Ibu Ini Ungkap Kejanggalan Yg Dirasakannya Pada Ceramah Sejuk Aa Gym di ILC 8 Nov! Share!

Ibu Ini Ungkap Kejanggalan Yg Dirasakannya Pada Ceramah Sejuk Aa Gym di ILC 8 Nov! Share!

CeriaNews.com - Acara ILC pada tanggal 8 November 2016 bertemakan "Setelah 411" dihadiri beberapa narasumber. Salah satu yang mendapatkan kesempatan berbicara adalah Ustad Aa Gym. Beliau memberikan pernyataan terkait 4 Nov. Kebanyakkan orang menilai pernyataan Aa Gym disampaikan dengan adem dan sejuk.

Namun Ibu Emmy Hafild merasakan ada kejanggalan terhadap pernyataan tersebut kemudian menuliskan pada halaman facebook pribadinya. Melihat dari komentar yang masuk, banyak juga yang setuju dengan pendapat Ibu Emmy Hafild. Berikut tulisan Ibu Emmy Hafild dalam merespon pernyataan Ustad Aa Gym di ILC:


Saya sebenarnya tidak mau berkomentar soal kasus penistaan agama di laman ini. Saya bukan ahli agama dan buat saya itu nggak penting-penting amat. Tapi kali ini saya merasa harus menulis tentang komentar AaGym tadi malam di ILC yg saya amati videonya pagi ini.

Pernyataan AAGym pada acara ILC tanggal 8 November itu bahaya sekali karena dinyatakan dengan halus dan sopan, pakai rasa, tapi sebenarnya menyesatkan. Saya memberanikan diri menulis ini bukan karena saya sebagai pendukung Ahok khawatir Ahok kalah, tetapi sebagai umat Islam yang sangat awam yang merasa terusik dengan nuansa yg dipakai oleh Aa Gym dalam pernyataanya kemarin. Ilmu keIslaman saya cetek sekali, tetapi berusaha mengerti berdasarkan logika mengapa kasus ini meledak seperti ini. Saya melihat mengamati video Ahok yg dihebohkan itu sepanjang satu jam lebih dari awal sampai akhir sebelum ada postingan Buni Yani yang kemudian heboh itu.

Begini logika saya yg bodoh soal agama ini:

1. Bahwa larangan Al Qur'an makan babi ayat 3 disamakan dengan ayat 51, itu seperti membandingkan jambu dengan mangga. Yg satu namanya perintah yg tidak bisa ditafsirkan seperti shalat 5 waktu, puasa di bulan Ramadhan, naik haji dsb atau larangan membunuh, mencuri (ada 10 larangan yg masuk dalam dosa besar). Yg satu (Al Maidah 51) ayat yg pelaksanaannya memerlukan tafsir ( karena diturunkan dalam konteks perang). Ini sama misalnya dengan :pencuri dipotong tangannya atau pembunuh harus dibunuh. Perintah ini tidak dilaksanakan di semua masyarakat Islam, hanya diterapkan di Arab Saudi.

Artinya apa? Ada tafsir yg berbeda untuk ayat tersebut. Sama seperti Al Maidah 51 tidak semua ulama menafsirkan sama, perbedaan penafsiran itu dapat terjadi, seperti sekarang. Oleh karena itu ada pemimpin yg beragama lain dipilih, diangkat atau ditunjuk oleh masyarakat yang mayoritas Islam. Itu sah saja. Tapi kalau soal larangan makan babi, pasti dilaksanakan di seluruh masyarakat Islam. Kok dibandingkan sih?

2. Dia membandingkan pernyataan Ahok sebagai pedagang yg jualan daging babi melarang orang percaya dengan ayat Al Qur'an supaya jualan babinya laku. Menurut dia: konteks Ahok menyatakan jangan mau dibohongi pakai ayat Al Maidah 51, adalah supaya masyarakat tetap memilih dia. Padahal konteksnya justru berbeda, yg dinyatakan Ahok kira-kira: "bapak ibu jangan ragu -ragu untuk menerima bantuan ini karena dalam hati nggak mau milih saya karena dalam hati kecil bapak ibu, percaya kepada orang-orang yang membohongi pakai ayat Al Maidah 51, terus jadinya ragu-ragu untuk terima bantuan ini. Kalaupun bapak ibu tidak milih saya tidak apa-apa, terima saja bantuan ini, karena walaupun saya tidak terpilih, saya tetap jadi Gubernur sampai Oktober tahun depan. Jadi ibu jangan ragu-ragu ya, terima saja".


Konteks yg diceritakan Aa Gym itu sangat berbeda (beli daging babi dianalogikan sebagai milih Ahok) dengan konteks Ahok yang mengatakan tidak milih dia pun tidak apa-apa, terima saja bantuannya (analoginya nggak beli daging babi dari saya karena percaya kepada orang-orang yang membohongi pakai ayat Al Maidah 51, nggak apa-apa) . Memang lebih baik kalau Ahok tidak menyinggung soal Ayat 51, itu sudah cantik deh. Tapi pernyataan sudah keluar dan dia sudah minta maaf. Menyatakan konteks pernyataan Ahok sebagai pedagang babi itu menurut saya yang bodoh ini justru menyesatkan umat. Ahok berbicara itu tidak dalam rangka agar dia dipilih kembali tapi dalam rangka agar masyarakat tidak ragu-ragu menerima program Gubernur walaupun mereka tidak memilih dia. Itu seperti siang dan malam bedanya, bagi yg melihat video komplit.

