Haters Gigit Jari! Tanpa Bukti Fakta, KPK Tak Lanjutkan Kasus Sumber Waras!

Haters Gigit Jari! Tanpa Bukti Fakta, KPK Tak Lanjutkan Kasus Sumber Waras!


Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak begitu saja mempercayai hasil audit investigasi dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) tentang pembelian lahan RS Sumber Waras.

KPK pun mengatakan permintaan keterangan dari Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama untuk mencari kebenaran dari hasil investigasi audit tersebut.

"Kami melihat, menginvestigasi kualitas auditnya. Kami juga menanyakan beberapa hal yang berhubungan dengan keterangan yang mengetahui tentang itu, banyak sekali," ungkap Wakil Ketua KPK, La Ode Muhamad Syarif, di kantornya, Jakarta, Jumat (15/4/2016).

Syarif menegaskan kasus tersebut tidak akan naik ke penyidikan jika tidak ada alat bukti.

Syarif berjanji KPK akan mengumumkan hasil penyelidikan yang sedang berjalan.

"Kami mau bekerja bersadarkan fakta dan bukti. Kalau fakta dan bukti cukup maka akan kami lanjutkan. Kalau nggak cukup maka kami tidak akan lanjutkan," jelas Syarif.

Sebelumnya BPK telah menemukan enam dugaan penyimpangan saat pembelian lahan Sumber Waras.

Mulai dari perencanaan, penganggaran, kemudian pembentukan tim, pengadaan lahan RS Sumber Waras, pembentukan harga dan penyerahan hasil.

Anggota III BPK Eddy Mulyadi Supardi mengatakan penyimpangan tersebut menyebabkan keuangan negara menderita kerugian sebesar Rp 191 miliar.

Dari kronologi yang dibuat oleh BPK, masalah bermula ketika pada 6 Juni 2014, Plt Gubernur yang saat itu dijabat oleh Ahok berminat membeli sebagian lahan seluas 3,6 hektar milik RS Sumber Waras untuk dijadikan rumah sakit jantung dan kanker.

Pembelian lahan dilakukan karena menurut Ahok saat itu, keberadaan rumah sakit untuk pasien sakit jantung dan kanker sangat diperlukan karena kondisi pasien rumah sakit yang ada semakin membludak.

Di sisi lain, hal ini juga dilakukan karena sebelumnya lahan tersebut akan dibeli oleh PT Ciputra Karya Utama dan diubah peruntukkan menjadi tempat komersil seperti mal.


Sumber: tribunnews.com

0 Response to "Haters Gigit Jari! Tanpa Bukti Fakta, KPK Tak Lanjutkan Kasus Sumber Waras!"

Poskan Komentar