Bukan Pencitraan, Ahok Ngalah Kursi Untuk Ibu-Ibu di Kopaja!

Bukan Pencitraan, Ahok Ngalah Kursi Untuk Ibu-Ibu di Kopaja!


Ahok memilih Kopaja AC terintegrasi bus transjakarta sebagai transportasinya pada hari Jumat minggu pertama di bulan April ini.

Kegiatan rutinitas ini memang sudah dijalankan sejak masa pemerintahan mantan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo. Kegiatannya itu pun diunggah ke dalam akun Instagramnya, @basukibtp.

Ada tiga foto yang diunggah. Pertama, ketika Basuki atau Ahok menunggu bus di pinggir jalan bersama seorang pengawalnya. Adapun bus yang dinaikinya rute Balai Kota-Pantai Indah Kapuk (PIK).



Foto kedua, Ahok duduk bersama para penumpang lainnya dan di foto ketiga, Ahok berdiri dan terlihat memegang langit-langit bus.



"Aku dapat tempat duduk. Terus ada ibu-ibu, aku ngalah berdiri," sahut Ahok, kepada wartawan, di Balai Kota, Jumat (1/4/2016).

Ahok mengakui ingin mengetahui berapa lama waktu tunggu bus yang beroperasional. Dirinya sekaligus mengevaluasi saat naik bus di bawah pengelolaan PT Transjakarta tersebut.

"Kalau orang begitu penuh, berdirinya susah. Kursinya nanggung dan dia bikin kursinya terlalu ke depan," ujar Ahok.

Lebih baik, kata Ahok, bus-bus transjakarta kini menghadap ke depan seperti Metro Mini. Kemudian deknya juga dibuat rendah. Sehingga ramah terhadap penyandang difabel.

"Tadi aku agak telat aja, begitu aku sampai busnya baru lewat. Saya tunggu busnya lagi, hampir 15 menit, terus naik busnya sampai Balai Kota setengah jam perjalanan kira-kira," ujar Ahok.

Kebijakan itu tercantum pada Ingub Nomor 150 Tahun 2013 yang ditandatangani 30 Desember 2013. Dalam aturan itu, PNS di lingkungan Pemprov DKI Jakarta dilarang membawa kendaraan bermotor baik roda dua maupun empat pada setiap Jumat pekan pertama setiap bulan.

"Ekspresi ketika mengharap dikasih tempat duduk", tulis Ahok.


Bisa kita lihat tulisan Ahok pada foto ketiga ketika dia memberikan tempat duduk kepada ibu-ibu. Ahok menuliskan kalimat gurauan mengenai ekspesi mukanya yang berharap dapat tempat duduk, sebuah candaan ala Ahok. Jelas ini bukanlah pencitraan.

Bagaimana menurut Anda?


Source: kompas.com

1 Response to "Bukan Pencitraan, Ahok Ngalah Kursi Untuk Ibu-Ibu di Kopaja!"

  1. Aku sangat sayang sama gubernur seperti ini....mau nagis rasanya melihat pengabdiannya kepada masyarakat jakarta....rindu gubernur yang seperti Ahok ada di Medan.....

    BalasHapus