3. AA Gym seolah mengatakan toleransi beragama tapi sebenarnya tidak seperti perkataannya: "semua orang berada di kotaknya, jangan keluar dari kotak masing-masing". Jadi posisi dia sebenarnya masyarakat yg terkotak-kotak. Jadi kalau saya bilang kepada umat Katholik: " mau saja dibohongi kalau pastor itu selibat, mana bisa manusia selibat, itu kan alami, makanya ada skandal seks di lingkungan gereja.." menurut AaGym nggak boleh saya bicara seperti itu. Karena saya tidak boleh keluar dari kotak saya. Saya orang Islam tidak boleh mengomentari orang Katholik. Padahal saya sering sekali ngobrol dengan teman-teman saya orang Katholik soal itu, secara serius atau becanda karena saya sekolah di SMA Katholik. Di mata saya yang bodoh ini, masalah toleransi di masyarakat yang majemuk adalah masalah kuping tebal dan kebesaran hati bukan masalah kuping tipis dan cepat tersinggung.

4. Dia bilang mau minta keadilan tapi menekankan adil yang dimaksud itu adalah yang sesuai dengan keinginannya: Ahok dihukum dan dipenjarakan ( disuarakan dalam demo bukan oleh AaGym di ILC). Dan menyatakan Presiden tidak bereaksi atas permintaan adil itu. Oleh karena itu demonstrasi dilakukan untuk meminta keadilan ditegakkan ( tangkap dan hukum Ahok). Ini bahaya, karena mendiktekan hasil akhir dari proses hukum. Kalau hasil akhir proses hukum Ahok dinyatakan tidak bersalah, lalu apa? Presiden intervensi? Hukum tidak adil?

Ini bahaya besar kalau di negara demokrasi, hukum didikte oleh tekanan massa menurut kaca mata sekelompok orang.

5. Fakta bahwa Ahok sudah minta maaf tidak dibahas sama sekali oleh Aa Gym. Apakah orang Islam itu pendendam? . Padahal ada beberapa ayat dalam Al Qur'an tentang maaf, sabar, menahan amarah, dan bahwa Allah memberikan penghargaan dan pengampunan apabila umatnya dapat memaafkan, karena hanya Allah yg menentukan kesalahan seseorang. Allah Maha Pengasih lagi Penyayang. Itulah dasar dar Islam Rahamatan lil Alamin.

6. Saya juga bingung, kenapa AaGym dan ulama-ulama itu, tidak memobilisasi umatnya untuk menentang korupsi? Katanya sumbangan datang datang dari mana-mana sampai berlebihan, bingung duitnya mau dipakai apa. Kalau memang mempunyai kekuatan memobilisasi massa ( katanya kalau tidak ditahan ada 10 ribu yg mau ikut) kenapa tidak memobilisasi massa untuk gerakan anti korupsi? Karena sebagai orang Islam di negara yg populasi Muslimnya di satu negara terbesar di dunia, saya malu, kok Indonesia salah satu negara terkorup di dunia. Saya merindukan ratusan ribu umat Islam turun ke jalan meminta Presiden Jokowi untuk memberantas korupsi. Akhirnya saya yg bodoh ini bertanya ada apa sih dengan penceramah agama ( yg kemudian ngaku ulama) di Indonesia?

Omongan Aa Gym dilakukan secara halus dan sopan tapi implikasinya sama saja dengan Rizieq: penistaan agama, hukum Ahok dan jatuhkan Jokowi kalau tidak menghukum Ahok, dalam konteks Pilkada. Nggak ada urusannya dengan kemaslahatan umat. Tidak mencerminkan Islam yg Rahmatan lil Alamin.

Bahaya besar ....


Sumber: FB Ibu Emmy Hafild & CeriaNews.com

Silahkan dishare jika berkenan ,terima kasih.

69 Responses to "Ibu Ini Ungkap Kejanggalan Yg Dirasakannya Pada Ceramah Sejuk Aa Gym di ILC 8 Nov! Share!"

  1. Sy sependapat dgn ibu ini,krn sy jg sdh nonton live ILC di tvone tsb,anda bnr bu.tp apakah org2 sependapat dgn ibu?yg jls skrg org2 sdh dgn emosi bukan nalar lg utk menanggapi masalah ini,sdh tdk berusaha cr tau asal usulny terlbh dahulu,lgsg mnghujat,lgsg emosi,serta fitnah dan dgn semua cara dilegalkan,asal ahok semuany salah.hrsny hal seperti ini sdh damai dan tdk diperpanjang,minta maaf adalah seorg yg bijak dan berani,konstekny pak ahok itu jelas,orgny yg dituju bukan ayat.setelah diplintir sm sdr Buni yani br jd rame.komentar apapun tetap bersifat pro dan kontra,jd kita serahkan sm petugas hukum yg bijaksana bpk kapolri"pak Tito"tuk menyelesaikan masalah ini,jelas polri tdk bs kita intervensi,hasilny apapun harus kita terima dgn lapang dada.sy berharap mencapai perdamaian dan kerukunan masyarakat indonesia,NKRI hrs kita jaga seutuhny smp kpnpun.intiny biarlah hukum berjln,bukan kita saling mnghujat sesama yg mengeluarkan statement2 yg saling menjatuhkan,salam damai dr sy warga masyarakat DKI jkt.trima kasih..

