Aktivis Muslimat NU Skak Mat Rizieq Shihab Soal Tuhan Yesus Kok Beranak..??


CeriaNews.com -"TUHAN KOK BERANAK???"
(Penjelasan seorang Muslimah NU kepada Habib Rizieq & para Wahabi yang suka memancing keributan)

 “Kalau Tuhan beranak, yang jadi bidannya siapa?”

Pertanyaan Habib Rizieq ini saya rasa lebih asyik untuk dibahas daripada pernyataan Ahok yang sudah jelas maksudnya apa, yaitu hanya mengkritisi politisi yang memanfaatkan ayat–ayat untuk kepentingannya sendiri.

Berbeda dengan pernyataan Ahok yang memang niatnya bukan menyinggung agama, tapi lebih kepada menyinggung politisi agama; pernyataan Habib Rizieq ini malah masuk ke dalam dan menyentuh dasar keimanan Kristen sendiri.

Namun sayang, sudah terlanjur basah tapi yang keluar hanya pertanyaan dangkal seperti itu. Pernyataan Habib Rizieq kemarin saya nilai tidak berbobot. Bobotnya tidak lebih dari kebanyakan salah paham muslim-muslim yang belum pernah belajar perbandingan agama sebelumnya. Muslim yang sama sekali tidak mengerti dengan apa yang ia bicarakan.

Dia masuk ke dalam, menyentuh dasar, tapi kualitasnya hanya setara dengan pertanyaan anak sekolah minggu / santri kecil. Muslimah seperti saya saja yang suka belajar agama bisa menjelaskannya dengan mudah.

*Siapa sih Yesus itu?*

Pertama–tama kita harus mengerti terlebih dahulu posisi Yesus di mata Kristiani. Ya, lepas dahulu kacamata Islam kita yang penuh dengan doktrin dan ayat-ayat Quran tentang nabi Isa agar dapat melihat dengan jelas perspektif Kristiani terhadap Yesus. (lepasin perspektif islamnya, bukan lepasin agama islamnya yach)

Bagi umat Kristen, Yesus adalah Tuhan yang berinkarnasi (=menjelma) menjadi manusia, bukan manusia yang diangkat menjadi Tuhan seperti yang selama ini disalah pahami ummat Muslim. (Red : menurut perspektif Kristen, manusia tak mungkin jadi Tuhan. Tapi Tuhan Maha Kuasa, jadi Tuhan bisa menjelma menjadi apapun, termasuk menjadi manusia. Menyangkal bahwa Tuhan bisa menjelma menjadi manusia, berarti menyangkal Kemahakuasaan Tuhan)

Hal ini bukan tanpa dasar. Mereka melihat banyaknya nubuatan mengenai kedatangan Messiah, sang pembebas, Tuhan yang mengambil rupa manusia ini dari kitab Taurat, kitabnya para Yahudi. Kitab yang sama yang juga memuat cerita mengenai nabi Adam AS, nabi Ibrahim, dan nabi Musa AS.

Ummat Islam mungkin akan sulit mengerti ajaran Kristen mengenai kodrat ganda Yesus : "sepenuhnya insani" (kamil bi al-nasut), sekaligus "sepenuhnya ilahi" (kamil bi al-lahut) sebagai Kalimatullah.

Agar mengerti, kita mungkin dapat membandingkannya dengan ajaran Islam sendiri mengenai kitab suci al-Quran al-Karim

Bagaimanapun, sebenarnya konsep dalam Kristen ini juga ada dalam Islam, dengan posisi Yesus dalam iman Kristen dibandingkan sejajar dengan posisi al-Qur'an dalam iman Islam.

Perbandingannya bukan Yesus dengan nabi Muhammad. Karena dalam Islam, nabi Muhammad sekedar penerima Firman Allah, padahal dalam Kristen Firman-Nya adalah Yesus itu sendiri
Sebaliknya, posisi nabi Muhammad sejajar dengan Maria (Maryam), karena keduanya adalah "sarana turunnya Firman ke dunia" menurut keyakinan masing-masing.

Secara teologis, keperawanan Siti Maryam juga paralel dengan kebuta-hurufan nabi Muhammad (Nabi al-Ummi). Karena fakta bahwa Maria tetap perawan dan nabi Muhammad buta huruf, menegaskan kemurnian Firman Allah, tanpa intervensi atau campur tangan manusia

Jadi sebenarnya ada hubungan paralel antara keyakinan Kristen mengenai Firman Allah yang menjadi manusia dengan keyakinan Islam akan Kalam Allah yang kekal yang turun menjadi al-Qur'an atau nuzul al-Qur'an.

