Salut! Menteri Susi Bikin Kapok para Penjarah Harta Karun Laut Indonesia!

Salut! Menteri Susi Bikin Kapok para Penjarah Harta Karun Laut Indonesia!

CeritaNews.com - Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, berniat memamerkan harta karun yang berhasil diangkat dari laut Indonesia. Rencananya harta karun ini akan dipajang di Kantor Kementerian Keluatan dan Perikanan (KKP).

“Kita mau bikin display di KKP, biar bisa dipamerkan dan masyarakat kita bisa lihat,” ujar Susi, saat berbincang di VIP Lounge Bandara Soekarno-Hatta, sebelum bertolak ke Sochi, Rusia, Senin (16/5/2016) malam.

Selain Susi, beberapa petinggi Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) juga ikut serta dalam rombongan tersebut, yaitu Dirjen PDSPKP Nilanto Perbowo, KaBPSDMPKP Rifky Effendi Hardijanto, dan KaBakitbang KP M. Zulficar Mochtar.

Menurutnya, selama ini harta karun yang diambil dari kapal karam di perairan Indonesia diangkut oleh pihak swasta dengan perjanjian bagi hasil 50:50. Sayangnya, kata Susi, bagian yang bagus selalu diambil oleh pihak swasta dan sisanya diberikan kepada pemerintah.
“Yang bagus-bagus itu mereka (perusahaan) bawa semua, kita kebagian yang jelek-jelek. Padahal itu banyak sekali,” ungkap Susi.

Benda-benda bersejarah itu, dilelang oleh perusahaan swasta di luar negeri dengan harga yang fantastis. Sehingga, benda bersejarah yang seharusnya menjadi milik Indonesia itu malah menjadi koleksi penggemar barang antik di dalam dan luar negeri.

“Makanya nanti kita bujuk supaya mereka (kolektor barang antik), untuk bisa pamerkan di kita. Nanti bisa disewa atau bagaimana. Itu kan bagian dari sejarah. Masak rakyat kita ingin lihat peninggalan bersejarah harus pergi ke luar negeri?” ujar Susi.

Susi mengatakan, sekarang ini ada lebih dari 400 titik kapal karam di Indonesia. Sebagian dari jumlah itu sudah dilakukan pengangkatan harta karun.

Demi menghindari pengangkatan oleh pihak swasta, Susi menetapkan moratorium sejak tahun lalu. Susi ingin harta karun ini bisa diangkut oleh pemerintah saja supaya hasilnya tidak jatuh ke tangan pihak lain.

“Sudah lebih dari setengahnya kita angkut. Saya inginnya (angkut) sendiri saja. Kita anggarkan, minta itu pasukan tentara untuk menyelam. Hasilnya bisa buat kita sendiri,” ujarnya.

“Saat ini yang lagi saya kejar itu yang Vasco da Gama. Itu yang paling besar. Saya kira ada di Pulau Lingga, di Tanjung Karimun,” ujar Susi.  © Detik.com

0 Response to "Salut! Menteri Susi Bikin Kapok para Penjarah Harta Karun Laut Indonesia!"

Poskan Komentar