Ridwan Kamil: Siapa Yang Menolak Ahok Karena Ia Orang Tionghoa Adalah Orang Bodoh

Ridwan Kamil: Siapa Yang Menolak Ahok Karena Ia Orang Tionghoa Adalah Orang Bodoh


Sesaat setelah Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil menyampaikan tak bakal maju dalam Pilkada DKI 2017, beliau membuat posting tulisan di akun Facebook. Beliau menyayangkan masih adanya isu pribumi dan nonpribumi di masyarakat yang berpotensi menyebabkan perpecahan, padahal jika dirunut kembali sebagian besar penduduk Indonesia sekarang ini adalah turunan dari bangsa Micronesia yang berasal dari Tiongkok.

“Sehingga mengadu domba etnisitas manusia Indonesia hari ini dengan istilah pribumi bukan pribumi adalah kebodohan,” kata Kang Emil – panggilan akrab Ridwan Kamil – melalui akunnya di Facebook, Senin 29 Februari 2016.

Kang Emil mengambil logika Indonesianis, Ben Anderson, yang menyebut Indonesia sebagai “imagined community” yaitu imajinasi ambisius dengan menyatukan 17 ribu pulau dan lebih dari 700 bahasa. Dan Hal ini didukung dengan kayanya Indonesia dan ragamnya yang menjadi nilai tinggi.

Tidak heran, kata dia, Jika Belanda rela melakukan tukar guling New Amsterdam atau New York sekarang dengan Inggris demi sebuah Maluku. Tetapi yang menurutnya penting disadari adalah bahwa masyarakat Indonesia saat ini adalah hasil percampuran orang Micronesia yang datang ke Indonesia ribuan tahun lalu. Mereka juga mendatangi Taiwan dan Filipina.

“Jika mau melihat leluhur bangsa Indonesia, datangi kaum aborigin Taiwan yang genetikanya mirip dengan sawo matang manusia modern Indonesia hari ini,” kata Kang Emil.

Isu suku dan ras merupakan isu yang cukup dominan dalam Pemilu Indonesia. Bahkan di Pilkada DKI Jakarta, hal ini sudah langganan dijadikan sebagai kampanye hitam oleh para lawan politik pihak-pihak yang dianggap berasal dari ras yang tak asli Indonesia maupun agama minoritas.


sumber: viva.co.id

0 Response to "Ridwan Kamil: Siapa Yang Menolak Ahok Karena Ia Orang Tionghoa Adalah Orang Bodoh"

Poskan Komentar