Usai Shalat Id, Sampah Berserakan di Halaman Masjid Istiqlal! Share Biar Pada Sadar!

Usai Shalat Id, Sampah Berserakan di Halaman Masjid Istiqlal! Share Biar Pada Sadar!

CeritaNews.com - Sejumlah petugas Penanganan Prasarana dan sarana Umum (PPSU) dengan sigap membersihkan sampah yang berserakan di halaman Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat. Sampah plastik mendominasi.

Dengan sejumlah peralatan kebersihan yang seadanya, pasukan oranye tersebut mulai menyisir sampah dari pinggir jalan pintu masuk Istiqlal hingga halaman depan masjid.

Mul, salah satu petugas PPSU dari Pasar Senen mengatakan, ada sekitar 40 petugas PPSU yang dikerahkan untuk membersihkan sampah di Masjid Istiqlal. Seluruh petugas dibagi ke sejumlah wilayah masjid.

"Ada sekitar 40 orang petugas, ada bersihkan di halaman Al Fattah, dan di pintu masuk lainnnya, semuanya disebar," ungkap Mul kepada Kompas.com, Rabu (6/7/2016).

Cukup mengejutkan, Mul mengatakan, sebenarnya sampah-sampah seperti ini tiap tahun selalu ada, khususnya ketika shalat Id selesai.

Selain Mul, ada petugas PPSU lainnya Edy. Edy mengatakan, seluruh petugas PPSU Pasar Senen memang dikerahkan hari ini untuk membersihkan pekarang Masjid Istiqlal.

Edy menyampaikan, untuk jam kerja pada hari Lebaran, hanya sampai pukul 12.00 WIB. Tapi jika sampah belum, Edy dan sejumlah petugas PPSU lainnya harus rela kerja lembur untuk membersihkan sampah.

"Harus steril dulu, kalau masih banyak sampah ya nggak bisa pulang Mas," ungkap Edy.

Sampah-sampah plastik bekas bungkus sepatu jamaah saat shalat Id dibuang begitu saja di halaman masjid. Selain itu, tidak tampak tempat sampah yang harusnya disediakan oleh pengurus masjid.

Tolong bantu share untuk tingkatkan kesadaran rakyat Indonesia akan pentingnya kebersihan.


Sumber: kompas.com

0 Response to "Usai Shalat Id, Sampah Berserakan di Halaman Masjid Istiqlal! Share Biar Pada Sadar!"

Poskan Komentar