Kalau Yesus itu Tuhan/Firman Allah/Kalimatullah, kenapa dia butuh makan? Kenapa dia bisa mati? Kenapa.....

Salah satu hal yang sering menjadi olok-olok kepada kaum Nasrani adalah ketika orang awam membenturkan sifat keTuhanan Yesus dengan kodratnya sebagai manusia. Rata-rata karena mereka tidak paham sifat "sepenuhnya insani" (kamil bi al-nasut) dan "sepenuhnya ilahi" (kamil bi al-lahut) yang dimiliki Yesus diatas.

Yesus adalah 100% Allah (dlm kapasitasnya sbg Firman Tuhan) namun juga 100% manusia (dlm fisik insaninya). Sama persis dengan Al Quran yang 100% Kalimatullah dan 100% buku.

Secara fisik mungkin buku tersebut dapat rusak, robek, atau bahkan terbakar sampai habis, bukan? Namun ketika Al Quran rusak secara fisik, apakah artinya Firman Allah juga telah rusak? Tentu tidak.

Yesus pun dalam rupanya sebagai manusia tentu dapat mengalami kerusakan secara fisik - merasakan rasa sakit, lapar, mati (namun bangkit lagi). Tapi kerusakan secara fisik tentu tidak berpengaruh apa-apa terhadap statusnya sebagai Firman Allah. Apalagi sampai hal-hal fisik ini dipandang sebagai bukti bahwa Yesus bukan Firman Allah.

Mungkin lho ya, olok-olok kaum awam ini dipandang oleh umat Nasrani sebagai hal yang tidak lucu sama sekali sekaligus menyedihkan. Bukan, bukan karena mereka sedang tersinggung sehingga merasa olok-olok itu tidak lucu. Tetapi lebih kepada rasa miris karena mengetahui pemahaman pengolok-olok itu terlalu dangkal.
Sama mirisnya ketika kita kedatangan orang yang niatnya menghina Al Quran yang kebetulan ketumpahan kopi: “Iiihh.... Kok lucu sih Firman Allah bisa rusak ketumpahan kopi? Bukan Firman Allah tuh namanya kalau bisa rusak!”.

Kalau kamu dengar olok-olok itu apakah kamu tersinggung? Apakah menurutmu olok-olok itu lucu? Tentu tidak. Kita tidak merasa lucu bukan karena kita merasa tersinggung. Kita merasa tidak lucu karena memang olok-olok itu sangat menyedihkan. Menggunakan sifat2 fisik sebuah buku untuk menyangkal Quran sebagai Kalimatullah adalah sesuatu yang sangat tidak nyambung. Ini menunjukkan dengan jelas kapasitas dan volume otak si pengolok.

Konsep ‘Dualisme’ Yesus (Kalimatullah-manusia) dan Quran (Kalimatullah-buku) ini juga bukanlah sebuah konsep yang dibuat-buat hingga terkesan unik bin antik, dimana suatu hal ternyata dapat memiliki 100% sifat A namun sekaligus juga memiliki 100% sifat B (sesuatu yang menjadi anggota himpunan sifat A dan B yang saling lepas).

Dalam dunia science, cahaya juga memiliki sifat 100% partikel namun secara bersamaan juga memiliki sifat 100% gelombang. Tapi bagaimanapun juga, kita tidak bisa membenturkan segala hasil eksperimen yang menunjukkan bukti cahaya adalah partikel untuk menyangkal fakta bahwa cahaya juga merupakan gelombang. Begitupun sebaliknya.

Hal ini karena memang tidak nyambung. Yang mau diuji apa, parameternya apa
Ibarat kita yang adalah 100% anak ibu, namun juga merupakan 100% anak dari bapak kita. Fakta bahwa hidung kita mirip ibu tidak lantas bisa dipertentangkan untuk menyangkal bahwa kita bukan anak dari bapak. Begitupun dengan fakta bahwa mata kita yang mirip bapak tidak bisa dijadikan bukti bahwa kita bukan anak dari ibu.

Lebih tepat kalau mau mempertanyakan Yesus adalah Tuhan atau bukan, ujilah apakah Ia pernah berbuat dosa atau tidak (karena kodrat manusia adalah berdosa). Dengan unsur Ilahi pada beliau, adakah mukjizat besar yang Ia perbuat dimana mukjizat ini hanya bisa dilakukan Allah sendiri? Membuat sesuatu menjadi mahkluk hidup, misalnya. Dst, dst.

Sama halnya dengan jika kita ingin menguji Al Quran adalah Firman Allah atau bukan. Ujilah apakah Al Quran pernah bertentangan dengan sifat kemanusiaan atau tidak. Apakah ada ayat Al Quran yang isinya memerintahkan perbuatan jahat, seperti mencuri atau membunuh misalnya. Dst, dst.