    BalasHapus
  2. Bagi sy biasa sj...utk apa dipermasalahkan kalo memang kt mrasa bodoh dan kurang faham ttg agama yaaa utk apa komentar...kalo mo komentar mikir dulu lah...ibarat kt yg punya rumah pasti kt yg tau tp kalo org lain smpe tau yaaa sok tauuu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Simple... sederhana dan mengena.... berarti diam lebih baik kalau memang tidak tau... merasa tidak perlu komentar karena ga penting2 amat, kalo komentar... berarti merasa punya kepentingan... hehe..

      Hapus
    2. Simple... sederhana dan mengena.... berarti diam lebih baik kalau memang tidak tau... merasa tidak perlu komentar karena ga penting2 amat, kalo komentar... berarti merasa punya kepentingan... hehe..

      Hapus
  3. Pidato bang Ahook sdh terjadi dan Blunder. Cuman beberapa pihak menganggap tdk serius dan tulus seperti pak Jokowi yg mendatangi ormas2 islam besar utk silaturahmi dan saling maaf memaafkan. Tdk ada kata terlambat utk saling maaf memafkan. Lebih cepat kebih baik.!!?? Proses hukum tinggal tunggu endingnya saja.

    BalasHapus
  4. Well... Ahok mau benarpun pasti di salahkan. Jadi mau benar atau salah si Ahok pasti dihujat, dibenci, di demo krn beliau seorg Kristen, keturunan, alias minoritas di negara ini. Bangsa kita msh belajar berdemokrasi.. doakan saja semoga bangsa kita ini spy tahun2 kedepan sdh bisa berdemokrasi dgn benar. Salam demokrasi !!

    BalasHapus
  5. Saya dpt kiriman sejumlah link berita ttng seseorang yg selalu menyalahkan pihak lain. Siapakah seseorang itu, dpt disimak pada link berita berikut.

    *GUE YANG PALING BENER*....!!!

    -salahkan BPK
    http://metro.news.viva.co.id/news/read/674944-telat-ajukan-raperda--ahok-salahkan-bpk
    http://touch.metrotvnews.com/read/2015/07/23/414906

    -salahkan Mendagri
    http://megapolitan.kompas.com/read/2015/10/03/11520011/Penyerapan.Anggaran.DKI.Terendah.di.Indonesia.Ahok.Salahkan.Kemendagri

    -salahkan presenter TV
    http://news.okezone.com/read/2015/03/24/338/1123586/bicara-kotor-ahok-salahkan-presenter-tv

    -salahkan Ali Saidikin
    http://touch.metrotvnews.com/read/2015/08/27/162776

    -salahkan teknis
    http://metropolitan.inilah.com/read/detail/2242883/penyerapan-anggaran-rendah-ahok-salahkan-teknis

    -salahkan PLN
    http://news.okezone.com/read/2015/02/10/338/1103647/jakarta-dikepung-banjir-ahok-salahkan-pln

    -salahkan masyarakat
    http://metro.tempo.co/read/news/2015/08/05/083689306/pasar-gembrong-terbakar-ahok-salahkan-masyarakat

    -salahkan BPN
    http://www.cnnindonesia.com/nasional/20150812163407-20-71716/pembebasan-lahan-mrt-molor-ahok-salahkan-bpn/

    -salahkan Udar
    http://www.aktual.com/kppu-putuskan-ada-persekongkolan-di-transjakarta-ahok-salahkan-udar/

    -salahkan Walikota Depok
    http://www.merdeka.com/jakarta/jakarta-banjir-ahok-salahkan-wali-kota-depok.html

    -salahkan PNS
    http://touch.metrotvnews.com/read/2015/07/14/412821

    -salahkan Foke
    http://wartakota.tribunnews.com/2015/07/07/dinilai-buruk-oleh-bpk-ahok-malah-salahkan-pemerintahan-foke

    -salahkan warga
    http://www.jpnn.com/read/2015/01/24/283444/Ibukota-Banjir,-Ahok-Salahkan-Warga

    -salahkan PSK
    http://www.suara.com/news/2015/04/15/123006/blok-g-tanah-abang-sepi-ahok-salahkan-psk

    -salahkan BPKD
    http://news.detik.com/berita/2589846/hibah-kartu-jakarta-pintar-tak-kunjung-cair-ahok-salahkan-bpkd

    -salahkan Dishub
    http://metro.tempo.co/read/news/2015/05/26/083669502/revitalisasi-terminal-mubazir-ahok-salahkan-dishub

    -salahkan petugas Dishub
    http://wartakota.tribunnews.com/2015/08/10/transjakarta-scania-tak-sesuai-uji-kir-ahok-salahkan-petugas-dishub

    -salahkan SKPD
    http://touch.metrotvnews.com/read/2015/04/09/383584

    -salahkan DPRD
    http://megapolitan.kompas.com/read/2015/08/11/18054461/DKI.Ditegur.Kemendagri.Ahok.Salahkan.DPRD

