Ini Kisah Putu Sudiartana, Sudah Sukses Lupa Istri, Eh Dia Kawin Lagi, Sekarang Dipenjara!

Ini Kisah Putu Sudiartana, Sudah Sukses Lupa Istri, Eh Dia Kawin Lagi, Sekarang Dipenjara!

CeritaNews.com - Saat dalam kemiskinan, Putu Leong--panggilan akrabnya--berjuang bersama dengan istrinya Ni Ketut Ayu Wintariani dengan menjalani profesi tukang tambang pasir di Sungai Ayung.

Tapi setelah menjadi anggota dewan, Putu memilih menikah lagi dan menikmati hidup bersama istri keduanya, Neng Evi Syamsiah.

Berdasarkan data yang dihimpun dari Kelian Dinas Tegal Kuning, Kamis (30/6/2016), istri pertama Putu Leong, Ni Ketut Ayu Wintariani, asalnya dari Tabanan.

Dari pernikahannya, mereka dikaruniai seorang anak yang saat ini mengenyam pendidikan di Fakultas Hukum Universitas Udayana.

Di tahun 2014, Putu Leong menikah lagi dengan Neng Evi Syamsiah asal Sukabumi, Jawa Barat.

Dari istri keduanya ini Putu Leong dikaruniai dua orang anak.

"Sekarang istri pertamanya dan anaknya di rumah (Banjar Tegal Kuning). Yang diajak di Senayan istri kedua dan anaknya. Saya tidak tahu alasan beliau menikah lagi. Itu urusan pribadinya," ungkap Kelian Dinas Tegal Kuning, I Wayan Sudiarta, kepada Tribun Bali (Tribunnews.com Network), kemarin.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, pernikahan Putu Leong yang kedua ternyata sempat menjadi masalah di Banjar Tegal Kuning.

Putu Leong dinilai membuat leteh (kotor) Desa Bongkasa Pertiwi lantaran menikah siri atau tidak menikah sesuai agama Hindu di Bali.

Masyarakat dan prajuru adat pun sempat beramai-ramai mendatangi rumah Putu Leong untuk mempertanggung-jawabkan kelakuannya.

Atas kasus yang kini menjerat Putu Leong, sebagian warga setempat pun berpendapat politisi Partai Demokrat itu terkena karma phala.

Anggota Komisi III DPR RI ini dianggap telah "mengkhianati" kesetiaan istri pertamanya.

"Dia lupa, waktu susah jadi tukang cari pasir di sungai, istri pertamanya selalu ada buat dia. Tidak pernah mengeluhkan kemiskinannya. Tapi setelah sukses, dia lupa sejarah. Istri pertamanya seperti dilupakan," ungkap seorang warga yang menolak dituliskan namanya.

Tapi istri pertama Putu Leong, Ketut Ayu Wintariani, belum bisa dikonfirmasi mengenai hal tersebut.

Saat disambangi ke rumahnya di Banjar Tegal Kuning, kemarin, dia tidak berada di sana.

Ni Made Ayu Suartini, istri dari adik kandung Putu Leong yang tinggal satu rumah dengan Ayu Wintariani, mengatakan kakak iparnya tersebut sudah tidak ada di rumah sejak Selasa (28/6/2016) malam, bertepatan dengan penangkapan KPK terhadap Putu Leong di rumahnya di Jakarta.

Tetapi dia juga tidak mengetahui keberadaan iparnya tersebut.

"Saya tidak tahu beliau dan anaknya ke mana. Sudah sejak kemarin tidak kelihatan. Mungkin di rumahnya yang lain, kan banyak punya rumah. Atau mungkin saja ke Jakarta. Saya benar-benar tidak tahu," ungkapnya.

Men Ayu--panggilan Made Ayu Suartini menyatakan hingga kemarin Putu Leong belum memberikan kabar kepada keluarga di Tegal Kuning.

Termasuk melalui sambungan telepon sekalipun. Oleh sebab itu, dia pun tak tahu harus berbuat apa-apa.

Dia juga tidak tahu bagaimana kabar Putu Leong saat ini.

Kalaupun pergi ke Jakarta untuk menemui kakak iparnya itu, dia mengaku tidak tahu bagaimana caranya.

Karena hampir semua orang di rumah itu tidak pernah pergi ke luar Bali.

"Saya masih tidak tahu apa-apa. Pakde (Putu Leong) belum ngasi kabar. Tidak ke Jakarta, karena tidak tahu bagaimana caranya," ungkapnya sembari mengepel lantai di ruang tamu.

Walau demikian, Men Ayu mengaku sudah menghaturkan sesajen di semua tempat suci yang ada di Banjar Tegal Kuning dan mendoakan Putu Leong agar diterangkan jalannya untuk menghadapi kasus dugaan suap proyek jalan tersebut.

"Keluarga sudah nunas ica di sanggah dan Pura Kahyangan Tiga. Doanya agar diberikan jalan terbaik," ujarnya.

Kemarin, di rumah tua Putu Leong tersebut tampak juga sejumlah tetangga berdatangan.

Biasanya, rumah ini senantiasa sepi lantaran hanya ditinggali oleh istri pertama Putu Leong, pamannya I Nyoman Tapak (65), serta adik kandung yang memiliki gangguan pendengaran bersama istrinya Men Ayu.

Dua orang tetangga, Made Sita dan I Wayan Wanta, saat ditemui di rumah Putu Leong, mengatakan sengaja datang dan berlama-lama di rumah tersebut.

Mereka merasa kasihan melihat situasi rumah yang hanya dihuni para orang tua, yang gagap teknologi dan terbatas informasi.

Terlebih lagi hingga saat ini Putu Leong belum memberikan kabar apapun pada keluarganya.

"Saya ke sini karena prihatin melihat situasi seperti ini. Karena saya tetangga, ada musibah kan harus lihat. Apalagi yang ada di rumah hanya orang-orang tua. Nanti kalau ada orang ke sini kan bisa bantu memberi penjelasan," ungkap Made Sita, yang mengaku berteman sejak kecil dengan Putu Leong.


Sumber: Tribunnews

0 Response to "Ini Kisah Putu Sudiartana, Sudah Sukses Lupa Istri, Eh Dia Kawin Lagi, Sekarang Dipenjara!"

Poskan Komentar