Roy Suryo & Okezone Akan Dipolisikan Teman Ahok Gara-Gara Tebar Fitnah Ini!

Roy Suryo & Okezone Akan Dipolisikan Teman Ahok Gara-Gara Tebar Fitnah Ini!



Pada tanggal 18 April 2016, Teman Ahok menuliskan pernyataan resminya terkait penyebaran ‘panduan debat dalam menghadapi kasus RS Sumber Waras’ yang belakangan sempat menjadi viral di dunia maya.

Inilah pernyataan sikap Teman Ahok yang dimuat di situs resminya, TemanAhok.com, yang mereka beri judul ‘Pernyataan Sikap Teman Ahok Tentang Fitnah Roy Suryo dan Okezone.com‘:

- Teman Ahok tidak pernah membuat dan menyebarkan Panduan Debat Sumber Waras yang muncul di dunia maya. Panduan tersebut justru hanya muncul di kalangan para pembenci Ahok, dan disebarkan di twitter oleh politisi Partai Demokrat, yaitu Roy Suryo, kemudian disebarkan pula di media oleh Okezone.com. Semua sosial media resmi Teman Ahok tidak pernah menyebarkan hal tersebut, dan tidak tersebar di simpul relawan manapun dalam jaringan Teman Ahok. Teman Ahok justru mencurigai hal ini sengaja disebarkan untuk mencoreng nama Teman Ahok.

- Teman Ahok mengutuk keras dan mempertimbangkan untuk mengambil langkah hukum kepada Okezone.com yang memberikan ‘kutipan palsu’ pada berita Jawaban Teman Ahok.

‘Kutipan palsu’ yang dimaksud Teman Ahok dalam laman Okezone tersebut adalah tentang pernyataan yang disebut-sebut keluar dari inisiator Teman Ahok bernama Aditya Yogi Prabowo.



Dalam berita yang berjudul ‘Jawaban Teman Ahok Atas Bocoran Buzzer RS Sumber Waras’ tersebut tertulis:




Aditya mengakui, pihaknya memang sudah menyiapkan panduan khusus kepada timnya untuk menanggapi soal kasus RS Sumber Waras yang kini ikut menyeret nama Gubernur DKI Jakarta Ahok.

“Kita memang ada panduan itu untuk meluruskan isu-isu miring selama ini tentang Sumber Waras yang masih membingungkan masyarakat,” jawab Aditya saat dikonfirmasi Okezone, Minggu (17/4/2016).

Tetapi ia belum bisa memastikan bahwa apakah panduan debat yang beredar di dunia maya itu resmi berasal dari Teman Ahok, atau ada pihak lain yang menyebarkan. (Baca juga: Isi Bocoran Buzzer Teman Ahok soal Sumber Waras)

“Kalau yang beredar itu saya belum tahu, karena kalau memang itu berasal dari media sosial officialnya Teman Ahok itu berarti memang dari kita. Tapi, kalau beredarnya dari sumber lain itu kami tidak tahu,” ungkapnya.

Menurutnya dalam panduan khusus untuk menanggapi isu Sumber Waras yang dibuat Teman Ahok, poin-poinnya memang menjelaskan informasi sesungguhnya tentang Sumber Waras yang harus diketahui masyarakat.

“Biar semua masyarakat tahu, karena pasti ada orang yang masih bingung,” ujarnya.


Teman Ahok secara tegas mengatakan bahwa kutipan tersebut adalah palsu. Lewat situs resminya, Teman Ahok menyatakan bahwa:

- Koordinator Teman Ahok Aditya Yogi Prabowo (Bowo) tidak pernah menjawab hal yang dikutip oleh Okezone tersebut. Kutipan tersebut adalah kutipan palsu. Pihak Okezone memang menghubungi untuk menanyakan tentang panduan debat, akan tetapi Bowo menjawab “Kami tidak ada tanggapan tentang Sumber Waras. Kami fokus pada pengumpulan KTP.” Bowo justru menyatakan jika itu bukan di Sosial Media Teman Ahok, maka itu bukan dari Teman Ahok.

- Kami tidak mengerti politik media, atau media okezone punya kepentingan apa terkait dengan fitnah yang dilancarkan kepada kami, bahkan dengan tidak mengindahkan kaidah jurnalistik. Tapi memang Okezone telah merugikan nama baik Teman Ahok sebagai sebuah organisasi yang mempunyai kedudukan hukum.

- Perlu kami tegaskan sekali lagi, bahwa Teman Ahok adalah relawan pengumpul KTP. Teman Ahok bukanlah pengamat politik ataupun politisi yang perlu memberikan tanggapan terhadap isu yang terjadi di sekeliling Ahok. Kami bekerja untuk orang-orang yang percaya dengan Ahok dan menyerahkan KTP-nya untuk maju di jalur independen, sehingga kami membatasi diri untuk hanya berkomentar seputar pengumpulan KTP dan semangat independen.

- Semua pernyataan dalam pernyataan sikap ini dapat dikutip sebagai kutipan resmi Teman Ahok.

Kronologi munculnya Panduan Debat

Hingga saat ini belum jelas siapa yang pertama kali mengedarkan ‘panduan debat Teman Ahok terkait RS Sumber Waras’ tersebut. Tapi, awal mula kehebohannya diduga setelah Roy Suryo meng-upload screenshot ‘panduan debat’ tersebut lewat akun Twitter-nya.

Cuitan mantan Menpora di era SBY itu kemudian disambut oleh ratusan pengguna Twitter yang lainnya.

Selanjutnya, 3 hari kemudian Okezone memuat isu tersebut sebagai berita dengan judul ‘Ini Isi Bocoran Buzzer Teman Ahok soal RS Sumber Waras’ pada Minggu, 17 April 2016 pukul 15:32 WIB.

Selang satu jam kemudian muncul berita kedua di portal Okezone masih terkait dengan beredarnya ‘Panduan Debat’. Berita kedua ini berjudul Jawaban Teman Ahok Atas Bocoran Buzzer RS Sumber Waras, dipublikasikan pada Minggu, 17 April 2016 – 16:27 wib.

Dalam berita kedua inilah tertulis ucapan dari inisiator Teman Ahok, Aditya Yogi Prabowo terkait Panduan Debat tersebut yang kemudian disangkal oleh Teman Ahok dan menyebutnya sebagai ‘kutipan palsu’.


Teman Ahok lewat akun resmi Twitter-nya juga membantah pernah membuat panduan seperti itu.


Teman Ahok menegaskan, tugas mereka hanyalah mengumpulkan KTP untuk pencalonan Gubernur Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) lewat jalur independen. Mengenai semua isu yang melingkupi Ahok, baik persoalan Sumber Waras ataupun yang lainnya, Teman Ahok mengaku tidak pernah berurusan dengan hal tersebut.

Mengenai langkah selanjutnya terkait beredarnya isu ini, Teman Ahok mengaku sedang mempertimbangkan untuk mengambil langkah hukum kepada pihak Okezone.com yang telah memuat kutipan palsu pada berita Jawaban Teman Ahok.


Source: jurnalpolitik.com

0 Response to "Roy Suryo & Okezone Akan Dipolisikan Teman Ahok Gara-Gara Tebar Fitnah Ini!"

Poskan Komentar