Ahok Terkejut! Buruh Tolak Reklamasi Teluk Jakarta Dan RUU Tax Amnesty!

Ahok Terkejut! Buruh Tolak Reklamasi Teluk Jakarta Dan RUU Tax Amnesty!


Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengatakan ada sekitar 3.000 bus yang menuju Jakarta guna membawa rombongan buruh untuk memperingati hari buruh atau mayday yang jatuh pada 1 Mei ini.

Mereka akan menyuarakan sejumlah tuntutan, salah satunya adalah menolak reklamasi dan RUU Pengampunan Pajak (Tax Amnesty).

"Aksi may day di Jakarta bersamaan dengan "car free day", oleh karena itu diharapkan masyarakat Jakarta mengantisipasi hal ini karena akan masuk lebih dari 3 ribu bus ke kawasan bundaran HI - Istana - GBK," kata Said Iqbal.

Para buruh akan menyuarakan isu seragam di seluruh Indonesia, yaitu:

1. Cabut PP 78/2015 - Tolak upah murah - Naikkan upah min 2017 Rp 650 ribu.

2. Stop kriminalisasi buruh - Stop PHK.

3. Tiga Tolak, yaitu Tolak reklamasi teluk jakarta - Tolak penggusuran - Tolak RUU Tax Amnesty.

4. Deklarasi ORMAS Buruh serempak di 32 propinsi 250 kab/kota sbg alat perjuangan politik kaum buruh ke depan.

May Day tahun ini, kata Iqbal, fokus melawan kebijakan pemerintah yang saat ini masih belum berpihak kepada buruh, yaitu masih rendahnya daya beli buruh dan minimnya kesejahteraan buruh serta makin tingginya kesenjangan pendapatan yang ditunjukkan dengan angka ratio 0,42.

Semua ini, kata Iqbal, akibat kembalinya rezim upah murah dan menghilangkan hak berunding serikat buruh melalui PP No 78/2015 dan sungguh aneh secara bersamaan pemerintah mengampuni pengusaha pengemplang pajak melalui RUU Tax Amnesty, yang secara bersamaan gerakan buruh dibungkam dengan kriminalisasi.

"Buruh juga miris dengan maraknya penggusuran dan reklamasi teluk Jakarta yang menyengsarakan orang kecil dan buruh informal," ungkap dia.

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mempertanyakan mengapa buruh memasukkan penolakan reklamasi Teluk Jakarta dalam tuntutan mereka di Hari Buruh pada 1 Mei mendatang.

"Saya kira itu haknya mereka. Kok buruh hubungannya dengan reklamasi?" ujar Basuki yang akrab disapa Ahok, di Balai Kota, Jumat (29/4).

Menurut Ahok, proyek reklamasi justru akan menciptakan lapangan pekerjaan bagi warga.


Source: Rimanews/Antaranews

0 Response to "Ahok Terkejut! Buruh Tolak Reklamasi Teluk Jakarta Dan RUU Tax Amnesty!"

Poskan Komentar