Akibat Kerja Tak Becus, Rakyat Menderita, Ahok Mau Ambil Alih Penjagaan Pintu Air!

Akibat Kerja Tak Becus, Rakyat Menderita, Ahok Mau Ambil Alih Penjagaan Pintu Air!

DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama saat meninjau pintu air Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Jumat (22/4/2016)

Dalam rapat penanganan banjir yang digelar di Balai Kota, Jumat (22/4/2016), Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama sempat terlihat emosi ketika mendengar informasi bahwa salah satu petugas pintu air di aliran Sungai Ciliwung tidak berada di pos jaga saat hujan deras mengguyur Jakarta pada Kamis (21/4/2016) dini hari.

Penjagaan pintu air di 13 sungai besar, tak terkecuali Sungai Ciliwung, diketahui merupakan wewenang Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

"Kurang ajar ini. Harus dilaporkan ke Pak Teuku Iskandar (Kepala BBWSCC) supaya orangnya (petugas pintu air) dipecat sekalian," kata Ahok.

Pada kesempatan itu, Ahok juga menyatakan keinginan supaya wewenang penjagaan pintu air di 13 sungai besar diserahkan kepada Pemerintah Provinsi DKI. Ahok menilai, Pemprov DKI mampu menjalankan tugas tersebut karena Pemprov DKI punya sumber daya manusia yang cukup.

"Petugas kita banyak, kok. Nanti akan saya kirim segera surat ke BBWSCC biar nanti petugas pintu air kita yang ambil alih," sahut Ahok.

Seperti diberitakan, hujan deras mengguyur Jakarta pada Kamis dini hari dan menyebabkan munculnya genangan di banyak tempat, antara lain di kawasan Pademangan dan Gunung Sahari.

Rapat penanggulangan banjir yang diadakan Ahok dan jajarannya di Balai Kota menghasilkan kesimpulan bahwa genangan yang terjadi di Gunung Sahari dan Pademangan itu diakibatkan penyaluran aliran air yang tidak merata.

Menurut Ahok, genangan seharusnya tidak perlu ada jika aliran air yang masuk dari pintu air Masjid Istiqlal bisa dibagi dua, yakni satu ke arah Waduk Pluit dan satu lagi ke arah Ancol. Akan tetapi hal itu tidak dilakukan pada Kamis dini hari kemarin.

"Kalau petugasnya dari kita, nanti bisa kita yang atur sendiri buka tutup pintu airnya," ujar Ahok. (kompas.com)

Bagaimana menurut Anda?

0 Response to "Akibat Kerja Tak Becus, Rakyat Menderita, Ahok Mau Ambil Alih Penjagaan Pintu Air!"

Poskan Komentar