*Lantas waktu Yesus turun ke dunia siapa yang ngatur alam semesta?*

Mengatur alam semesta tidak ada hubungannya dengan hadirnya Yesus di dunia. Kita ummat Islam juga percaya kan bahwa Allah memiliki sifat omnipotent (maha kuasa) dan omnipresent (maha hadir).

Begitupun dengan umat Kristiani. Saat kita percaya bahwa Allah sedang hadir menjawab doa kita sekarang, tentu tidak perlu menyangsikan kemampuanNya dimana pada saat yang bersamaan Ia juga bisa hadir di tengah-tengah saudara kita di belahan dunia lain. Bukankah Allah itu Maha Kuasa?

*Apakah benar Yesus adalah anak biologis Tuhan?*

Teman-teman harus paham bahwa ummat Nasrani memiliki pemahaman yang sama dengan Islam, yakni Tuhan itu tidak beranak.

Bible tidak mengajarkan Allah melakukan hubungan biologis dengan Maryam sehingga melahirkan allah baru, yaitu Tuhan Yesus Kristus. Inilah pemahaman sebagian umat Muslim yang salah.

Banyak dari mereka menganggap Tuhannya Nasrani itu ada 3: Tuhan Bapa, Tuhan Istri (Maryam), dan Tuhan Anak (Yesus). Mereka yang mempunyai pemahaman demikian, bahwa Yesus anak biologis Tuhan, sulit membedakan antara bahasa figuratif dan bahasa harfiah.
Tapi anehnya, bila mendengar kalimat “Muhammad adalah kekasih Allah” mereka tahu ungkapan tersebut hanya kiasan, sedangkan saat mendengar kata “Anak Tuhan” mereka langsung mengartikannya secara harfiah.

Kiranya kita mengerti bahwa Bible dan orang Nasrani manapun (bahkan bid’ah Nasrani paling melenceng seperti Saksi Yehuwa atau Mormon sekalipun) tidak ada yang mengajarkan Isa Al-Masih adalah hasil hubungan biologis antara Allah dan Siti Maryam!

*Kalau Yesus bukan anak biologis Tuhan, trus kenapa dia disebut “Anak Tuhan”?*

 Anak Tuhan itu hanyalah istilah, sayang. Sama halnya dengan anak kunci atau anak tangga. Kunci dan tangga tidak melahirkan anak kunci dan anak tangga bukan?

Istilah “Anak Tuhan” disematkan kepada Yesus dalam kapasitasnya sebagai manusia. Patut dipahami oleh ummat Islam bahwa istilah anak Tuhan tersebut tidak hanya terbatas untuk Yesus saja. Tiap individu umat Nasrani menyebut dirinya anak Tuhan, oleh karena itu mereka memanggil Tuhan mereka dengan sebutan “Bapa”. Istilah anak dan Bapa ini digunakan untuk menunjukkan kedekatan ummat Nasrani dengan Tuhannya. Layaknya seorang bapak yang memelihara, membimbing, melindungi, dan mendisiplinkan anaknya, begitu pula sikap Tuhan pada ummatNya.

Akhirul kalam, seperti itulah Yesus. Bagi umat Nasrani dia adalah Tuhan yang menjelma menjadi manusia. Jadi tidaklah heran dalam dirinya terkandung atribut-atribut illahi yang tidak dimiliki oleh siapapun, bahkan oleh nabi manapun, seperti dapat menghidupkan orang mati.

Pun demikian, sosoknya tidaklah lepas dari sifat-sifat kemanusiaan (karena Ia memang menjelma menjadi manusia) seperti dapat merasakan rasa sakit, kantuk, lapar, sekaligus atribut anak Tuhan juga tersemat padanya, sebagaimana umat yang mengenal Allah.

Sementara itu, kita ummat Islam memandang Yesus adalah suci (QS 19:19), dapat meniupkan nafas kehidupan pada tanah liat hingga menjadi burung (QS 3:40), dan banyak hal senada lainnya.
Hendaknya dari hal-hal yang sudah saya paparkan diatas dapat membantu teman-teman untuk memahami iman saudara kita yang beragama Nasrani, sehingga rasa saling menghormati dapat lebih terjalin. Aamiin...

(Aisha Nurramdhani)

49 Responses to "Aktivis Muslimat NU Skak Mat Rizieq Shihab Soal Tuhan Yesus Kok Beranak..??"

FREDFLIX mengatakan...