    -salahkan anak buah
    http://www.merdeka.com/jakarta/ahok-salahkan-anak-buah-ternyata-dki-berutang-rp-300-juta-ke-pln.html

    -salahkan orang tua
    http://news.metrotvnews.com/read/2014/12/02/326424/bayi-tewas-ditolak-rscm-ahok-salahkan-orangtua

    -salahkan Wagub Djarot
    http://metropolitan.inilah.com/read/detail/2209837/ahok-salahkan-wagub-djarot-soal-prj-senayan

    -salahkan masyarakat
    http://touch.metrotvnews.com/read/2015/09/16/170302

    -salahkan Jepang
    http://metro.tempo.co/read/news/2015/06/19/083676503/mrt-lamban-ahok-salahkan-jepang

    Akhirnya menyalahkan Agama dan Allah SWT.... Begitu masih mau dibela?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg di salahkan Ahok terbukti salah ga??????

      Hapus
    2. Ya Salah lah !! Artikel gak faham atau salah faham atau salah pemahaman ...

      Yang ditekankan AAgym tidak ke arah Politik tapi si Ahok udah keluar Jalur berkampanye menggunakan SImbol Agama tertentu dan mencacinya ...

      Wajarlah Aagym meminta keadilan ...

      Artikelnya juga bernuansa Politik ...

      Aagym Netral tanpa Politik di tanggapi dengan arah Politik ... Ibu itu Koplak takut Ahok kalah ..

      Ahok udah jelas sekali Salah !! kok masih aja dibela mati-matian .. Otak Koplak

      Hapus
  6. Manusia itu gak ada yang bisa adil...
    Pencuri ayam dihukum 5 sampai 8 tahun, bahkan terkadang hukuman mati sebelum menerima hukuman pencara nya.
    Koruptor malah di bela hingga akhirnya bebas.

    Adil itu hanya kalau tuntutan kita terpenuhi, gak adil itu kalau gak terpenuhi...

    ini sikap ANAK-ANAK....., bukan PRIA DEWASA....

    BalasHapus
  7. gak semua bisa dilakukan oleh LOGIKA. mungkin ibu ini iman nya masih dangkal.

    ya harap maklum la,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. yg imannya bener2 dangkal itu yang sebut iman orang masih dangkal. coba ngaca dulu bung, udah ngerti masalah apa aja tentang agama ?

      Hapus
    2. TIPS bola......dalam kitab sudah dijelaskan mana orang yang beriman dan mana orang2 kafir.....anda islam??? anda sehat??? kl anda bukan islam , semua jg maklum dan anda tidak berhak masuk ke lingkungan Islam dan muslim dalam komentar anda!!

      Hapus
  8. Kalau Ahok kafir, maka Nabi Adam sampai Nabi Isa juga kafir, mendingan kitab sucinya diamandemen aja .. Dihapusin aja gitu nabi2 sebelumnya, kan pada masanya belum ada Nabi Muhammad SAW, dan jelas umat Nasrani itu mengikuti ajaran Nabi Isa as!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul.dan hebatnya umat Islam dengan sangat yakin bahwa semua nabi beragama Islam bahkan Allah pun aganya islam .luar biasa ..kebodohan yg terus di pertahan kan sejak jaman jahiliyah sampai sekarang.memaksakan kehendak bahwa Alquran an nya yg paling benar ,kenapa kaum muslimin begitu bodohnya???? Bagaimana bisa maju negara kalau di pimpin oleh orang2 yg membodohi???
      Pernahkah berfikir kenalkah kalian dengan nabi Muhammad?pernahkah ketemu dengan beliau dan Allah sehingga kita merasa sangat mengenal? Maukah kita dikritik bahwa Islam pun bukan agama yg sempurna? Mau???
      Jawabannya pasti takbir bersahutan sahutan...
      Tidakkah ingin mengetahui jalan kebenaran dan keselamatan yg sejati???
      Kalau kita ingin maju,agama juga maju harus berani terbuka,jangan ngeyel dan merasa paling bener.
      Jika beragama dgn benar,itu pasti membawa kebaikan buat sekitarnya ,kedamaian ,manfaatnya dan suka cita

      Hapus
    2. Artikel gak faham atau salah faham atau salah pemahaman ...

      Yang ditekankan AAgym tidak ke arah Politik tapi si Ahok udah keluar Jalur berkampanye menggunakan SImbol Agama tertentu dan mencacinya ...

      Wajarlah Aagym meminta keadilan ...

      Artikelnya juga bernuansa Politik ...

      Aagym Netral tanpa Politik di tanggapi dengan arah Politik ... Ibu itu Koplak takut Ahok kalah ..

      Ahok udah jelas sekali Salah !! kok masih aja dibela mati-matian .. Otak Koplak

      Hapus
    3. Sugeng kalo gak tau agama Nabi - nabi tanya dulu sama ulama-ulama Islam..
      atau pelajari dulu Islam..
      jangan asal komentar

      Hapus
    4. Betul sugeng windarto, memang betul bhw nabi muhammad SAW jg ialah #Kafir krn tlh mengakui Adam sampai Isa #sbg_NABI Utusan Allah SWT.........

      Hapus
    5. Klo g paham agama lebih baik diam. Mulutmu harimau mu..

      Hapus
    6. emangnya kitab agama sebelah yang bisa diamandemen dan diubah2 seenak perutnya??

