tau kalau perbuatan itu tidak baik.
Tk.

Posting Komentar