Ibu lua biasa pemahaman yg murni. TERIMA KASIH sy yg Nasrani merasa Ibu mewakili kami menjawab semua yg selama ini hanya kami yg mengetahui dan kami tdk berniat mempertentangkan benar atau salah...karena pernyataan dan penjabaran seseorg kt dpt melihat kapasitas pemikiran seseorg tersebut. Sekali lg Terima kasih..salam Hormat buat ibu...

fredy kurniawan mengatakan...

Saya hanya meluruskan "Tuhan Bapa, Tuhan Istri (Maryam), dan Tuhan Anak (Yesus" kami biasa menggunakan TRI TUNGGAL MAHA KUDUS yaitu Allah Bapa, Allah Putra(YESUS) DAN Allah Roh Kudus. Jadi tidak ada Istilah Tuhan Istri (Maryam), Maryam yang lebih kami kenal sebagai Bunda Maria.

Hanya itu saja yang kami luruskan, agar tidak ada pemahaman liar lagi dari tulisan tersebut.

Terimakasih atas pemahaman ibu tentang yang kami Imani.

Tuhan Memberkati Ibu dan Seisi Rumah Ibu.

hana novi christinawaty mengatakan...

ibu Aisha paham kok pak.. yang ditulis ibu aisha itu pemahaman salah pada umumnya.. dan sudah di luruskan ibu aisha pada kalimat selanjutnya.

Nelson Simatupang mengatakan...

"Lebih tepat kalau mau mempertanyakan Yesus adalah Tuhan atau bukan, ujilah apakah Ia pernah berbuat dosa atau tidak (karena kodrat manusia adalah berdosa). Dengan unsur Ilahi pada beliau, adakah mukjizat besar yang Ia perbuat dimana mukjizat ini hanya bisa dilakukan Allah sendiri? Membuat sesuatu menjadi mahkluk hidup, misalnya. Dst, dst."....tq

Junaedi mengatakan...

Dalam banget mbak pengetahuan terhadap agama keristennya. Tapi pemahan terhadap agama islam nya terasa aneh. Ko mbak mengartikan ummy sebagai buta hurup. Nabi muhammad sebagai rosul Allah tidak mungkin buta hurup. Salah satu sifat yang wajib bgi rosul kan salah satunya fathanah yaitu cerdas apa mungkin orang cerdas pintar buta hurup.

leonard Kitu mengatakan...

LUAR BIASA. JUJUR SAYA SEBAGAI SEORANG NASRANI SANGAT TERPUKAU DENGAN PEMAPARAN DARI IBU MUSLIMAH INI. BEGITU DALAM DARI DASAR DAN PENUH HIKMAT PEMAPARANNYA. SAYA YANG SEJAK LAHIR MENJADI SEORANG NASRANI BELUM TENTU MEMPUNYAI PEMIKIRAN SEDALAM IBU INI. TERIMAKASIH IBU, SAYA DI BANGUNKAN DARI KETERLENAAN SAYA SELAMA INI, DENGAN SEGENAP HATI SAYA MAU MENGAKUI BAHWA YESUS KRISTUS/MABI ISA ALMASIH ADALAH TUHAN DAN JURUSELAMAT SAYA SECARA PRIBADI. ITULAH KEYAKINAN SAYA YANG AKAN YERUS TERPELIHARA HINGGA AJAL MENJEMPUT. TRIMAKASIH IBU, IBI SUDAH MEMBUKA MATA SAYA. KIRANYA TUHAN EBERKATI IBU SEKELUARGA. AMIN

Tony Jakson mengatakan...

Luar biasa pemahamanan penulis ini, so wise.

Tony Jakson mengatakan...

Luar biasa pemahamanan penulis ini, so wise.

ihsan sarjan mengatakan...

Elloy... elloy... lamma sabakti?
Itu kata" menandakan semua tidak satu, menurut saya, coba minta pendalemanx.. sebuah kalimat/ucapan/firman yang menyatakan dirinya berbeda, dirinya ditinggalkan, apakah partikel cahaya bisa meninggalkan gelombang cahaya

Wa Ode Dwi Juliart Putri mengatakan...

Saya bingung, sepertinya si ibu lebih paham Tentang kristen dibandingkan tentang islam :D

Ridho Kurnia mengatakan...

Mungkin mbake paham semua agama

Ridho Kurnia mengatakan...

Mungkin mbake paham semua agama

Cuba-cuba mengatakan...

Mantep berbobot, Jadi nambah ilmu, buat yang lain kitab sucinya dibaca jgn cuma disimpan. Datang ke tempat ibadah cuma duduk diam pulang. Ngak ngerti apa2.

Densus87 mengatakan...

