Super Kereenn! Inilah Konsep Kalijodo Yang Disiapkan Untuk Masyarakat Ke Depannya

Super Kereenn! Inilah Konsep Kalijodo Yang Disiapkan Untuk Masyarakat Ke Depannya

Pemprov DKI Jakarta sudah mulai menyiapkan konsep "Site Plan" untuk Ruang Terbuka Hijau (RTH) dalam pengembangan wilayah eks lokalisasi Kalijodo di wilayah perbatasan Jakarta Utara dan Jakarta Barat.
Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta, Ratna Dyah Kurniati menyampaikan bahwa untuk konsep dari ruang sendiri telah disusun dengan sembilan konsep ruang, yang nantinya akan dibangun di Kalijodo.

"Disiapkan dari kebutuhan jogging track, sarana olahraga dan lokasi untuk berkumpul dan menikmati taman," ungkap Ratna di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin (29/2/2016).




Nah, kita akan mengupas apa saja 9 Konsep Ruang yang telah dipersiapkan untuk eks wilayah kalijodo ini. Mari kita simak!

9 KONSEP RUANG KALIJODO




Ada sembilan konsep ruang yang akan dibangun, diantaranya adalah :

1. Entrance Gate

Konsep pertama adalah Entrance Gate (Gerbang Pintu Masuk) untuk bisa masuk ke dalam wilayah Ruang Terbuka Hijau ini nantinya.

2. Amphitheater

Amphitheater merupakan sarana pertunjukan seni, baik itu dalam bentuk musik atau apapun. Kata Aphitheater selalu identik dengan kebudayaan Roma masa lalu dengan adanya Colosseum. Di Bandung pun sudah ada dengan ukuran yang lebih kecil, terletak di samping sungai.

3. Pedestrian Way

Pedestrian Way atau biasa lebih dikenal sebagai "Jalur Pejalan Kaki" merupakan jalan yang dibutuhkan di wilayah perkotaan seperti Jakarta. Masyarakat butuh tempat untuk bisa berjalan kaki agar bisa berolahraga supaya lebih sehat.

4. Sitting Area

Kalau yang ini tentu kita sudah familiar dong untuk membayangkannya. Ya! Ini adalah dimana tempat para pengunjung taman RTH Kalijodo bisa duduk-duduk santai bersama teman atau keluarga menikmati area ini.

5. Fountain Children Play Ground

Konsep yang kelima ini adalah tempat bermain anak-anak kecil. Di tempat umum Ibu Kota Jakarta sudah sangat jarang sekali terlihat area bermain untuk anak-anak. Oleh karena itu, ada bagusnya juga diadakan tempat bermain anak ini.

6. Picnic Area

Nah kalau Anda suka piknik, tentu area ini sangat bagus untuk Anda kunjungi. Di area ini, para pengunjung akan bisa piknik bersama keluarganya.

7. Futsal Area

Senang olahraga futsal? Para lelaki sepertinya akan sangat senang mendengar kabar ini. Ya! Kalijodo akan dibuatkan sebuah lapangan futsal untuk para warga bisa bermain futsal bersama.

8. Skateboard Park

Kurang lebih ini sama seperti tempat bermain futsal, tempat untuk bermain skateboard juga akan disediakan di Kalijodo ini.

9. Forest Sclupture

Bukan hanya hutan biasa, tapi berupa pohon-pohon atau tumbuhan-tumbuhan yang memiliki makna tersendiri. Nanti akan ada informasi pada setiap pohon mengenai apa jenisnya dan informasi lain mengenai pohon tersebut. Jadi lebih menyerupai Hutan Edukasi untuk masyarakat.

Fasilitas dan utilitas yang ada di lokasi tersebut nantinya akan dilengkapi dengan tempat sampah dan lampu di jalur pedestrian (pejalan kaki). Dengan begitu warga bisa menggunakan lokasi tersebut dengan aman dan nyaman.

Dengan penataan konsep ruang dan konsep fasilitas dan utilitas diharapkan lokasi bisa optimal manfaatnya.

Wow, sungguh keren sekali ya kalijodo yang akan datang ini.


Baca Juga: Teman Ahok Keluarkan Bukti, DPP Gerindra Terancam Terjun Dari Monas!

Sumber: hatree.net

0 Response to "Super Kereenn! Inilah Konsep Kalijodo Yang Disiapkan Untuk Masyarakat Ke Depannya"

Poskan Komentar