      Hapus
  9. Ibu ini bilang tdk mengerti agama atau cetek lah.. Tp kok berani menafsirkan surat al-maidah... Bu komentar itu tensesiuss sekali trhadap umat islam bisa bisa ibu yg menjadi sasaran selajutnya akibat ibi berbicara spt ino... Hati hati dalam berucap bu...

    BalasHapus
  10. Sy kira pemikiran aa gym blegug bisa berimbang, gak taux sm beubeul sm dg dirix, gak mampu kenadalikan diri, org laen jg islam cuma beda sekolah, dia di sunda org di sumbar. Yaah nmx jg aa gym, jauh ala Beliau SAW.

    BalasHapus
  11. Artikel gak faham atau salah faham atau salah pemahaman ...

    Yang ditekankan AAgym tidak ke arah Politik tapi si Ahok udah keluar Jalur berkampanye menggunakan SImbol Agama tertentu dan mencacinya ...

    Wajarlah Aagym meminta keadilan ...

    Artikelnya juga bernuansa Politik ...

    Aagym Netral tanpa Politik di tanggapi dengan arah Politik ... Ibu itu Koplak takut Ahok kalah ..

    Ahok udah jelas sekali Salah !! kok masih aja dibela mati-matian .. Otak Koplak

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau hati udah diliputi kebencian ya mana bisa mikir jernih, yg ada berpikir negatif terus. nah dengan anda "ngatain" si ibu yg menegur ustad, anda pikir anda lebih baik darinya? bahkan menyebut si ibu salah satu pendukung, tahu darimana anda? dengan menganggap si ibu tidak paham atau salah paham, apakah anda sendiri sudah paham?
      silahkan dipikir....
      NB:kalau mampu

      Hapus
    2. Yang tersirat dalam ucapan BTP adalah: Al Maidah dipakai sebagai alat untuk berbohong. Sangat jelas...
      Baik dalam Bentuk Aktif maupun Pasif, makna kalimat tidak akan pernah berubah, karena Pesan utama dalam sebuah kalimat terlihat pada PREDIKAT ("Dibohongi").

      Islam bereaksi karna keyakinannya di hina..dan sasarannya hanya pelaku..bukan yang lain
      tp heran, ada yg mati2an mendukung pelaku dan justru balik mengatakan Umat Islam Rasis, Anarkis..(padahal protes umat Islam tdk ditujukan kepada Pendukungnya dan sudah terbukti yg melakukan aksi anarkis bkn yg demo), jadi dimaklumi sj, MUNGKIN Agama yg dia pelajari ya mengajarkan dan membenarkan sikap seperti Ahok..

      Islam Agama pemaaf, untuk diri pribadi..tp jika menyangkut Rasulullah, Alquran dan Allah..Tidak ada seorang manusia pun yg berhak mewakili

      Hapus
    3. komentar kaum kafir selalu berisi propaganda......selalu memelintir pokok permasalahan...yang ditanya A dijawab B....tanya kenapa??? masuk kelingkungan orang lain tanpa izin tapi gak mau dimarahin si pemilik lingkungan??? itulah hebatnya agama tetangga

      Hapus
  12. kalau nggak mau dipimpin non-muslim ya simple aja tinggal pindah ke arab saudi hahaha

    AA GYM kalo nggak bela FPI nanti di demo lagi,,,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau ga mau, ya ga usah sekali-kali pilih non muslim. sudah... tp ga boleh juga maksa2 orang

      Hapus
  13. Kalau semua umat muslim berpikiran seperti ibu pasti Kedamaian akan selalu di rasakan semua warga negara Republik indonesia.

    BalasHapus
  14. Berita ga bermutu...... Panas mencela ulama ibu ini wong pendukung ahok

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau buya safii ma'arif boleh ya dicela... mkn salah satu kriteria ulama di tahun 2016 ini adalah; anti ahok :D

      Hapus
  15. Ibu ngaku bodoh agama kok Sok menjabarkan maksud dari satu ayat dan ayat lain punya konteks yg berbeda, secara tdk langsung ibu ini telah mengaku lebih pintar dari Aa Gym.

    Ibu Sehat?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar katamu Rosadi Yunus, sangat ngaco pemahaman ibu ini tapi sok pintar.

      Hapus
  16. Kiamat kecil dah keliatan....manusia yg bergolong2...cukup alquran dan hadist pedoman ku....

    BalasHapus
  17. wadohh ngaco skali pemahaman ibu ini,,,

    BalasHapus
  18. wadohh ngaco skali pemahaman ibu ini,,,

    BalasHapus
  19. Ini semua yang bikin sttus dan yg komen mempojokan aa gym adalah orang tertentu yg masuk dalam forum AHOK. Jadi semua kaum muslimin jangan terpancing pada situasi seperti ini. Krn banyak orang di luar sana yg mendukung ahok dengan segala macam cara. Menurut sya pendapat Aa gym di ILC tersebut sanagatlah benar. Terima kasih. Salam kompak selalu

    BalasHapus
  20. kalian yakin klo ahok ga korupsi...??????