Akhirul kalam, seperti itulah Yesus. Bagi umat Nasrani dia adalah Tuhan yang menjelma menjadi manusia.

Di Islam disebutkan Allah SWT tdk menyerupai mahluknya (mulai dr awal penciptaan dunia dan isinya sampai hari kiamat/akhir tdk ada yg menyerupai/menyamai baik dari sifat atau fisiknya Allah SWT)

Mohon penjelasan
Wassalam...

Kenzo Alexander mengatakan...

Terima kasih Bu untuk pemaparan dan penjelasan nya. Saya heran di bagian komentar justru kenapa banyak yang meng kritik Ibu dari kalangan agama Ibu sendiri ya? Bukankah seharus nya kita mensyukuri ada nya orang yang mau menengahi jurang pemisah antara kita selama ini.

lintang venusita mengatakan...

Hebat sekali Bu, saya merasa penjelasan ini luar biasa bermanfaat. Tuhan Yesus memberkati Ibu dan keluarga

Efan Andy mengatakan...

Terimakasih karena ibu sudah berusaha untuk mewakili umat Nasrani yang percaya dan yakin akan juru selamat manusia yaitu Yesus Kristus, sekiranya kami tidak begitu mempersoalkan apa yang menjadi bahan olokan orang tidak percaya. Karena kami yakin bahwa kalau sudah saatnya bukan kami yang menghakimi melainkan Dia sendiri yang akan turun tangan atau memakai orang yang tepat menurut Ia.
Mungkin ibu salah satunya....

Tuhan memberkati,...

Kemas Mighael Tantra mengatakan...

Sebuah Pencerahan yg Baik !

Gabriella Alexandra mengatakan...

Sepintar2nya kita mencoba memahami Tuhan, kemampuan kita tidak akan pernah bisa benar2 memahaminya, teman. Saya tidak bisa menjelaskannya karna saya tidak begitu baik dalam menyusun kata2 agar anda paham. Tapi dengan iman yang saya punya, saya yakin benar dengan maksudnya itu bagaimana. Intinya, kembali pada kalimat utama saya. Dia Tuhan, apalah kita manusia berdosa ini? Kemampuan kita tidak akan pernah bisa memahami Allah seutuhnya.

Ahmad Fikri Fikri mengatakan...

Ngawurrr ngawurrrr. ..


Jauuuuuuuuuuuuuhhhh banget dengan kenyataan..

Antum belajar dulu bagaimana isi Al-Qur'an yang sebenar nya..

Aneeeehhh aneeeeh...

Kami.sebagai Islam mengakui bahwa Nabi Isa AS itu maaih hidup dan belum mati..

Kami sangat membela. Nabi Isa dan ibundanya Mariam ..

Nnti ketika dajjal sudah turun ke bumi cuma Nabi Isa yang bisa membunuh dajjal..

Ya Allah..

Ngauurrrrr bngt pernyataan di atas..

Ahmad Fikri Fikri mengatakan...

Ngawurrr ngawurrrr. ..


Jauuuuuuuuuuuuuhhhh banget dengan kenyataan..

Antum belajar dulu bagaimana isi Al-Qur'an yang sebenar nya..

Aneeeehhh aneeeeh...

Kami.sebagai Islam mengakui bahwa Nabi Isa AS itu maaih hidup dan belum mati..

Kami sangat membela. Nabi Isa dan ibundanya Mariam ..

Nnti ketika dajjal sudah turun ke bumi cuma Nabi Isa yang bisa membunuh dajjal..

Ya Allah..

Ngauurrrrr bngt pernyataan di atas..

Dian Juwita mengatakan...

Memang Nabi Isa blm mati lbh tepatnya Dia kekal krn Dia Tuhan mnrt kami umat Kristiani.. Nanti pas dajjal/antichrist trun memang Yesus atau Nabi Isa yang akan melemparkan dajjal dan pngikutny ke neraka. Memang benar kt2 anda jg.

Anfield Ricardo mengatakan...

tolong artikelnya dibaca lagi sampai paham mas

dari awal juga kan sudah diberitahu artikel ini membahas dari perspektif Kristen bukan dari perspektif Islam

anonymous mengatakan...

Ora ngerti lagune, ora ngerti judule, sing penting aq joget wae *dung dung tek tek*

Lhia Yian mengatakan...

bener,,,mgkn ibu yg memaparkan itu dlm study prbandingan agama..tolong bu..kmbli kpda keyakinan msing2.jgn mmbuat prbedaan apa lg prbndingan sprti ini.keimanan seseorg n bgaiman TUHANNYA ckp mnusia dan TUHAN yg tw.jka ada org2 yg blm pham krn smua org tdk sm bu.ada ALLAH SWT bu...DIA tw apa yg trjdi ckp skrg ,msing2 dr kita mningkatkan ibadah jg keimanan kita.mksihh..maaf sblx!!

