Sebarkan! Warga Pindahan Pasar Ikan Mengaku Betah Tinggal di Rusun Rawa Bebek! Haters Buruan Tobat!

Sebarkan! Warga Pindahan Pasar Ikan Mengaku Betah Tinggal di Rusun Rawa Bebek! Haters Buruan Tobat!


Penghuni rusun Rawa Bebek pindahan Pasar Ikan Luar Batang mengaku nyaman tinggal di hunian barunya. Mereka menyampaikan bahwa lingkungan di rusun Rawa Bebek lebih bersih, nyaman dan adem.



Seperti yang diakui oleh Paidi (50), yang sebelumnya tinggal di Kawasan Pasar Ikan Luar Batang RT 02/04. Paidi mengakui lingkungan di rusun Rawa Bebek ini lebih bersih. Dan ongkos hidupnya pun tidak jauh beda ketika ia dan keluarga tinggal di kawasan Pasar Ikan Luar Batang.

"Yang saya rasa di sini ya bersih. Kalo nyaman, ya nyaman. Ukuran ruangannya juga lebih besar di sini. Soal biaya, kalo dihitung-hitung gak jauh beda waktu tinggal di sana. Saya di sini setelah 3 bulan nanti bayar ongkos sewa 300 ribu rupiah per bulan," jelas Saidi di Rusun Rawa Bebek, Jalan Inspeksi Banjir Kanal Timur, Jumat (15/4/2016).

Fasilitas KM/WC BERSIH


Fasilitas Tempat Dagang dari Pemprov


Jika ditambah dengan biaya listrik dan air, Saidi menggitung biaya yang harus dikeluarkannya tidak jauh beda. Saat tinggal di Pasar Ikan, ia mengaku dirinya perlu mengeluarkan uang sebesar 500 ribu rupiah per bulan untuk mengontrak.

Saidi yang tinggal bersama istri dan satu anaknya ini juga mengatakan besar ruangan di rusun itu lebih besar dibanding kontrakannya di Pasar Ikan. Tetapi soal pekerjaan, Saidi katakan memang harus mulai mencari lagi.

"Ruangan di rusun lebih besar memang dibanding waktu saya ngontrak. Ya syukur deh. Cuma soal kerjaan aja yang harus mulai dari nol lagi. Soalnya waktu di sana tawaran kerja mah ada aja yang dateng," ujar Saidi yang sudah tinggal di Pasar Ikan sejak tahun 1995.

Hal yang serupa dirasakan oleh Soim (34) yang juga menghuni rusun Rawa Bebek Blok A. Soim mengaku sudah seminggu lebih tinggal di rusun dan mencoba membuat nyaman.

"Alhamdulillah nyaman, Dibilang gak puas ya puas. Sudah begini adanya," ungkap ibu satu anak ini.

Untuk memenuhi kebutuhan ekonomi, Soim akan mulai berdagang. Sebelumnya, selama tinggal di Pasar Ikan Luar Batang, Soim memang berdagang.

"Saya baru mau dagang. Sudah selesai bikin perabotan. Dulu saya juga dagang nasi di sana," ujar Soim sembari membenahi etalase dagangannya.

Di lantai dasar dan halaman rusun, bocah-bocah berlarian girang. Mereka bermain bersama. Sementara ibu-ibu sudah mulai kegiatan berdagang dengan menjual makanan dan minuman.

Untuk sementara waktu, warga pindahan Pasar Ikan Luar Batang memang harus tinggal di rusun Rawa Bebek. Sejatinya, rusun ini diperuntukkan bagi para pekerja lajang. Nantinya, mereka akan berpindah ke rusun keluarga yang saat ini sedang dalam proses pembangunan.

Sebelumnya Deputi Gubernur bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup DKI Jakarta Oswar Muadzin Mungkasa menjelaskan rencana penataan kawasan Luar Batang seperti ini:

1. Masjid Luar Batang. Pemprov DKI Jakarta tidak akan membongkar masjid tersebut dan ingin menjadikannya sebagai ikon wisata rohani di Jakarta.


2. Kawasan itu akan digabung dengan kawasan Kota Tua, Jakarta Barat. Nantinya, Pemprov DKI Jakarta akan menata pedestrian di sepanjang kawasan Kota Tua-Luar Batang.


3. Di depan masjid, ada plaza untuk PKL (pedagang kaki lima) dan parkiran. 


4. Pasar di kawasan Pasar Ikan yang dibongkar beberapa waktu lalu akan direvitalisasi. Rencananya desain pembangunannya los pasar di bagian bawah dan rumah susun di bagian atas.  


Nah, unit rusun itu nantinya diperuntukkan bagi para nelayan dan warga setempat yang tempat tinggalnya digusur.

5. Warga perlu dipindah terlebih dahulu ke Rusun Rawa Bebek sambil menunggu revitalisasi pasar dan rusun selesai.


6. Jika warga merasa rusunnya kini lebih jauh dengan lokasi usaha maupun sekolah anak-anak, Pemprov DKI Jakarta menyediakan transjakarta gratis dengan bus sekolah.

 
7. Warga juga mendapat modal dari Bank DKI sebesar Rp 10 juta dan gerobak stainless steel dari Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah dan Perdagangan (KUMKMP) DKI Jakarta.


8. Tak hanya itu, ada dokter dan perawat yang bersiaga di rusun.(Detik.com/Rimanews)


Baca Juga : Pengacara Ini Sumpahin Ahok Masuk Penjara, Eh Gak Lama Malah Dia Yang Masuk! Baca Di Sini Ceritanya! 

0 Response to "Sebarkan! Warga Pindahan Pasar Ikan Mengaku Betah Tinggal di Rusun Rawa Bebek! Haters Buruan Tobat!"

Poskan Komentar