Baca Nih! Ahok Dibuat Pusing Dengan Warga Kali Krendang Yang Eeq Di Kali!

Baca Nih! Ahok Dibuat Pusing Dengan Warga Kali Krendang Yang Eeq Di Kali!

CeritaNews.com — Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta batal membuat air di Kali Krendang menjadi bening sebab kali tersebut dipenuhi oleh kotoran manusia.

"Karena hampir semua orang buang kotoran tinja pun ternyata ke kali itu. Jadi dari (buangan) rumah-rumah itu banyak yang masuk ke situ (Kali Krendang)," ujar Ahok, di Balai Kota, Senin (23/5/2016).

Sedianya, pembangunan kawasan Kalijodo termasuk untuk membuat bening Kali Krendang. Pembangunan ruang terbuka hijau dan ruang publik terpadu ramah anak itu akan dibiayai melalui program corporate social responsibility (CSR) PT Bumi Serpong Damai Tbk, anak usaha Sinarmas Group.

"Ini lagi hitungannya agak mahal (untuk membuat bening Kali Krendang). Nah, kita mesti carikan lagi solusinya dulu, kami lagi cari-cari lagi nih CSR mana," ujar Ahok.

Dengan demikian, lanjut dia, yang terpenting RPTRA dan RTH Kalijodo rampung terlebih dahulu.

Rencananya, pembangunan kawasan Kalijodo rampung sebelum tahun baru 2017.

"Paling enggak, minimal tamannya jadi dulu. Gimana cara bikin air bening, kalau orang BAB (buang air besar) ke sana (Kali Krendang) semua," ungkap Ahok.

Banyak Kotoran Manusia, Kali Krendang Mulai Dibersihkan

Kali Krendang, Tambora, Jakarta Barat, mulai dibersihkan pada Selasa (24/5/2016) malam. Kepala Unit Pengelola Kebersihan (UPK) Dinas Kebersihan DKI Jakarta Junjungan Sihombing menyampaikan akan mengerahkan alat berat serta petugas harian lepas (PHL) ke sana.

"Malam ini ekskavator akan kami masukkan ke sana. Petugas juga ada sekitar 10 orang, kami kerahkan ke sana," ujar Junjungan, ketika dihubungi di Balai Kota, Selasa.

Ahok sebelumnya menyebut perusahaan sulit membersihkan kali tersebut. Sebab, kali dipenuhi oleh kotoran manusia.

Kali Krendang rencananya akan dibuat jernih dan dijadikan wisata baru di kawasan Kalijodo. Walau demikian, Junjungan Sihombing menyebut pembersihan kali bukan dilakukan karena keluhan Ahok tersebut.

"Enggak, itu sudah tugas kami. Kali itu terus kami bersihkan, tetapi karena musim hujan, sedimen lumpurnya mengendap dan kalinya lebih kotor sekarang," ungkap Junjungan.

Karena perusahaan kesulitan membersihkan Kali Krendang, Ahok memprioritaskan pembangunan ruang publik terpadu ramah anak (RPTRA) dan ruang terbuka hijau (RTH) Kalijodo terlebih dahulu.

Rencananya, pembangunan kawasan Kalijodo rampung sebelum tahun baru 2017.

"Paling enggak, minimal tamannya jadi dulu. Gimana cara bikin air bening kalau orang BAB (buang air besar) ke sana (Kali Krendang) semua," ungkap Ahok.

Tolong bantu bagikan, agar kesadaran masyarakat terhadap kebersihan dapat meningkat, terima kasih.


Editor: Admin CeritaNews.com
Source: kompas.com

0 Response to "Baca Nih! Ahok Dibuat Pusing Dengan Warga Kali Krendang Yang Eeq Di Kali!"

Poskan Komentar