Beni Kristanto mengatakan...

Itulah mukjizat Allah kpd nabi muhammad saw. Walaupun buta huruf tapi diberikan kepandaian melebihi kapasitas orang biasa

Faisal Reza mengatakan...

Begini saudari Aisha. Dalam Kristen banyak sekali pengertian ttg Yesus anak Tuhan. Tapi memang pengertiannya bukan Yesus dilahirkan oleh Tuhan tapi salah satunya adalah penjelmaan Tuhan tapi juga ada yg mengartikan adalah memang bener anak Tuhan, meski tidak melalui proses secara biologis, seperti pada penjelasan surat matius yg menyatakan ttg 'son of God' meski sepertinya ada lain pemaknaan bhw son of god diganti dgn GOD the SON di galatia 2:20.

Jadi memang pemaknaanya banyak tapi iya orang kristen juga beranggap bhw Yesus memang bener2 anak Tuhan seperti yg dikatakan Al Qur'an, meski tidak dilahirkan secara fisik biologis. Maksud saya Qur'an mengkritik orang nasrani (bukan bible) yg menganggap bhw Yesus itu anak Tuhan (dalam Qur'an padahal tidak begitu maksudnya).

Juga ada beberapa perbedaan pendapat di kalangan atas kristen ttg Mary itu juga dikatakan punya sifat keTuhanan juga ada yg bilang tidak. Jadi memang banyak konsep di sekte2 Kristen itu Sendiri.

Saya menanggapi anda dgn Al Qur'an itu sendiri yg punya dikatakan dari firman Tuhan. Iya firman Tuhan itu suci tapi Qur'an sendiri benda biasa. Ini tidak sama dgn Yesus sebab Yesus dalam bentuk fisiknya juga sudah Tuhan yaitu sebagai Tuhan anak dan yesus pun suci.

Jadi di Kristen juga menyebut Injil firman Tuhan ini baru sama dgn Qur'an yg firman Tuhan. Injil dan Qur'an itu benda biasa tapi firman Tuhannya yg suci.

Sdgkan Yesus dalam fisiknya juga sudah suci dan ketika katanya disalibkan utk menebus dosa umat yg percaya maka juga suci. Apapun bentuknya jesus itu suci. Jadi anda tidak bisa mempersamakan dgn kitab Al quran atau kitab injil dan firman Tuhan dalam penjelasan kesucian betuk fisik dan ruh dari yesus itu sendiri.

Jadi anda salah disana.

Masalah Habib Rizieq: begini kita harus melihat konteksnya, iya saya setuju dgn pendapat beliau ttg AHOK, dari mempelajari berbagai tafsir, sirah Nabi Muhammad serta praktek dari para sahabat. Jadi saya setuju dgn Habib Rizieq.

Tapi setelah saya melihat Habib rizieq yg dikatakan penodaan itu memang saya kira dia juga ada mengolok2 nya meskipun kalau kita lihat video itu secara penuh, sebenrnya beliau justru menghimbau ke Umat Islam utk mensucikan aqidahnya dgn menghindari apapun dari perayaan natal tapi tidak membolehkan utk bertindak agresif kepada orang yg merayakan Natal. Tidak boleh kita mensweeping orang merayakan ritual natal bagi yg mempercayainya itu kan himbaunnya di Video nya.

Tapi betul Habib disitu ada indikasi mengolok2 iman kristen dalam perkataaan 'Bidannya'. Saya tahu Habib itu paham ttg Bible, saya yakin itu, dan dia tahu bhw yesus menurut orang kristen tidak lahir secara biologis meski orang kristen meng imani bhw Yesus adalah bener2 anak Tuhan, dari yg saya sebutkan sebelumnya.

Jadi menurut saya tidak mengapa utk dilaporkan karena ini memang sepertinya bisa melanggar pasal2 SARA di Indonesia. Saya kira habib juga pernah dipenjarakan tahun 2013 dulu jadi tidak ada masalah. Kalau salah ya salah, dan saya kira Habib akan legowo kalau memang terbukti bersalah tetapi saya minta agar FPI juga legowo.

Saya kira tidak mengapa: Lihat ini orang2 non-muslim pun bisa melaporkan orang kuat saat ini dalam artian habib rizieq yg lagi naik daun yg bisa mengumpulkan jutaan umat di 411 dan 212. Justru ini peluang bagi Indonesia yg bener2 melindungi semua umat.

