Makan Mie Intan Namun Tetap Sehat? Kok Bisa? Ternyata Ada Rahasianya

Makan Mie Intan Namun Tetap Sehat? Kok Bisa? Ternyata Ada Rahasianya

Mie instan sangat lekat dengan masyarakat Indonesia. Negara Indonesia ternyata menduduki peringkat kedua dalam konsumsi mie instan terbanyak, peringkat pertama adalah penduduk China.

Ingin makan mie instan tanpa perlu takut akan pengaruh buruk terhadap tubuh, simak tips berikut:



1. Bumbu mie instan janganlah dipakai habis

“Anggapan masyarakat selama ini makan mie instan adalah beracun dan bahaya, ini tidak sepenuhnya benar. Namun, bukan berarti Anda bebas makan mie instan lima kali dalam sehari,” ujar Dr Siong. Menurut  Dr Tee E Siong, Presiden Masyarakat Gizi Malaysia, penggunaan bumbu mie instan cukup secukupnya saja.

2. Tambahkan bahan lain dalam sajian mie instan

Anda dapat menambahkan telur, sarden, daging cincang, atau sayuran segar. Dengan penambahan seperti ini, mie instan akan memiliki gizi yang lebih baik dibanding hanya merebus dan memakannya begitu saja.

3. Hindari mencampur nasi dengan mie instan

Sebagian masyarakat kita percaya jika belum makan nasi, berarti belum makan . Sehingga tak jarang pula yang mencampurkan nasi ke dalam konsumsi mie instannya. Ternyata dari segi kesehatan adalah kurang baik apalagi bila dikonsumsi sering dan terus menerus. Ini karena dua-duanya merupakan sumber karbohidrat dan kalori yang cukup tinggi.

4. Kurangilah konsumsi mie instan, khususnya perempuan

Berdasarkan penelitian, konsumsi mie instan sebanyak 2 kali dalam seminggu dapat mengundang berbagai macam penyakit seperti: kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi dan peningkatan gula darah. Bahkan perempuan memiliki resiko 68% lebih tinggi terkena sindrom metabolisme, jika dibandingkan dengan pria dalam jumlah konsumsi yang sama.

5. Air rebusan mie sebaiknya dibuang

Dalam memasak mie biarkan airnya sampai benar-benar mendidih agar kematangan mie terjamin. Setelah mendidih pun diamkan setidaknya 3 hingga 10 menit. Air rebusan mie tentunya mengandung ampas residu, rebusan pertama lah yang biasa menyerapnya. Sehingga setelah mie selesai direbus, sajikanlah dengan air panas baru yang bersih.

6. Konsumsi cukup satu atau dua kali dalam sebulan

Memang makan mie instan bisa jadi suatu kegemaran. Namun untuk menyiasatin kegemaran ini, disarankan hanya mengkonsumsinya sebanyak satu atau dua kali dalam sebulan. Adakah teman atau saudara yang punya kegemaran mengkonsumsi mie instan cukup mengkhawatirkan? Ayo share artikel ini supaya teman mu dapat terbantu dalam membentuk pola hidup yang lebih sehat :)

0 Response to "Makan Mie Intan Namun Tetap Sehat? Kok Bisa? Ternyata Ada Rahasianya"

Poskan Komentar