Rizal Ramli: Benahi Jakarta Teori Saja Tidak Cukup, Mesti Punya Nyali!

Rizal Ramli: Benahi Jakarta Teori Saja Tidak Cukup, Mesti Punya Nyali!


Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Rizal Ramli memberikan buah pikirannya mengenai tata kota Jakarta sekarang ini. Menurutnya, untuk mewujudkan Jakarta menjadi lebih baik, teori saja tidak cukup. Harus ada pemimpin yang berani mengambil risiko dan bahaya.

“Jakarta sekarang butuh pemimpin yang punya nyali,” kata Rizal ketika menerima kedatangan bakal calon gubernur DKI Jakarta Teguh Santosa (tengah) di kediamannya di Jalan Bangka IX, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Minggu (24/4/2016) sore.

Menurut Rizal sudah banyak bakal calon pemimpin DKI Jakarta menawarkan konsep dan teori mengubah wajah ibukota jadi lebih baik. Ia tidak meragukan hal tersebut, tetapi saat ini butuh pemimpin yang berani untuk mengeksekusi teori tersebut langsung ke lapangan.

“Kalau cuma konsep-konsep sudah banyak yang pintar,” ujar Rizal.

Rizal menambahkan, masyarakat Jakarta juga sangat merindukan keberpihakan pemimpin pada rakyatnya. Karena selama ini banyak kebijakan pemerintah daerah yang salah asuh sehingga malah membuat kerugian bagi warga Jakarta.

“Keberpihakan dan keberanian bertindak. Rakyat Jakarta menunggu itu,” ujar Rizal.


Rizal Ramli (kiri) ketika menerima kedatangan bakal calon gubernur DKI Jakarta Teguh Santosa (tengah) di rumahnya di Jalan Bangka IX, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Minggu (24/4/2016) sore.
Dalam kesempatan itu Rizal juga mengingatkan, siapapun nanti yang akan menjadi Gubernur DKI Jakarta, harus memperbaiki tata ruang. Karena selama ini masyarakat sudah kekurangan fasilitas umum, mulai dari tempat rekreasi, dan taman di dekat tempat pemukiman warga.

Jakarta, menurut Rizal, masih sangat kekurangan ruang hijau terbuka. Rizal membandingkan dengan kota besar negara lain yang memiliki banyak taman, sementara di Jakarta sangat sedikit akses masyarakat berinteraksi di ruang hijau terbuka.

“Ini kota nggak manusiawi. Kota besar di dunia itu manusiawi,” ungkap Rizal.

Rizal semakin menyayangkan saat hampir di semua ibukota yang penganut negaranya di luar demokrasi lebih mengedepankan ruang hijau terbuka.

“Bukan hanya di negara kapitalis, di negara komunis, negara sosialis itu taman indah-indah dan luas-luas,” ujar Rizal.

Rizal menambahkan hal yang dibutuhkan masyarakat di Jakarta adalah akses jalan yang tenang. Juga dibutuhkan tempat rekreasi yang bersih dan nyaman, sehingga warga DKI Jakarta tidak perlu ke kota lain untuk menikmati wisata alam.

“Rakyat bisa jalan dengan tenang. Punya danau untuk berenang. Kita harus manusiawikan Jakarta dengan cara kasih rakyat akses yang sebaik baiknya di ruang publik,” ujar Rizal.

Dalam hal transportasi, Rizal mengatakan, angkutan umum perlu diperbanyak. Pasalnya kemacetan di Jakarta sudah sangat parah sehingga membutuhkan banyak transportasi publik yang dipersiapkan oleh Pemprov DKI Jakarta.

“Transportasi publik kita ketinggalan banyak, puluhan tahun nggak ngapa-ngapain,” ujar Rizal.

“Jakarta sekarang butuh pemimpin yang punya nyali,” Bagaimana menurut Anda?


Source: jurnalpolitik.com

0 Response to "Rizal Ramli: Benahi Jakarta Teori Saja Tidak Cukup, Mesti Punya Nyali!"

Poskan Komentar