Da bagi saya ini justru bagus bagi Habib sendiri kalau beliau legowo dan saya dengar dia akan legowo dan tidak ada masalah kalau memang dilaporkan bersalah.

begitu dari saya.

Salam

faisal

Kal El mengatakan...

ini kan membahas masalah perspektif agama kristen mbak, bukan islam. jd wajarlah kalau yg dibuka itu ttg agama kristen, lagian themanya kan sudah jelas diatas..

Nilo Efendi mengatakan...

Semoga mendapat Pencerahan sekaligus ada pertobatan massal di NKRI

Parulian Gleand Munthe mengatakan...

Wah, luar biasa penjelasannya mbak.. kita mempunyai banyak pemikiran, keyakinan, keimanan yang berbeda, tpi jangan lupa bahwa kita ini Indonesia, Bhineka tunggal ika, berbeda tapi satu.

begguk joe armstrong mengatakan...

Luar biasa mbak, tp terlalu ribet menurut saya. Bagi saya, satu ayat saja sudah bisa menjelaskan siapa Jesus/Isa.

Matius 15:24 TB (1974)
Jawab Yesus:"Aku DIUTUS hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel.''

Semoga anda paham dg apa yg saya maksut dg huruf kapital di atas.
Dan saya bukan simpatisan Habib Rizieq.
Terima kasih....

Ferry Lim mengatakan...

Luar biasa !

Andre Sinaga mengatakan...

Memang betul Tuhan itu tidak menyerupai mahluknya
mahluknya itu siapa? mahkluknya itu malaikat, manusia, hewan, bahkan tumbuhan. Kami pun Kristen percaya kalau Tuhan itu tidak menyerupai mahluknya.
maka itu Yesus atau Isa Al-Masih itu harus menjelma kalau tidak menjelma manusia itu tidak akan bisa menerima kedatanganNya karena tubuh manusia masih penuh dengan dosa.

Faisal Reza mengatakan...

Tidak ada masalah itu kepercayaan kristiani. YG dikatakan mbak Aisha tapi menutupi Kepercayaan Kristian kalau bener2 percaya bhw Yesus anak Tuhan.

Tapi sayang Tuhan tidak dari dulu2 menjelma ini manusia, koq bukan Adam, Koq bukan Uzair, Kog bukan Melkisedik Koq bukan Musa, sedangkan dosa pun sudah ada sejak adam.

Mgkin pembahasan ini ttg Kristen dan Islam bisa menilik banyak diskusi2 ttg Kristologi siapa YEsus dsb dsb, tapi tidak bisa dikaitkan dgn pernyataan Habib ttg perbedaan Islam dan Kristen dalam melihat Yesus.

Ceramah habib kaitannya dgn keimananan ISlam dalam melihat hari natal dan tolerasnsi utk kepada umat kristiani. Tapi saya memang ada indikasi MOCKERY disana dalam kalimat 'siapa bidannya'.

Saya kira semoga ini memang scope nya ranah hukum karena kemungkinan memang ada pelanggaran pasal2 SARA di Indonesia.

chrisnoven mengatakan...

Pribadi Yesus, Allah Bapa dan Roh Kudus masing terpisah. Yesus bukan Allah Bapa, Allah Bapa bukan Roh Kudus, tapi mereka satu sebagai Tuhan. Perbandingannya kalau manusia itu satu mahluk sebagai manusia dan satu pribadi. Sedangkan Tuhan itu satu mahluk yaitu TUHAN tapi punya 3 pribadi. Ketiga pribadi Tuhan ini tidak bertindak sendiri sendiri tapi satu tujuan. Karena itu disebut Trinity, tiga pribadi yang merupakan satu esensi yang sama dan tidak ada yang lebih tinggi dari yang lain.

Tuhan, Tuhan mengapa engkau meninggalkan aku? Bukan berarti Yesus ditinggalkan oleh Bapa dan Roh Kudus. Yesus sendiri tau kalau Dia harus mati disalib, bahkan sebelumnya Yesus telah menubuatkan tentang kematian dan kebangkitannya. Kalimat diatas merupakan petikan dari Mazmur 22, nyanyian Nabi Daud yang juga merupakan nubuatan tentang penyaliban dan keselamatan daru TUHAN. Yesus ingin memberitahu bahwa nubuatan itulah yang digenapi saat penyaliban Yesus.

zulkarnaini junet mengatakan...

jangan kemana mana comenya,,,tinggal jawab aja siapa,,,,gitu aja kok repot!!!dia kan tanya ya udah jawab aja biar klir ya kan?

chrisnoven mengatakan...

Ini Ayat selanjutnya, Matius 15:25
Tetapi perempuan itu mendekat dan MENYEMBAH Dia sambal berkata:"TUHAN, tolonglah aku."