    BalasHapus
  21. Apa yg diuraikan oleh ibu emmy h. Betul adanya bu. Seacara bodonya aza kita berpikir bu. Babi diharamkan karena hidupnya jorok dan bawa penyakit (itu yg pernah saya baca dalam 1 ulasan) dan sekarang dgn ayat almaidah 51 menjamin pemimpin yg tidak bawa penyakit ( yaitu korupsi ) dan akan bisa bertindak dan bertingkah sopan santun. Mohon maaf ya saya tidak ingin menghina siapa2 yg saya tahu hanya: " aku " adalah kamu. Kamu adalah " aku " Kita sama2 mahluk ciptaan TUHAN hanya jalan saja yg
    berbeda kita pergunakan untuk dekatkan diri ke Sang Pencipta.

    BalasHapus
  22. Ga usah merasa janggal sama kata kata Aa Gym... Yang bisa menafsirkan kata2 Aa Gym, yaaa Aa Gym sendiri... yang tahu maksud dan isi dari kata2 Aa Gym yaaaa Aa Gym sendiri.. bukan pendukung Ahoax dll... :-D

    BalasHapus
  23. Sudah jelas Ahok mengaku salah dan minta maaf...
    ya sudah, tinggal proses pengadilannya. koq jadi pada repot sih ...

    BalasHapus
  24. Kami umat islam membela agama kami,krn menurut kami ahok telah melecehkan AlQuran yg merupakan pedoman kami,sekiranya sah2 sj klu kami menuntut ahok,krn yg mengucapkan ahok,yg sy herankan tu kalian2 yg mati2an bela ahok,terutama yg ngaku islam,brarti ada kepenting klu dipikir secara logis,jg yg diluar agama islam,pd bela ahok,skali lg ini agama/kitab suci kami yg dihina,wajarlah klu kami yg marah,kami ga ada urusan dgn org2 selain ahok...

    BalasHapus
  25. Hati2 Ahokers masuk di semua lini medsos,jangan mudah terpancing dengan komentar2 mereka..sengaja memutarbalikan fakta dengan cara2 yg kasar maupun yg halus.. Ingat Allah di atas segala2x,kalian membuat makar dan tipu daya,bahwa sesungguhx Allah lebih tau dengan makar dan tipudaya kalian... ALLAHU AKBAR 1000X

    BalasHapus
  26. Dia sudah mengaku dangkal tp msh mau memasuki ranah nya para ulama dan malah di sebarkan jg ke media sosial.yg jls lbh tau dlm urusan agama ya para ulama.dan ada yg ibu 1 ini lupa tentang penguat surat almaidah ini adalah hadist nabi.dan kejadian sprt ini memang prnh terjadi dijaman nabi mk itulah yg menjadi rujukan para ulama.dan kesalahan ke 2 dr si ibu ini adalah dia tdk mlht murni tentang kesalahan si ahok krn beliau berpihak ke ahok yg mana kesalahan ke dua dr ahok adalah dia telah masuk/membahas tentang agama yg bkn menjadi agama nya alias masuk pekarangan orang.jika yg mengucapkan tersebut adalah seorang muslim mk akan di selesaikan secara intern tp ini ahok membahas yg bkn agama nya jd disitulah makin kuat letakvpenistaan agama nya.JANGAN MENANAM DI KEBUN ORANG.ITU YG HARUS IBU INGAT

    BalasHapus
  27. Muslim harus jelas berpatokan sama hadist dan alqur,an ngga usah di bantah

    Kalau non muslim mau mengangkat orang mon muslim itu hak mereka
    Tidak ada lebih baik non muslim jujur dari pada muslim tidak jujur

    Kenapa nggak di balik lebih baik muslim jujur dari pada muslim tidak jujur itu apel to apel


    Tetapi didalam aturan islam sudah jelas rambu rambunya tidak ada abu abu

    Sama didalam aturan nasrani juga sudah jelas aturannya


    Karena agama pasti punya rambu rambu mana yang boleh dan tidak boleh dan masing masing 9unya kepentingan itu sudah jelas tidak bisa di bantah

    BalasHapus
  28. Seperti singapura..penduduk asli melayu tp mereke berkata "kami ini seperti pendatang di kampung sendiri..suara adzan sudah tidak boleh lagi pakai pengeras suara karena kampung kami sudah dipenuhi kaum kafir,praktek prostitusi,perjudian meraja lela dan kami selalu di anggap remeh.."

    BalasHapus
  29. Kata "Bahaya Besar" terlalu mengada-ada, darimana sumber adanya bahaya besar kecuali dari ucapan Aa Gym jika memang niat dengan sengaja dipolitisir dibuat gaduh,dan bahaya besarnya akan berbentuk apa?...

    BalasHapus
  30. Subhanallah,, keren pendapatnya bu,, salut lah sm ibu 1 ini,, kalo ada yg gak mau kafir jadi pemimpin nah terus syarat2 calon harus di ubah dong ya?!

    BalasHapus
  31. Ini masalah ada rasa... orang yang tidak merasakan tidak akan tahu rasanya... halooo ibuuu.... anda tidak harus belajar tafsir untuk berkomentar, tapi anda jangan ikut menafsiri ayat kalau anda tidak pernah belajar ilmu tafsir.... halooo ibuuu....

    BalasHapus
  32. Jgn bertengkar dan ber argumen sendiri2, kita gak tau pasti ni ibu siapa. Gak akan selesai, biar proses hukum yg menentukan.. Yg perlu di waspadai kata2 panglima. Kalau ribut seperti ini 3 thun lagi akan terbukti kata2 nya.

