Soal Full Day School, Ahok Ngomong Begini Teringat Dulu Sekolah Di Kampung! Share!

Soal Full Day School, Ahok Ngomong Begini Teringat Dulu Sekolah Di Kampung! Share!

CeritaNews.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy memiliki wacana menerapkan sistem full day school untuk pendidikan dasar (SD dan SMP), di sekolah negeri maupun swasta. Menanggapi hal itu, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama akan menunggu kajian dari wacana tersebut.

"Itu kan baru diusulkan, nanti dipelajari aja," kata Basuki, di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (9/8/2016).

Basuki tak mempermasalahkan jika wacana itu diterapkan. Kesulitan penerapan sekolah itu akan ditemui ketika diberlakukan pada sekolah yang memiliki dua waktu, yakni sekolah pagi dan siang.

"Saya enggak tahu. Anak saya sih sekolah sampai sore, makanya kami enggak tahu masing-masing," kata Basuki.

"Makanya susah bandingin sekolah-sekolah. Saya sekolah di kampung, enggak ada les, jam 12 sudah masuk hutan terus pulang, berenang," kata Basuki.

Mendikbud sebelumnya mengatakan, program itu digagas agar anak tidak sendiri sepulang sekolah ketika orangtua mereka masih bekerja.

"Dengan sistem full day school ini secara perlahan anak didik akan terbangun karakternya dan tidak menjadi liar di luar sekolah ketika orangtua mereka masih belum pulang dari kerja," kata Mendikbud, di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Minggu (7/8/2016).

Menurut dia, kalau anak-anak tetap berada di sekolah, mereka bisa menyelesaikan tugas-tugas sekolah sampai dijemput orangtuanya seusai jam kerja. Selain itu, anak-anak bisa pulang bersama-sama orangtua mereka sehingga ketika berada di rumah mereka tetap dalam pengawasan orangtua.

Untuk aktivitas lain misalnya mengaji bagi yang beragama Islam, menurut Mendikbud, pihak sekolah bisa memanggil guru mengaji atau ustaz dengan latar belakang dan rekam jejak yang sudah diketahui. Jika mengaji di luar, mereka dikhawatirkan akan diajari hal-hal yang menyimpang.


sumber: kompas.com

0 Response to "Soal Full Day School, Ahok Ngomong Begini Teringat Dulu Sekolah Di Kampung! Share!"

Poskan Komentar