D.D Rifaii mengatakan...

Bacalah dengan Hati yng Ikhlas/tunjukan hati kpda Allah swt..maka anda akan mengunyahnya "pemahaman tsb diatas seblum mengatakan "kritikan " andasendiri..

kentus mengatakan...

Yg sejuk seperti ini yg enak didengar itinya saling menghormati gitu aja...damailah negriku INDONESIA dengan kebhinekaanya...Amin

The Diary of Survivor mengatakan...

Fikri...makanya otak tuuh dipake bukan otot...orang bodoh itu ya begini gak bisa dan gak mau belajar, maunya ngeyel...baca, makanya...iqro, ooy!! Susah memang otak udang!!

Yosefina Yosie mengatakan...

Damai Indonesiaku.Tuhan Memberkati kita Semua.

Imam sukoco mengatakan...

tidak sepantasnya kita mengomentari agama
"agama mu agamamu agamaku agamaku "
indonesia bhineka tunggal ika
kita kokoh dan tidak akan terkalahkan
kita rundtuh sama bangsa yg berkhianat
jaga kebhinekaan karna itu yg akan jadi modal NKRI jadi negara terbaik

MOH. M. YUSUF mengatakan...

HABIB RISIEQ ITU SEBENARNYA SEORANG BUTA HURUF YANG MEMAKSAKAN DIRI UNTUK MENJADI ORANG HEBAT... DIA ITU SIAPA SIH, MAU NGANCURIN NKRI PAKAI GAYA HABIB KEPALSUANNYA GITU?....UMAT ISLAM TAK PERNAH DIAJARKAN UNTUK MEMPERSOALKAN KEYAKINAN AGAMA LAIN....SEINGAT SY, SBLM FPI TERBENTUK DI INDONESIA,,,NKRI TERASA SANGAT NYAMAN. TETAPI SETELAH FPI DIBENTUK DAN DIIJINKAN OLEH PEMERINTAH UNTUK MENGATASNAMAKAN ISLAM DALAM AKSI2 PEMBELAAN AGAMA, NKRI SEMAKIN HANCUR....FPI HARUS DIBUBARKAN....JANGAN MENGATASNAMAKAN AGAMA ISLAM UNTUK MELAKUKAN HAL-HAL LEJI DAN HARAM...

Reyfal Bran mengatakan...

Bubarkan fpi.. Sakit lho kalau sempat indonesia hancur. Sakit lho klu terjadi perang akibat orang munafik.. Bayangkan aja lo yg kena paku aja dah sakit nya gak kebayang..

Reyfal Bran mengatakan...

Orang munafik slalu mengatas namakan agama.. Hati2 bagi Penjahat yg mengatas namakan agama. Bnyk orang yg tak berdosa bisa jdi korban.

njlajahweb mengatakan...

Wahyu
2:18 "Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Tiatira: Inilah firman Anak Allah, yang mata-Nya bagaikan nyala api dan kaki-Nya bagaikan tembaga:
2:19 Aku tahu segala pekerjaanmu: baik kasihmu maupun imanmu, baik pelayananmu maupun ketekunanmu. Aku tahu, bahwa pekerjaanmu yang terakhir lebih banyak dari pada yang pertama.
2:20 Tetapi Aku mencela engkau, karena engkau membiarkan wanita Izebel, yang menyebut dirinya nabiah, mengajar dan menyesatkan hamba-hamba-Ku supaya berbuat zinah dan makan persembahan-persembahan berhala.
2:21 Dan Aku telah memberikan dia waktu untuk bertobat, tetapi ia tidak mau bertobat dari zinahnya.
2:22 Lihatlah, Aku akan melemparkan dia ke atas ranjang orang sakit dan mereka yang berbuat zinah dengan dia akan Kulemparkan ke dalam kesukaran besar, jika mereka tidak bertobat dari perbuatan-perbuatan perempuan itu.
2:23 Dan anak-anaknya akan Kumatikan dan semua jemaat akan mengetahui, bahwa Akulah yang menguji batin dan hati orang, dan bahwa Aku akan membalaskan kepada kamu setiap orang menurut perbuatannya.

Nama Samaran mengatakan...

Penjelasan yang Luar biasa, Tuhan Yesus memberkati.

Marsianus Dahlan mengatakan...

Luar biasa.
Terimakasih.

"Bhineka tunggal ikha" itu semboyan kita NKRI.

tezard alfattah mengatakan...

ketawain aja dah yg komen aneh2 disini, d baca itu d pahami.
di artikel ini membahas dengen perspektif kristen, bukan islam.

Posting Komentar