    BalasHapus
  33. Ahh.. nggak deh kalau menurut saya. Kalau menurut saya yg pembuat status inilah yg buta akan kebenaran, dan si pembuat status penuh kebencian terhadap ulama yg berjuang menegakkan agama Allah. Artinya si pembuat status bisa dikatakan tergolong sebagai "orang2 munafik" karena tidak suka dengn perjuangan jutaan kaum muslimin, dan memilihb membela 1 orang kafit. Ini jelas di dalam Al-Qur'an disebutkan bahwa orang Islam yg tidak memerangi kaum kafir ketika kaum kafir menghina agamanya, dan menjadikan kaum kafir sebagai penolongnya, mereka tergolong sebagai orang2 munafik, dan tempat mereka adalah dasar neraka jahanam... Hal ini telah banyak dijelaskan dlm Al-Qur'an, salah satunya Al-Maidah 51 dan Al Araaf 30...

    Bahkan dalam konteks ini, org islam yg mengcerca saudaranya yg membela agamanya juga tergolong sebagai kategori org2 munafik. Ingat bagaimana kisah Abdullah bin Ubay ketika perang Uhud. Dia duduk2 dan melihat saudaranya berperang dan memprokatori yg lainnya. Sehingga umat Islam mengalami kekalahan pada perang Uhud...

    Lucunya si TS ngaku tidak terlalu ahli dlm agama.. eh ternyata dia menafsirkan sendiri konteks Al-Maidah 51, dan bisa menafsirkan konteks Al-Maidah 51 sesuai kehendaknya sendiri utk menyerang AA Gym, bukankah itu bertentangan dengan pernyataannya... saya rasa si Pembuat Status sangat tidak suka dengan perjuangan Islam.. ya.. sudah terlihat itu si Pembuat Status termasuk golongan yang mana...

    Udah lah nggak usah dipelintir2 pernyataan Ahok pada video asli.. dlaam tayangan itu jelas Ahok menghina ayat2 Al-Qur'an.. dan menghina Al-Qur'an jelas masuk ke ranah hukum karena terkait SARA.. nggak usah cari pembenaran utk membenarkan kata2 Ahok...

    Lucunya lagi malah menanyakan kenapa nggak kasus korupsi yg didemo.. lha emang yg lagi mencuat sekarang kasus inu kok.. masuk kasus lain yg dibahas.. aneh orang ini.. udahlah nggak usah cari pembenaran..

    Dan 1 lagi, si pembuat status meragukan perjuangan jutaan umat Islam pd tgl 4 nov sekaligus ustad2 ternama.. yg jadi pernyataan dia membela islam atau pmembela penghina Islam..?

    Saya rasa si pembuat status masih "polos" dan harus belajar lagi mencermati informasi...

    BalasHapus
  34. kl buat saya, kl seseorang sudah minta maaf saya akan maafkan, tpi kl dia minta maafnya gk sungguh2 dan mengulanginya lagi, BARU KITA BERTINDAK.dan Insya Allah,Allah Memaafkan orang2 yg bersungguh mau mengakui kesalahan kita..kl kita tdk mau memaafkan seseorang yg sudah minta maaf.kita semua pasti sudah tahu .termasuk golongan apa kita.

    BalasHapus
  35. apapun alasannya ini masalah keyakinan.silahkan saudara berkotek2. sudah jelas dan pasti dalam al-quran nasrani dan yahudi bagi org yg beriman adalah kafir. org2 islam belum tentu semuanya beriman, tapi org yg beriman sudah pasti beragama islam.

    BalasHapus
  36. buat umat non muslim.... silahkan anda pelajari ajaran agama anda semua dengan sungguh2 terlebih dahulu...bagaimana anda semua bisa sok mengerti tentang Agama Islam sedangkan apa2 yang diajarkan oleh agama anda sendiri tidak anda jalani???? wilayah kita berbeda kawaaan, apalagi ini sudah menyangkut keyakinan dalam ajaran agama !!!! so jangan sekali2 mencampuri agama lain

    BalasHapus
  37. Kalau saya sih lebih percaya orang yang paham Agama dibanding pendapat orang awam. Apakah anda mau diajari berenang oleh orang yang tidak bisa berenang?.

    BalasHapus
  38. Si Ibu sekolahnya di Sekolah Katolik, ngakuin dirinya cetek soal agama, menghina seorang Ustadz, dan terang2an mendukung seorang kafir...
    Jangan kau mengaku seorang Muslim kalau kau tidak merasa bangga akan keIslamanmu...
    Kau toleran terhadap non Muslim, tapi intoleran terhadap sesama Muslim...
    Naudzubillahimindzalik...

    BalasHapus
  39. Bu.... ayat ini dimulai dengan kata " Hai orang-orang beriman ". mungkin inilah yang menjelaskan penafsiran ibu dengan kami.
    saya doakan semoga dapat hidayah dari Allah...
    amiiin

    BalasHapus
  40. Haha lucu juga liat yang pro dan kontra masalah ahok,tapi begini..saya jadi teringat tulisan yang diceritakan dalam sebuah blog

    Perang Jamal antara barisan Imam Ali as dan bunda Aisyah..

