Warga Terkejut Tidak Percaya Lihat Sungai Ciliwung Kini Jadi Seperti Ini Usai Disulap Ahok

Warga Terkejut Tidak Percaya Lihat Sungai Ciliwung Kini Jadi Seperti Ini Usai Disulap Ahok

foto @Kompas.com/David Oliver Purba
CeritaNews.com - Bantaran anak Sungai Ciliwung yang tepat berada di belakang Gedung Lindeteves Trade Centre (LTC) Glodok, Jakarta Barat terlihat lebih jernih dibanding sungai lainnya di Ibu Kota.

Berbagai kegiatan pun dilakukan di sungai tersebut seperti memancing, mandi, atau hanya duduk diam di pinggir bantaran sungai sambil melihat anak-anak melompat ke sana kemari menikmati segarnya aliran sungai.

Atik, warga Jalan Labu, Kelurahan Mangga Besar yang tinggal di dekat bantaran sungai menuturkan, pemandangan tersebut memang sangat jarang dijumpai. Bahkan, Atik yang sudah belasan tahun tinggal di daerah tersebut mengatakan hal tersebut merupakan pemandangan yang langka.

Dirinya menyampaikan, bersihnya anak Sungai Ciliwung ini dikarenakan hampir setiap minggu petugas Pelayanan Prasarana dan Sarana Umum atau PPSU DKI selalu membersihkan sungai tersebut.

"Ya jelas bersih, karena sering dibersihkan sama petugas mas, makanya jernih begitu," ungkap Atik kepada Kompas.com, Senin (16/5/2016).

Atik mengatakan, dulunya bantaran anak sungai Cilliwung ini sangat kotor, berbau, dan dangkal. Warnanya kehitam-hitaman karena banyak sampah yang menumpuk di dasar sungai akibat warga yang membuang sampah sembarangan.

Selain itu, karena peraturan yang ketat, salah satunya adanya sanksi bagi warga yang membuang sampah di sungai, Atik menyebut sekarang ini sudah sangat jarang warga yang membuang sampah ke sungai.

"Ya ada saja warga yang bandel, tapi udah jarang Mas, ada petugas yang sering fotoin kalo ada warga yang buang sampah di sungai. Nanti tiba-tiba aja ada surat denda dari kelurahan berapa puluh ribu gitu, makanya udah jarang yang buang sampah di sini," ungkap Atik.

Tetapi, untuk membersihkan sungai tersebut, baik Atik maupun warga lain tak pernah ikut serta bergotong royong membersihkan sampah. Warga mengaku hanya memanfaatkan petugas PPSU untuk membersihkan sampah di bantaran sungai.

"Kan udah ada petugasnya, kalau kami ya lihat-lihat saja mas," kata Atik.

Atik juga menyebut, alasan lain kondisi sungai yang sudah semakin jernih dikarenakan warung-warung dipinggiran sungai sudah dibongkar sehingga tidak ada lagi sampah jajanan yang dibuang di bantaran sungai.

Serupa dengan Atik, Anwar yang juga bekerja di sekitaran Kelurahan Mangga Besar ini mengatakan cukup terkejut dengan sungai yang sering merek sebut "Sungai Belakang LTC Glodok" terlihat bersih ketimbang kondisi sebelumnya.

Anwar menyebut jika anak Sungai Ciliwung ini jauh lebih jernih dari pada kondisi belasan tahun sebelumnya.

"Dulu ya hitam, kotor, sampah di mana-mana mas. Sekarang lihat tuh, anak-anak aja udah mandi-mandi," ungkap Anwar.


sumber: kompas.com

0 Response to "Warga Terkejut Tidak Percaya Lihat Sungai Ciliwung Kini Jadi Seperti Ini Usai Disulap Ahok"

Poskan Komentar