    Pada saat menunggu serangan, seseorang bertanya kepada Imam Ali, "Wahai Imam, manakah yang benar? Di depan ada barisan bunda Aisyah, istri Nabi dan sahabat-sahabatnya. Sedangkan disini ada dirimu dan sahabat-sahabatmu. Lalu, manakah yang benar?", Imam Ali berkata, "Kamu salah. Kamu melihat individu dulu baru mengukur kebenaran. Kebenaran tidak bisa dilihat dari individunya. Ukurlah kebenaran itu sendiri, baru lihatlah siapa yang berdiri di belakangnya..."
    Karena itu, teman... Ukurlah kebenaran itu sendiri, lalu lihatlah siapa ulama yang ada dibelakangnya, Habib Rizik ataukah Gus Mus?

    BalasHapus
  41. Ibu ini Mengerti atau Pura-pura mengerti seprti ada kesombongan dlam hati, semoga tidak. Islam secara Kaffah, Termasuk memilih Pemimpinpun selaku umat islam seharusnya yang Islam juga, karna kalau tidak kita belum islam secara kaffah. saya menlihat ibu sama saja menceritkan kesalahan yang mungkin disampaikan oleh A Gym, semestinya sampaikan langsung kepada yg bersangkutan. kalau tidak ibu menggunjing, kalau yang disampaikan memang salah adanya ibu memfitnah. ibu pilih mana??

    BalasHapus
  42. Jangan bertnaya kenapa masalah ini terjadi, tapi tanyakan apa hikmah dibalik kejadian ini semua.

    BalasHapus
  43. Siapa tuh emi hafild?? Sy kurang mengenalnya,dilihat dari artikelnya yg menyimpulkan ungkapan aa gym,sepertinya ibu ini gagal paham,dan memaksakan atau menyimpulkan maksud aa gym ini dg mecocokan pola fikirnya sendiri,tentu dg ada maksud tertentu,
    Saya harap ibu menyadari kekeliruannya,karena kekuasaan ahok gak seberapa,dibanding kekuasaan Alloh,

    BalasHapus
  44. menyebarkan informasi untuk hal kebaikan balasannya pahalamenyebarkan informasi untuk hal buruk berisi fitnah,profokasi,berita bohong,dan adu domba,balasannya dosa yg berkali lipat selama informasiyg disebarkan msh beredar.jgn karena tujuan dunia kalian korbankan ahirat kalian.ALLAH YG MAHA PRNGAMPUN menerima tobat atas hambanya yg meminta,maka bertaubatlah
    jgn ikuti nafsu dunia untuk berbuat keburukan dan menyebarkan fitnah

    BalasHapus
  45. kita hidup didunia nyata dan pada kenyataannya banyak umat yg tersinggung yg bererti kebinekaan dan pluralisme yg menjadi asas kehidupan berbangsa dan bernegara dicederai. ada baiknya untuk bertutur kata yg baik dan tidak menyinggung ajaran agama yg berbeda krn pengetahuan kita semua yg minim dan hanya menyentuh permukannya saja tentang keyakinan dan keimanan agama yg berbeda.....lakum dinukum waliyadin...untukmu agamamu dan untukku agamaku....

    BalasHapus
  46. maaf ini siapa anda ? maaf ... kita orang indonesia kebanyakan sopan ya. santun, baik .. alhamdulillah ... tapi . maaf neh .. sekarang ini kita memang seperti di adu domba .. memang di adu domba ... dwngan kebaikan orang indonesia ini, jangan berfikir orang baik akan terus mendapat baik ... tapi di sisi lain.. orang baik bisa di manfatkan oleh orang tidak baik untuk mengambil keuntungan dari orang yang baik tadi .. ya saya tidak menuduh. semoga saja seperti yang kita haraokan.. amin ... tapi di luar semua itu atau di luar sepengetahuan ibu , itu ada sesuatu yang tidak ibu duga duga .. maksudnya .. ada sebuah gejolak yang di rahasiakan oleh kalangan atas yang tidak kita ketahui ... wajar dunk karena kita tidak tau, .. jadi seperti yang ibu tanyakan tadi. ada apa dengan AA gym dan ustad arifin seperti nya ada yang janggal ? nah di situ letaknya yang menjadi pertanyaan orang awam seperti kita ini ... kenapa ustad yang tadi nya santun kog tiba tiba jadi seperti berubah garang .... mereka juga tidak bodoh bu .. mereka lebih tau dari kita yang awam awam ini .. mereka g mumgkin dunk seperti itu kalau tidak alasan yang kuat.. mereka g mungkin ngaco dunk kalau ga ada sesuatu yang penting.. apalagi mereka figur publik, dan saya rasa figur publik ga mungkin berbuat seenaknya sendiri, apalagi mereka panutan umat muslim .. jadi begini.. biarlah waktu yang bicara... untuk sekarang ini biarlah mereka melakukan kewahiban masing masing ... untuk lebih jelasnya kita tunggu sampai siapa yang akan jadi gubernur DKI dan kita lihat apa yang akan terjadi jika setelah terpilih menjadi gubernur DKI nanti .. kita sebagai nasyarakat awam.. yuk kita saling berdoa semoga indonesia ini tetap menjadi negara yang damai dan aman ... amin

    BalasHapus